Tumis Ayam Pedas Cabai Rawit

tumis ayam pedas cabai rawit
tumis ayam pedas
Resep tumis ayam pedas ini sebenarnya terinspirasi dari resep ayam goreng pedas cabai rawit - dari dapoerlys, blognya mba Lys. Walaupun namanya ayam goreng, mba Lys bilang memang pantasnya disebut ayam tumis cabai rawit, karena memang ayamnya tidak digoreng.

Hmmm setelah baca bahan dan cara membuatnya maka saya tertarik deh untuk mencoba resep tumis ayam cabai rawit ini. Ai ai..dari namanya saja sudah membuat saya tertarik...masakan pedas begini ini nih yang saya suka. Bookmark resepnya dan akhirnya eksekusi deh, terima kasih resepnya ya mba Lys...enak mba...

Tetapi rasanya gatal ya kalau tidak memodifikasi resep, he he he...akhirnya karena ada stok kembang tahu dan jamur kuping juga yang sudah saya rendam dan sudah mengembang jadinya, makanya harus segera digunakan, akhirnya saya campur saja deh dengan bahan lainnya.

Tadinya saya beli kembang tahu ini mau saya buat ngohiang, eh ternyata kembang tahu begini mana bisa dibuat ngohiang, harusnya ada khusus kulit kembang tahu sendiri buat ngohiang, hanya kok saya belum pernah lihat. Sudah juga dibuat campuran sup kimlo, ternyata masih cukup banyak kembang tahunya, ya sudah manfaatkan saja deh jadi campuran tumis ayam pedas ini.

Di resep sih tanpa tambahan bawang bombay, tetapi karena saya suka dengan bawang bombay, maka saya tambahkan bawang bombay..hi hi hi...lalu saya beri kuah juga dengan melarutkan air dengan tepung maizena, jadi banyak donk ya perubahannya...tetapi rasanya tetap enak kok... Oh iya untuk cabai rawitnya, setengah bagian saya iris dan sisanya saya biarkan utuh, takut kepedasan, nanti diprotes deh sama bapaknya Sophie.

Okey...Yang tertarik dengan resepnya, ini dia ya..silakan...

Tumis Ayam Pedas

Bahan :
  • 250 gr dada ayam tanpa tulang dan kulit, potong kotak (resep asli 500 gr)
  • 3 lembar kembang tahu kering, rendam air biasa hingga lunak, potong-potong (tambahan dari saya)
  • 5 buah jamur kuping kering, rendam air biasa hingga mengembang, potong-potong (tambahan dari saya)
  • 2 batang daun bawang, potong-potong kurang lebih ukuran 2 cm (atau sesuai selera)
  • 1/2 sendok makan kecap asin atau kecap ikan
  • 15 butir cabai rawit, iris atau biarkan utuh sesuai selera
  • 1/2 sendok makan angciu / bisa diganti dengan kecap asin, jahe dan jus lemon (saya skip)
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong membujur sesuai selera (tambahan dari saya)
  • 1 sendok makan tepung maizena larutkan dengan 200 ml air (tambahan dari saya)
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus :
  • 4 cm jahe (saya parut)
  • 1/4 sendok teh merica  (saya gunakan merica bubuk)

Saus bumbu : aduk jadi satu
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 1 sendok makan madu
  • 1 sendok makan saus sambal
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok teh air jeruk nipis

Cara membuat :
  1. Lumuri potongan dada ayam dengan kecap asin dan angciu, sisihkan
  2. Tumis bawang bombay dan bumbu halus sampai harum, masukkan potongan daging ayam, lalu tambahkan saus bumbu, kembang tahu dan jamur kuping, aduk rata dan masak hingga ayam berubah warna
  3. Masukkan cabai rawit iris dan daun bawang, aduk rata, tambahkan larutan tepung maizena, masak hingga mengental, cicipi rasanya
  4. Angkat dan siap dihidangkan

Nah semoga resep tumis ayam pedas atau tumis ayam cabai rawit ini bisa menginspirasi ya..silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...

NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Dikucuri air jeruk nipis mba... tambah suegeerrr... asem pedas manis...

    Huaaa.... manteeeepph...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Lina, dijamin deh makin mantap...asem, manis, pedes
      sakit perut..sakit perut deh...ha ha ha

      Delete
  2. Replies
    1. He eh teh..yg buat mantep tuh pedesnya..he he he...

      Delete
  3. Aih aih mba Monica .. Thanks ya udah eksekusi resep dari blog aku :) gemana rasanya .. maknyus kan ? :) Boleh gak mba disebutin Lys ( dapoerlys.blogspot.com ) sekalian promo mba :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba..maknyuss..pedesnya itu nampol, apalagi kalau cabenya diulek ya..he he he...makasih ya resepnya...hi hi hi..sudah diedit mba...sudah bilang dari dapoerlys, dicetak miring n ditebalin tulisannya...tapi tanpa embel2 blogspot lho ya...tenang mba...itu sudah menarik perhatian..eits jangan lupa itu sudah kasih backlink ke dapoerlys lho ya....ntar check di google webmaster beberapa hari lagi..sudah masuk lom backlinknya...

      Delete
    2. Xixixixxixi thank you mba Monica ^^

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.