Rujak Buah

indonesian fruit salad
rujak buah
Menikmati yang segar-segar dulu...rujak buah..cuaca panas begini memang segar menikmati rujak buah, apalagi kalau buahnya dingin dan saus rujaknya pedas. Aih....segarnya...Nah yang namanya rujak begini mudah sekali buatnya. Variasinya hanya di saus sambal kacangnya saja.

Kalau ngerujak itu sudah dari kecil sering saya lakukan. Bersama teman-teman kecil suka sekali ngerujak. Namanya juga anak kecil ya dengan belimbing saja sudah cukup, dan sausnya tanpa kacang. Jadi dulu kalau makan rujak dengan saus kacang adalah sesuatu sekali deh.

Dulu punya tetangga yang punya beberapa pohon belimbing di belakang rumahnya, jadi saya dan teman-teman perempuan saya suka sekali minta belimbing ke tetangga tersebut. Hampir tiap hari...ha ha ha..untung yang punya belimbing baik hati.
rujak buah segar
rujak buah
Jadi kami akan berteriak dari depan rumahnya...ijul..ijul...minta belimbing....kalau belum ada sahutan dari dalam rumah kami tetap berteriak...ijul..ijul....minta belimbing...sampai ada sahutan..iya ambillah...Nah yang menyahut bisa siapa saja, bisa ibunya ijul, bisa bapaknya, adiknya ataupun kakak-kakaknya. Jadi begitu ada sahutan, baru kami akan berlari ke belakang rumahnya, beraksi mengambil belimbing.

Dari lima bersaudara, yang semuanya laki-laki, kami hanya selalu memanggil Ijul. Padahal ya Ijul ini lebih tua dari kami,  ada adiknya yang seumuran hanya entah kenapa Ijul ini yang jadi nama favotit kami ketika minta belimbing.

Entah keberanian apa ya waktu kecil itu, walaupun perempuan ya semangat memanjat pohon belimbing. Jadi ada 3 pohon belimbing, nah biasa masing-masing memanjat satu pohon dan ada yang di bawah memungut buahnya. Kadang ya saya kena bagian memanjat dan kadang memungut juga. Setelah dirasa cukup maka kami akan pulang, beraksi membuat rujak.

Bahan-bahan seperti gula merah, cabai dan garam, biasa kami kumpulkan dari rumah masing-masing...hi hi hi entah minta ijin ibu masing-masing entah ambil saja dari dapur. Mulai deh merujak...pinjam batu ulekan di rumah siapa saja tempat kami merujak.

Ahai sesuatu sekali berkumpul merujak belimbing....karena cuma belimbing yang stoknya selalu tersedia makanya itu jadi pilihan. Terkadang ada juga jambu bol, itu juga pernah kami buat rujak. Terkadang jambu air saja, tergantung di rumah siapa ada jambu air berbuah.

Nah ketika sudah mulai besar dan sudah mulai biasa di dapur, walaupun masih sekolah ya ada peningkatan kalau merujak, diberi kacang juga di sausnya, kemudian buahnya pastinya beragam donk..masak belimbing terus..he he he..malahan sudah besar ya buahnya tidak belimbing lagi.

Untuk bumbu rujaknya sih standar ya, cabai rawit, kacang tanah, air asam jawa, garam, dan jika suka tambahkan terasi bakar atau goreng juga, atau malah ada ditambahkan petis juga. Nah komposisi masing-masing bahan bumbu rujak ini terkadang bisa membuat rujak yang satu berbeda dengan rujak yang lain. Kalau membuat sendiri ya memang bisa kita sesuaikan dengan selera kita.

Untuk buah-buahnya standar juga, ada nanas, mangga muda, kedondong, pepaya mengkal, bengkuang, jambu air, timun, ubi jalar, jambu biji, tergantung deh kita mau gunakan yang mana. Dari buah-buahan rujak begini, saya tidak begitu suka dengan mangga dan kedondong, karena saya tidak tahan asamnya. Yang jadi favorit saya nanas, bengkuang dan timun, hmmm namanya juga selera ya beda-beda tiap orang.

Rujak yang saya buat kali ini bumbu kacangnya tidak menggunakan terasi apalagi petis. Secara di Batam tidak mudah mendapatkan petis. Belum pernah lihat ada yang jual petis di pasar. Jadi bumbunya hanya cabai rawit merah, kacang tanah tanpa kulit yang disangrai, gula merah dan garam serta air asam jawa.

Okey...yang mau lihat resepnya ini dia ya....

Rujak Buah

Bahan :
  • pepaya mengkal
  • bengkuang
  • jambu air
  • mangga muda
  • nanas

Bumbu rujak :
  • 5 butir cabai rawit merah
  • 100 gr gula merah
  • 50 gr kacang tanah tanpa kulit, sangrai
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • 1/4 sendok teh garam
Cara membuat :
  1. Siapkan semua buah-buahan, bersihkan dan potong-potong
  2. Haluskan semua bumbu rujak, sesuaikan dengan selera takarannya
  3. Santap rujak dengan cara mencocol buah-buah dengan bumbu rujaknya atau dicampur semua buah-buahan dengan bumbu, aduk rata baru dinikmati

Nah semoga resep rujak buah yang mudah dibuat ini tetap bisa bermanfaat ya..silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...




NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. kyaa..ngileeer >.<
    btw, mba Mon cilik dulu jagoan ya ternyata, haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha...iya setelah dipikir-pikir kok bisa ya manjat pohon belimbing dulu itu....

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.