Hakau Ayam Sayuran

resep hakau ayam sayuran
hakau ayam sayuran
Sudah lama sekali ingin buat makanan ini, yang namanya ternyata hakau, yaitu sejenis dimsum yang mempunyai kulit transparan dan isinya adalah udang. Dan apakah masih bisa disebut hakau ya kalau isinya saya ganti dengan ayam dan sayuran? masih bingung saya...secara cari-cari referensi tetap bingung saya.

Tertarik dengan hakau ini kala melihat tayangan chef adu tanding di Asian Food Channel, nah chef Ching ada buat dimsum yang begini. Bagus,imut-imut...dan kemudian sempat baca-baca nih kalau mau buat yang kulitnya transparan bahannya menggunakan tepung tang mien, Dan kebetulan saya ada stok tepung tang mien. Ini juga karena info si koko di toko bahan kue langganan kalau ternyata si koko ada jual tepung tang mien juga.

Walaupun sudah beli tepungnya tetapi masih malas saja nih, eh malah buat dumpling versi korea yang hanya menggunakan tepung terigu serbaguna. Hmmm tetapi tidak masalah kan dari sana bisa belajar membentuk hakau ini.

hakau
hakau
Beberapa hari lalu lihat mba Vita Citra ada posting hakau udang, (resep asli dari May's Kitchen-hakau), nah jadi semakin semangat deh untuk buat hakau. Untuk kulitnya saya buat berdasarkan resep mba Vita & mba May, terima kasih resepnya ya mba-mba, hanya isi saya buat menggunakan ayam cincang, jamur kuping, bengkuang, kol serta wortel. Hmmm enak juga kok..hanya tetap nih bentuknya masih belum bagus saja...

Ada 3 macam bentuk yang saya kreasikan, bentuk dumpling biasa dengan lipatan di bagian depan, bentuk bulat dengan lipatan mengumpul di atas dan bentuk pastel. Aih kalau namanya bentuk sih suka-suka saja ya.. he he he.. nah supaya tidak lengket di kukusan, olesi saringan kukusan dengan minyak goreng. Kemudian tadinya saya mengangkat hakau yang telah matang dengan menggunakan jepitan, ternyata pecah bagian bawahnya, kemudian dengan sendok kayu saja eh sama saja...dan ternyata diambil dengan tangan saja secara perlahan dengan cara memegang bagian atasnya sambil diangkat perlahan maka hakau akan dengan sangat mudah lepas dari saringan.

Untuk cara membuat dan cara membentuk kulitnya sama saja dengan dumpling yang pernah saya posting ya...silakan lihat di dumpling ayam (dak mandu).  Hanya beda di bahan saja...

Nah berikut resepnya :

Hakau Ayam Sayuran
untuk 16 buah hakau

Bahan kulit :
  • 75 gr tepung tang mien (saya gunakan 3/4 cup)
  • 20 gr tepung tapioka/kanji (saya gunakan 1/4 cup)
  • 100 ml air mendidih (saya gunakan 1 cup)

Bahan isi :
  • 50 gr dada ayam tanpa kulit dan tulang, cincang
  • 1/2 buah wortel ukuran kecil, parut kasar, peras airnya
  • 1 buah bengkuang ukuran kecil, parut kasar, peras airnya
  • 3 buah jamur kuping kering, rendam dengan air dingin hingga mengembang, iris
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 lembar kol, iris tipis
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 1 sendok teh kecap asin
  • 1/4 sendok teh merica bubuk

Cara membuat :
  1. Untuk kulit : di mangkuk, campur tepung tang mien dengan tepung tapioka, aduk rata, tuang dengan air mendidih, aduk cepat dengan sendok kayu hingga tepung matang dan seperti lilin
  2. Bulatkan adonan, uleni adonan di atas meja yang sudah dioles minyak hingga adonan lembut
  3. Istirahatkan adonan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bagi adonan menjadi 16 bagian, bisa juga dibagi 4 dahulu kemudian masing-masing di bentuk silinder kemudian masing-masing silinder dibagi 4 bagian sama rata
  4. Ambil satu bagian, tipiskan dengan tangan kemudian gilas dengan rolling pin hingga berdiameter kurang lebih 8cm atau tebalnya kurang lebih 1-2 mm
  5. Kerjakan sampai semua habis (note : jika perlu taburi meja dengan tepung tapioka tipis saja ketika membentuk adonan kulit)
  6. Untuk isi : campur semua bahan, aduk rata
  7. Penyelesaian : Ambil satu adonan kulit, beri satu sendok teh adonan isi atau secukupnya, bentuk adonan dengan cara melipat bagian depan kemudian direkatkan dengan cara ditekan perlahan saja (lihat caranya di dumpling ayam sayuran)
  8. Sementara membentuk hakau, siapkan kukusan, olesi saringan kukusan dengan minyak, panaskan kukusan hingga air mendidih
  9. Masukkan hakau ke dalam kukusan, kukus sampai matang dengan api sedang selama kurang lebih 15-20 menit atau sampai hakau transparan
  10. Keluarkan dari kukusan dengan cara diambil saja dengan tangan secara perlahan
  11. Siap dinikmati dengan sambal botolan ataupun sambal kacang juga enak (tertarik untuk membuat sambal kacang..bisa lihat di siomay bandung ya, ada resep sambal kacangnya)

resep hakau ayam sayuran
hakau

Nah semoga resep hakau ayam sayuran ini bermanfaat ya..silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya..
NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. sukaaak foto yg tengah..bikin kabita ih

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he..foto jarak dekat, agak repot sambil megang sumpit eh moto juga..mana ga pinter lagi megang sumpit...

      Delete
  2. Replies
    1. Hayuk atuh ka batam...ntar dibuatin...yg ini sudah habis...

      Delete
  3. Waaah cantik banget hakau nya kak monic..... klo dr teksturnya empuk nggak kak?...aq tiap bkin kog terlalu kenyal ya kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Dinda,
      Tekstur hakau ini empuk kenyal, gimana tuh, he he he...lembut tapi tetap kenyal..
      hmmm terlalu kenyal ya yang mba Dinda buat, coba kurangi sedikit tepung kanjinya..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.