Es Kelapa Muda Selasih

es kelapa muda selasih
es kelapa muda selasih
Ini salah satu jenis es yang amat teramat sangat mudah dibuat/disiapkan, es kelapa muda dengan selasih. Cocok untuk jadi minuman buka puasa kan...jadi bahan-bahannya hanya kelapa muda dan airnya tentu saja, kemudian tambahkan selasih. Jika suka bisa tambahkan air jeruk calamansi atau jeruk limau.

Kalau di Palembang, kelapa muda begini disebutnya dogan, jadi jangan heran ya kalau bukan orang Palembang dengar istilah es dogan. Nah di Jawa, tidak begitu jauh ya namanya, es degan. Hmmm beda tipis saja namanya ya.

Es kelapa muda selasih ini bisa didinginkan saja tanpa diberi es batu, atau jika suka beri es batu saja, jadi lebih berasa menikmati esnya. Nah yang saya buat ini saya tidak beri es batu, hanya dimasukkan di kulkas saja sampai dingin, lalu saya tidak tambahkan gula lagi.

Jika suka bisa tambahkan gula, nah supaya gulanya bisa bercampur dengan es dengan mudah, sebaiknya gunakan sirup gula ya atau simple syrup. Seperti halnya penjual es kelapa muda pada umumnya suka menambahkan simple syrup jika kita beli es kepala muda.

Kalau di penjual langganan kelapa muda, si ibu ada pilihan, kita bisa beli kelapa mudanya saja tanpa dibuka, atau kelapa mudanya saja tetapi sudah dibuka dan dagingnya sudah dikerok, kita hanya bilang beli yang murni ya bu. Jadi kalau murni, tanpa tambahan es, tanpa sirup gula dan tanpa jeruk.

Untuk membuat simple syrupnya bisa lihat di resep simple syrup ya, nah biasanya untuk minuman sebaiknya gunakan resep yang thick simple syrup, tetapi kembali lagi kepada selera masing-masing ya mau gunakan yang mana.

Nah saya punya ide membuat es kelapa muda ini dengan tambahan selasih karena masih ada stok selasih ketika membuat es cincau selasih beberapa waktu lalu. Hmmm tidak ada salahnya mencoba dan ternyata ya enak juga. Sambil menggigit kelapa mudanya terasa kres-kres selasihnya.

Okey, langsung saja membuat es kelapa muda selasih yang mudah ini ya..silakan

Es Kelapa Muda Selasih

Bahan :
  • air kelapa dan kelapa muda dari 2 buah kelapa
  • 1 sendok teh selasih, rendam dengan air matang 50ml sampai mengembang
  • 2 buah jeruk calamansi/limau, peras airnya
  • sirup gula/simple syrup secukupnya sesuai selera
  • es batu secukupnya

Cara membuat :
  1. Di mangkuk ukuran cukup besar, masukkan kelapa muda dan airnya, beri selasih
  2. Kemudian tambahkan jeruk limau dan sirup gula
  3. Beri es batu atau langsung masukkan ke dalam kulkas untuk didinginkan
  4. Jika sudah dingin, siap disantap
es kelapa muda
es kelapa muda selasih
Okey, semoga resep es kelapa muda selasih ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya.


NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Hay hay mba Monic... gmn kbrnya....?

    Kl d cirebon, kelapa muda disebutnya dugan kelapa ijo mba...
    Mirip2 ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai tante Lina..
      duh senangnya Dede Fabi sudah lahir ya..jadi tante Lina bisa sering jalan-jalan di sini..he he he...
      Ditunggu foto2 Dede Fabi-nya ya...ntar mau diliatin sama Sophie...
      Ih iya mirip ya...dogan, degan, dugan...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.