Ayam Bakar Ketumbar

ayam bakar ketumbar
ayam bakar ketumbar
Ahai...sekarang posting bolong-bolong, nah menyempatkan diri posting resep ayam bakar ketumbar ini deh. Resep yang menurut saya mudah dan bumbunya juga sederhana. Nah berhubung sedang suka makan sambal dabu-dabu, makanya kali ini temannya sambal dabu-dabu saja.

Nah kalau ayam bakar begini Sophie doyan, karena tidak pedas dan sedikit manis, karena waktu membakarnya bumbunya saya tambahkan kecap manis juga. Dan kalau begini malah bapaknya Sophie yang tidak begitu doyan. Kalau emaknya doyan dah apa saja..he he he...

Ini sih memang namanya ayam bakar, hanya tentu tidak dibakar pakai arang yang pakai dikipas-kipas itu, kurang afdol sih memang..kurang ada gosong-gosong bagaimana begitu ya....he he he...Nah waktu posting ayam bakar rica-rica, mba Lina ibunyaAsRaf bilang kurang wangi kalau di pan bakarnya. 

Ya namanya juga tinggal di perumahan yang setiap lahan terbuka dimanfaatkan jadi ruangan...ha ha ha..nah kebayang kan kalau bakar-bakar pakai arang..bisa mabuk asap nanti penghuni rumah..hi hi hi...mau bakar di halaman depan atau teras depan, malu donk...nanti dibilang norak...

Okey deh...lanjut saja ke resep ah...ini dia resep ayam bakar ketumbarnya...

Ayam Bakar Ketumbar

Bahan :
  • 800 gr daging ayam, potong sesuai selera
  • 1 buah jeruk nipis ukuran besar
  • 1 sendok teh garam
  • 200-300 ml air
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus :
  • 8 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 2 sendok teh ketumbar butiran, sangrai
  • 2 cm kunyit

Cara membuat :
  1. Kucuri ayam dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 15-2 menit, bilas
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan potongan ayam, masak hingga ayam berubah warna
  3. Tuangkan air, beri garam dan masak hingga ayam matang dan kuah menyusut
  4. Angkat ayam, ambil sisa bumbunya, masukkan ke dalam mangkuk
  5. Campur bumbu sisa ungkep dengan kecap manis
  6. Panaskan teflon, olesi dengan minyak, celupkan ayam ke dalam campuran bumbu dan kecap lalu bakar ayam hingga kecoklatan dan sedikit gosong sambil dioles dengan bumbu
  7. Angkat dan siap disajikan dengan sambal

Untuk sambal, bisa dengan sambal apa saja ya terserah kita, mau referensi resep sambal? silakan lihat di resep sambal ya...

Nah semoga resep ayam bakar ketumbar yang simpel ini bisa bermanfaat ya...silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...



NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Selalu ngeceess klo liat ayam bakar... Dibumbu apapun selalu menggiurkan ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba...bumbu apa aja enak ya...duh apalagi kalau pakai sambal dan sambalnya apa aja enak...

      Delete
  2. Bener mba, mbakarnya d depan rumah! Biar ada yg beli juga... hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha...bener-bener...ntar yang lewat pada beli...

      Delete
  3. sama mbaa, repot kalo pake bakar2an beneran
    bisa nyala alarm apartemen gara2 penuh asap wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi hi hi..iya...gitu deh ya..repotnya kalau bakar langsung, tapi memang rasanya lebih gimana gitu ya kalau bakar langsung, lebih mantap...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.