Brokoli Goreng Tepung Krispi

resep brokoli goreng krispi
brokoli goreng tepung krispi
Posting kali ini masih dalam edisi memanfaatkan draft, sudah beberapa hari blog ini dianggurin, nah ketemu resep brokoli goreng tepung krispi ini. Variasi gorengan tepung krispi dari sayuran. Dan resepnya masih sama, menggunakan resep ayam goreng tepung krispi dan popcorn chicken krispi.

Banyak variasi gorengan krispi begini ya, tahu goreng krispi misalnya, atau yang sempat booming juga di grup kuliner, telur goreng krispi, yang ternyata hanya telur dadar yang dipotong-potong sesuai selera kemudian diproses seperti halnya gorengan krispi yang lain.

Nah di Palembang, ternyata ada juga yang sedang booming menurut adik saya, pempek kulit krispi, jadi pempek kulit yang dibalut tepung krispi. Ada-ada saja kan idenya, nah menurut saya walaupun enak tapi saya ya tetap suka dengan pempek kulit biasa. Nah yang belum pernah mencoba pempek kulit bisa buat sendiri lho, dengan menggunakan ikan berdaging merah juga bisa, tidak harus dengan kulit ikan tenggiri, ini resepnya pempek kulit.

Untuk brokoli goreng tepung krispi ini, karena di adonan tepungnya dan adonan pencelup tidak saya tambahkan kaldu bubuk, jadi tentu rasanya kurang gurih, tidak seperti halnya ayam goreng tepung krispi. Yang suka gurih tentu sah-sah saja menambahkan kaldu bubuk sesuai selera ya.
Supaya didapatkan hasil yang krispi keriting tepungnya maka bisa lihat di resep ayam goreng tepung krispi ya tips-tipsnya. 

Okey deh berikut resepnya ya, silakan.

Brokoli Goreng Tepung Krispi

Bahan :
  • 250 gr brokoli, potong-potong perkuntum sesuai selera
  • 300 gr tepung terigu protein sedang
  • 300 ml air es
  • 1 sendok teh garam (sesuaikan dengan selera)
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional, saya tidak pakai)

Bumbu basah : (semua dicampur rata)
  • 8 siung bawang putih, dihaluskan
  • 3 butir kemiri, dihaluskan
  • 1 ruas jari kunyit, dihaluskan
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1 butir telur ukuran sedang

Cara membuat :
  1. Masukkan potongan brokoli ke dalam campuran bumbu basah, aduk rata sehingga brokoli terbalut dengan bumbu
  2. Di mangkuk lain, siapkan tepung, beri garam, merica dan kaldu bubuk jika pakai, aduk rata
  3. Ambil potongan brokoli, gulingkan ke dalam tepung, cubit-cubit perlahan hingga tepung menempel, celupkan ke dalam air es asal basah, kemudian masukkan kembali ke dalam tepung, cubit-cubit perlahan kembali hingga tepung menempel dan kelihatan keriting
  4. Goreng dalam minyak yang cukup banyak yang sudah dipanaskan sebelumnya, gunakan api sedang saja, goreng hingga garing dan matang serta kecoklatan, angkat, tiriskan, cicipi rasanya, tambahkan apa yang dirasa perlu
  5. Lakukan proses di atas sampai semua potongan brokoli habis
  6. Karena menggunakan potongan brokoli, maka saya tidak melakukan proses mencelup-goreng satu persatu, seperti halnya ayam goreng tepung krispi, saya lakukan proses melumuri dengan tepung sekaligus sekitar 4-5 potong, lalu satu persatu baru dicelupkan ke dalam air es, baru kemudian masukkan lagi ke tepung, kemudian satu persatu dicubit dengan tepung hingga keriting dan langsung goreng begitu selesai dilumuri tepung.

Okey semoga resep brokoli goreng tepung krispi ini bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya.




NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. anak saya juga suka banget brokoli goreng mba, kalo dibekali ke sekolah utk lunch habis deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, enak ya kalau anak doyan sayuran begini...jadi suka buatnya..

      Delete
  2. Makasih ya mba resep nya. Langsung tak eksekusi.. buat bekal sekolah mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba Disti..semoga sesuai dengan selera ya mba...
      terima kasih sudah mampir ya...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.