Seberapa Penting Sosial Media pada Blog

seberapa penting sosial media pada blog
Seberapa pentingkah sosial media pada blog? Hari gini gaptek tentang sosial media? hmmmm itulah saya. Selama ini memang saya kurang begitu mengikuti perkembangan sosial media. Dulu ketika ngetrend yang namanya friendster...boro-boro punya akun..hanya sempat tahu karena ada teman yang punya akunnya. Hmmm apa saja sih yang termasuk sosial media? okey sebut saja yang paling heboh, facebook dan twitter, kemudian diikuti dengan instagram, pinterest, friendster, google plus, flickr, linkedin, dll.

Ketika orang mulai kenal dengan facebook, ketika sempat ada teman chatting di yahoo messenger tanya ada fb tidak? ha...apa itu fb..cuma ya tengsin kalau tanya...langsung saja bilang tidak..langsung deh teman sarankan buat donk...tetapi ya tetap tidak buat-buat juga.

Ketika kemudian setelah booming-boomingnya facebook, saya tetap adem ayem, tanpa akun pastinya..kemudian ada teman baik saya di SMA, tiba-tiba telp saya...setelah bertahun-tahun hilang kontak. Dia bilang dia dapat nomor telepon saya dari adik saya melalui facebook...apa? begitukah..alamak tepok jidat kan saya...

Setelah itu mulai deh buat akun..akhirnya..mulai cari-cari teman..dan tidak disangka semua teman saya pada sudah mulai fb-fb-an...dan ternyata saya bisa menghubungi teman-teman lama saya melalui facebook. Untuk yang satu ini saya bersyukur dengan facebook.

Yang saya tidak suka dengan facebook adalah kadang-kadang ada yang posting aneh-aneh yang kadang sampai membuat saya malas membuka facebook saya. Kemudian satu lagi media sosial yang tidak kalah boomingnya, twitter..halah....sampai beberapa hari yang lalu saya tidak pernah punya akun twitter..oalah...

Hanya tahu cara kerjanya, ingat perang twitternya Kevin Aprilio dan Marisa Haque..kemudian ada nonton film yang berjudul Chef, perang twitter seorang koki dengan food blogger. Hmmm tetap tidak tertarik. Nah untuk twitter ini saja saya tidak begitu tertarik, apalagi yang lainnya. Sampai suatu ketika ada yang bertanya tentang blog saya, sudah berapa follower di twitter dan facebook? Ha...ternyata cukup penting..baru deh mulai sesuatu yang terlambat ini.

Jadi mulai pasang widget twitter dan facebook di blog (hi hi hi yang like baru sak iprit)..untungnya karena menggunakan blogger jadi sudah ada google plus sejak dari awal ngeblog, mulai buat akun di pinterest, ternyata jika memang mau menambah jumlah pengunjung, meningkatkan trafik blog, sosial media penting perannya. Hmmm ternyata...saya jauh ketinggalan masalah ini.  Selama ini saya hanya mengandalkan pengunjung blog hanya dari mesin pencari dan sedikit sekali dari blogwalking.

Dulu semangat-semangatnya blogwalking hampir setiap hari blogwalking, tetapi ya respon pemilik blog biasanya datar, syukur-syukur komentar saya di blog mereka dibalas, itu saja sudah cukup, mau mengharapkan mereka kunjungan balik..hmmm susah..jadi kesimpulannya saat itu adalah percuma blogwalking..walaupun ada sih segelintir yang ramah yang mau mengunjungi blog saya yang bisa dibilang awut-awutan.

Okeh, walaupun memang terkadang ada orang yang blogwalking hanya dengan meninggalkan komentar spam, hanya beberapa kata,  seperti nice info, thanks sharingnya, info bermanfaat dll, yang bisa saja dengan mudah dibuat tanpa harus membaca keseluruhan posting si pemilik blog. Hmmm biasanya kalau saya blogwalking ya saya baca semua artikel sampai habis dan saya mengerti, baru komen, dan setidaknya ada beberapa postingan lain yang saya baca. Jadi terus terang cukup lama saya berada di satu blog. Tujuan saya memang ingin kenal dengan si pemilik blog dan menjaga agar bounce rate blog mereka tidak tinggi karena saya.

Saya terus terang cukup terganggu dengan komen yang ditinggalkan di blog saya misalnya seperti ini..nice info gan...hadeuh...mbok ya baca dulu donk siapa pemilik blog...saya tidak suka disebut gan, menurut saya tidak cocok untuk saya... Saya pun kalau blogwalking selalu lihat dulu profile yang punya blog. Dan memang blogwalking saya cukup menyita waktu.

Tanya sama blogger SEO, dan saya bilang kalau blogwalking tidak berlaku buat saya..he he he..dia bilang ya sudah, daripada menghabiskan waktu buat blogwalking lebih baik optimasi blog saja. Hmmm sejak saat itu mulai jarang blogwalking. Tetapi sekarang ya mulai rajin lagi, soalnya sudah banyak juga yang blogwalking ke blog saya dan akhirnya jadi teman....

Pikiran positif, mereka tidak punya waktu untuk blogwalking, mereka belum mengerti fungsi blogwalking yang sebenarnya, yang terus terang membuat blognya akan semakin dikenal orang lain.

Nah sekarang saya akan mulai berbenah sedikit demi sedikit membuat blog saya ini lebih baik lagi, walaupun kadang saya bosan sekali ngeblog. Kadang-kadang bingung mau menulis apa, jadinya kadang isinya membosankan juga jadinya, atau malah keseringan membosankan ya..ha ha ha ha...pede sekali bilang kadang padahal sering.

Sejak ganti template blog, semua editan html saya yang lama banyak yang hilang, mulai lagi dari awal, kemudian ditambah lagi mengganti domain dari dapursederhanamonic.blogspot.com ke monicsimplykitchen.com, pengunjung blog berkurang..he he he...ya saya sabar saja, tetap update, tetap semangat (lebih tepatnya menyemangati diri), semoga berlangsung tidak lebih dari 3 bulan. Semoga bisa bertambah lagi pengunjungnya...

Belajar lagi sosmed...halah..pe-er nih....semangat kakak....




NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.