Resep Chicken Strips

resep chicken strips
chicken strips
Mencoba membuat yang namanya chicken strips nih...soalnya tertarik dengan postingan teh Ayu-momylicious chicken strips. Selama ini ya belum pernah buat yang begini, maksudnya bentuk strips begini. Biasa buat ya bentuk kecil, tetapi ya digoreng tepung biasa, bumbu suka-suka.

Nah ini bumbunya walaupun minimalis tetapi enak, renyah juga. Dengan baluran tepung roti jadinya renyah deh, mirip-mirip chicken nugget jadinya. Untung saja stok tepung roti orange masih ada,  sisa buat roti goreng es krim dan roti tawar goreng isi ayam fusilli dulu, jadi begitu lihat resep langsung bisa eksekusi, tanpa harus ke pasar dulu.

Dari penampakan mungkin tidak begitu menggiurkan kan ya...he he he secara memang sampai saat ini saya suka kesulitan dengan yang namanya food styling, hadeuh memang memadupadankan sesuatu supaya terlihat indah adalah hal yang cukup sulit saya lakukan. Ya jadinya sampai saat ini foto-foto saya ya tetap ala kadarnya. Walaupun begitu semoga tetap menarik ya..ngarep.com....

chicken tender
chicken strips
Sampai saat ini sepertinya foto-foto saya termasuk dalam kategori gaya simplicity..hi hi hi..secara memang gaya ini yang paling mudah...tidak perlu banyak properti pendukung...ya iyalah secara selalu kebingungan dengan yang namanya menempatkan properti yang bisa cocok untuk menguatkan foto makanan itu sendiri. Dan secara memang saya orangnya sederhana..ho ho ho....geplak...

Jadi ambil foto dari jarak dekat, tetapi diusahakan jangan terlalu dekat sehingga bisa menyebabkan pembaca bingung dengan bentuk makanannya. Hmmm menurut saya ini cukup mudah untuk dilakukan..jadi masih setia dengan gaya ini...

Hmmm walaupun bentuk chicken strips saya masih berantakan begini, kelihatan amburadul, ada yang kelebaran, ujung yang satu dengan yang lain berbeda lebar..tetapi bentuk tetap tidak mengalahkan rasa..he he he...yang mau coba buat tidak menyesal deh... buatnya juga mudah sekali, anti gagal, paling-paling gosong (itu kata teh Ayu..), benar juga nih...

Sip...sip...berikut resepnya ya...kalau mau mencoba juga begitu...

Resep Chicken Strips

Bahan :
  • 300 gr dada ayam tanpa tulang dan tanpa kulit, potong memanjang
  • 1 siung bawang putih ukuran cukup besar, parut
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 4 sendok makan tepung terigu serbaguna
  • 1 atau 2 butir telur untuk celupan, kocok (saya gunakan 2 butir ukuran kecil)
  • tepung panir/tepung roti kasar secukupnya untuk lapisan (saya gunakan tepung roti orange)
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
  1. Lumuri daging ayam dengan bawang putih parut, beri garam, merica, kecap asin, aduk rata, diamkan sejenak kurang lebih 5 menit
  2. Celupkan ke dalam tepung terigu, lalu diamkan lagi sejenak kurang lebih 5 menit sampai bumbu meresap
  3. Celupkan ke dalam telur kocok, lalu gulingkan ke tepung panir, lakukan sampai habis
  4. Goreng ayam dalam minyak yang cukup banyak dengan api sedang hingga kekuningan dan garing
  5. Angkat dan tiriskan
  6. Siap disantap dengan cocolan saus sambal dan saus tomat atau juga dengan mayonnaise

chicken fingers
chicken strips

Nah semoga resep chicken strips ini bermanfaat ya..silakan mencoba..semoga suka....
NewerStories OlderStories Home

7 comments:

  1. huahahha gak sukses gak kegosongan yah, punyaku itu sebenernya agak gosong hihihi...

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. kalau masalah ga gosongnya sih sukses teh...
      cuma bentuknya ga karuan...ada yang kelebaran malah..he he he..ah tapi mah walaupun bentuknya aneh tapi enak euy...

      Delete
  3. Suka males deh kalo mo bikin lauk ini, soalnya ntar jadi harus masak 2 kali.. kenapaa? karna sebelum dipake lauk, biasanya udah abis duluan dicemal cemil, hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih memang chicken strips ini enaknya digado doank makannya....dicocol saos enak banget...jadi anak-anak pada doyan ya? emaknya gimana? he he he...

      Delete
  4. Terus terang drpd bikin nugget aku lebih suka bikin chicken strips soalnya lebih gampang dan cepet. Insyaallah resepnya nti kucoba mbak,
    soalnya slama ini aku pake resep praktis dan ekonomis karangan sndiri mbak dr tepung bumbu serbaguna merk s*j*ku yg dicampur air sckpnya hingga mnjd pasta yg kntal, celupkan potongan daging ayamnya hingga tercover seluruhnya, lalu gulingkan sambil diteka-tekan diatas tepung roti trus goreng deh hehehe..... anak2 doyan banget, tp krn pake tepung bumbu yg dah jadi yg pstinya berpengawet dan ber-msg, versi mbak pastinya lebih sehat mengingat ini untuk makan anak2 kt yg msh dlm masa prtmbuhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Mel...
      iya mba kalau pakau tepung instan begitu memang ada kandungan msg-nya mba..udah gitu cenderung asin kan ya...tetapi ya masih kadang-kadang buat pakai tepung instan juga..kalau kepepet...he he he..
      makasih sudah mampir ya mba...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.