Balado Telur & Teri

sambal telur dan teri
balado telur dan teri
Yang suka pedas pasti suka kan apa saja menu balado, walaupun hanya balado telur dan teri begini. Nah kalau saya ya suka sekali, walaupun hanya lauk begini, sudah siap dengan nasi hangatnya...hmmm nikmat sekali kan.
 
Balado telur dan teri ini sebenarnya sudah cukup lama dimasak, dan baru sekarang bisa diposting, karena juga sudah cukup lama ngendon di draft. Dan karena saya belum masak-masak lagi dan belum foto-foto lagi tepatnya..maka ya tampilkan saja deh resep yang sederhana ini ya. Siapa tahu bermanfaat juga.
 
Cukup lama blog monic's simply kitchen ini dianggurin ya...jadi bulan Mei ini adalah bulan yang amat sangat tidak produktif saya ngeblog. Selain malas, juga karena saya pulang ke Palembang..halah..siapa yang tanya ya..he he he...
 
Jadi ceritanya kalau ke Palembang itu ribet donk ya kalau harus bawa-bawa kamera dan harus foto-foto juga. Walaupun ya tetap masak juga...jadi ceritanya di sana judulnya cooking with sista. Adik saya yang request makanan yang mau dibuat, kemudian dia yang foto-foto untuk sekedar upload di fb-nya. 
 
Jadi jika ada yang tanya resep..lihat saja di blog kakakku ya..begitu katanya..he he he...jadi lumayan juga mengenalkan blog saya di antara teman-temannya..sekalian promosi..halah...
 
Hari-hari awal saya di Palembang masih belum ada mood memasak, saya bilang ibu saya, apapun yang dimasak saya ikut saja. Jadi ya hari-hari awal tentunya makan masakan ibu saya yang menurut saya tetap enak, walaupun keseringan masak serba sambal..he he he..

Setelah mengumpulkan semangat baru deh beberapa hari berikutnya mulai masak-masak...mulai dari buat bakpao ayam, pangsit kuah dan goreng, spaghetti ayam lada hitam, udang goreng tepung saus asam manis, buat puding ala kfc, mie aceh, puding sutra buah dimana koktailnya buat sendiri saja, secara kalau pakai buah kaleng kok ya sedikit sekali buahnya.

Buat sendiri jadi banyak...beli pepaya ukuran kecil, bengkuang 3 buah dan nanas 1 buah..dan hasilnya banyak sekali...bisa makan es buah sekalian buat topping puding sutra..hmmm mantap kan...

Nah ada sedikit cerita kala mencari yang namanya kapulaga dan jinten untuk bumbu mie aceh. Karena kami pergi ke pasar pagi, jadi tentu saja kami keliling di penjual bumbu dan bertanya ada tidak kapulaga dan jinten. Dan dari 5 penjual bumbu, tidak ada satu pun yang jual. Apa..begitu susahnya mendapatkan 2 bumbu ini.

Ada yang bilang, wah jarang ada yang cari makanya tidak jual, kalau lebaran saja jual yang begitu, waduh...sudah pasrah deh bakal batal buat mie aceh..hmmm tapi coba cari di pasar yang bukan pasar pagi, cari di penjual bumbu-bumbu. Hmmm akhirnya ada juga, wah senang, akhirnya dapat juga deh kapulaga dan jinten ini.

Waduh kepanjangan cuap-cuapnya ya...hi hi hi...habis sudah lama tidak menulis sih...okey sekarang kembali ke resep balado telur dan teri ini ya... pada dasarnya sama sih dengan resep telur sambal balado yang pernah saya posting..ya beda-beda tipislah...

Balado Telur & Teri

Bahan :
  • 8 buah telur rebus, goreng hingga berkulit
  • 100 gr teri, goreng garing
  • 20 butir cabai rawit utuh
  • 15 buah cabai rawit merah
  • 2 buah tomat ukuran sedang
  • 10 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 1/2 sendok teh garam (atau sesuaikan dengan selera)

Cara membuat :
  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah serta tomat (saya gunakan blender dengan sedikit air)
  2. Tumis bumbu halus sampai harum dan kering (pastikan benar-benar kering). Tambahkan cabai rawit utuh, aduk rata
  3. Masukkan telur, aduk rata, tambahkan teri goreng, aduk lagi, cicipi rasanya, tambahkan garam, cicipi lagi rasanya
  4. Angkat dan siap dihidangkan

Nah semoga resep balado telur & teri ini tetap bisa bermanfaat ya..silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...








NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. tetep loh pake cabe rawit...hihihi
    mbaak kalo resep sambal balado asal minang itu aslinya ngga pake cabe rawit lohhh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi hi hi iya...kalau balado minang ga pake cabe rawit..tapi karena suka pedas dan rasanya kurang gigit kalau ga pake cabe rawit..jadi tetep..cabe rawit... he he he..

      Delete
  2. Haduhhh mba Monic... bikin laparr deh gambar2nya bener menggugah perut hihi... *hera

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Hera,
      hi hi hi iya mba, kalau liat yang sambel-sambel begini saya juga suka lapar..
      makasih sudah mampir ya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.