Resep Samosa Goreng (Fried Samosa)

deep fried samosa
samosa goreng
Beberapa waktu yang lalu buat samosa tetapi versi panggang, nah kali ini mau mencoba resep samosa versi goreng. Waktu itu ketika mencari resep samosa, ada 2 blog yang saya bookmark. Yang versi goreng kali ini sih tidak begitu jauh berbeda dengan resep samosa panggang. Untuk versi goreng ini saya gunakan resep samosa indian appetizer dari blog show me the curry milik Hetal dan Anuja.

Hanya saja ada sedikit bahan yang berbeda di kulitnya. Ada penambahan ajwain/carom seeds yang tentu saya skip karena sampai saat ini masih bingung apa itu sebenarnya kalau di Indonesia. Secara baca-baca wikipedia dan lihat images di google tetap tidak mengerti. Kemudian ada tambahan lemon jus ataupun air jeruk nipis yang kata si pemilik resep bisa buat lebih renyah. Nah yang ini saya ganti dengan cuka apel.

Karena sudah pernah membuat samosa sebelumnya, maka tentu saja kali ini jauh lebih mudah. Dan memang ternyata mudah. Tetapi nih kok kulitnya bergelembung ya..jadi mirip pastel..he he he...nah mengenai rasa tentu saja enak menurut saya.

fried curry samosa
samosa kari
Karena saya buat kulitnya tidak begitu tipis maka tentu saja kulitnya tidak begitu garing, renyah di luar tetapi lembut di dalam. Nah jadinya malah mirip roti juga ya..roti tidak beragi.. Untuk isian masih sama dengan resep isian pada samosa panggang. Belum bosan dengan resep kari yang satu ini.

Nah yang mau juga membuat samosa goreng ini, ini dia resepnya ya..dengan sedikit modifikasi dari saya...silakan...

Resep Samosa Goreng (Fried Samosa)
untuk 8 buah samosa ukuran cukup besar

Bahan kulit :
  • 1 1/2 cup tepung terigu protein sedang/segitiga biru
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh ajwain (saya skip)
  • 2 sendok teh minyak goreng
  • 1 sendok teh jus lemon/air jeruk nipis/cuka apel
  • 90 ml air

 Bahan isian : sama dengan isian samosa panggang
  • 200 gr dada ayam tanpa kulit dan tulang, cincang
  • 2 buah kentang ukuran besar, kupas, masing-masing bagi 8 bagian lalu rebus, kemudian haluskan dengan sendok ataupun garpu (tidak perlu sampai halus benar)
  • 1 buah wortel ukuran besar, kupas, bagi 4 lalu rebus bersamaan dengan kentang, lalu potong dadu ukuran kecil
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong ukuran kecil
  • 5 siung bawang putih, cincang
  • 3 butir bawang merah, iris
  • 3 sendok makan bubuk kari
  • 200 ml air (saya gunakan air sisa rebusan kentang dan wortel)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis (saya gunakan minyak canola atau bisa minyak zaitun)

Cara membuat :
  1. Untuk kulit :  di mangkuk, campur tepung dan garam, beri minyak, aduk rata kemudian perlahan tambahkan cuka apel dan air secara bertahap sambil diulen perlahan sampai didapatkan adonan yang lembut. Bulatkan dan tutup dengan platik wrap, diamkan selama kurang lebih 20 menit
  2. Untuk isian : Tumis bawang merah, bawang putih dan bawang bombay sampai harum, masukkan bumbu kari, aduk rata, tambahkan ayam, masak hingga berubah warna. Masukkan air, masak hingga ayam matang. Masukkan kentang yang sudah dihaluskan serta wortel, masak hingga mengental, beri garam, aduk rata, cicipi rasanya, angkat, dinginkan sejenak.
  3. Penyelesaian : Ambil adonan kulit, bagi menjadi 4 bagian, bulatkan
  4. Gilas membentuk lingkaran hingga setebal kurang lebih 2mm. Bagi menjadi 2 bagian menggunakan pisau. 
  5. Ambil satu bagian, bentuk kerucut, rekatkan sambungannya dengan cara sedikit ditekan
  6. Kemudian letakkan di antara ibu jari dan telunjuk, lalu isi dengan 1 sendok makan bahan isian
  7. Tekan-tekan isinya sehingga masuk ke bagian kulit dengan rata, kemudian tutup dengan cara menekan sisi-sisinya (perhatikan supaya benar-benar dirapatkan dan sedikit ditekan supaya tidak membuka ketika digoreng)
    resep samosa
    samosa making
  8. Lakukan sampai habis
  9. Goreng dengan minyak panas dengan api sedang sampai kecoklatan dan matang
  10. Angkat dan tiriskan

samosa goreng
samosa goreng

Nah semoga resep samosa goreng ini bermanfaat ya..silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...

NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.