Resep Kue Favorit : Semar Mendem Isi Abon

olahan ketan semar mendem
semar mendem isi abon
Masih masuk kategori kue favorit, kali ini saya coba buat semar mendem, tetapi isinya abon saja dan ketannya ketan kuning. Karena isi abon maka semar mendem ini cukup praktis, walaupun begitu ya tetap enak menurut saya, secara berbahan dasar ketan.

Nah ini salah satu kue yang biasanya saya juga temukan di penjual kue pagi hari. Jadi kalau mau makan semar mendem, ya tinggal meluncur ke sana. Tetapi sudah lama sekali semar mendem ini tidak dijual lagi. Hmmm jadi tidak ada salahnya membuat sendiri deh.

Hanya sedang malas membuat isi ayam seperti halnya isi lemper. Walaupun isi ayam itu enak sekali menurut saya. Begitu suka dengan rasa lemper ayam yang pernah saya buat sebelumnya. Ah tapi memang kalau sedang malas ya tetap saja malas ya. Nah ide membuat ketan kuning ini juga karena sebelumnya pernah buat ketan kuning serundeng, jadi kepikiran untuk buat ketan kuning.

Okey deh, berikut resep semar mendem isi abon ini ya, langsung saja ke resepnya, silakan.

Semar Mendem Isi Abon

Bahan :
  • 200 gram beras ketan 
  • 65 ml santan instan + 10 ml air
  • 1/4 sendok teh kunyit bubuk dilarutkan dengan 50ml air atau 3 cm kunyit, diparut lalu masukkan 50 ml air, saring
  • 1 lembar daun pandan 
  • 1/2 sendok teh garam 
  • 1/4 sendok teh air jeruk nipis (optional)
  • abon secukupnya (abon ayam, sapi atau tuna sesuai selera)

 Bahan kulit :
  • 2 butir telur ukuran sedang
  • 15 ml air
  • 1 sendok teh tepung terigu
  • 1/8 sendok teh garam

Cara membuat :
  1. Rendam beras ketan selama kurang lebih 1 jam, tiriskan kemudian kukus selama 15 menit. 
  2. Campur santan, air kunyit lalu saring kemudian didihkan bersama   daun pandan dan garam. Masukkan beras ketan, aduk sampai meresap. Tambahkan air jeruk nipis, aduk rata.
  3. Kukus hingga matang kurang lebih selama 30 menit dengan api sedang-besar, angkat lalu sisihkan
  4. Cara membuat kulit : campur semua bahan kulit, aduk rata, panaskan teflon, oles tipis dengan sedikit minyak, buat dadar tipis-tipis, lakukan hingga selesai. 
  5. Penyelesaian : ambil ketan, pipihkan kemudian isi dengan abon, bentuk lonjong sambil dipadatkan, kemudian ambil satu lembar kulit, letakkan di tepi, lipat satu sisi bagian bawah, kemudian lipat kanan kiri kemudian gulung, seperti halnya melipat kulit lumpia.
  6. Sajikan atau jika suka bisa dibungkus plastik dengan irisan cabai merah diatas semar mendem (standar orang jualan begini yang saya perhatikan..he he..)

Nah semoga resep kue favorit saya yaitu semar mendem isi abon ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba semoga sesuai dengan selera.


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.