Diet Rendah Garam #23 Ayam Bakar Jinten Ketumbar & Sambal Kemangi

diet rendah garam ayam bakar
Sudah puas dengan menu santan-santanan, berlemak dan bergaram tinggi, sebut saja rendang, opor ayam, sayur santan kacang atau buncis, sambal goreng ati kentang dan menu-menu lebaran lainnya yang beberapa hari disantap.

Nah kalau sudah puas dan mau mencoba menu yang rendah garam dan rendah kalori, ayam bakar jinten ketumbar dengan sambal kemangi ini bisa jadi alternatif santapan yang juga lezat lho, selain itu cukup mudah membuatnya.

Yang punya masalah dengan tekanan darah tinggi, saatnya mulai kembali diet rendah garam ya, jangan terus-terusan makan-makanan berlemak dan berkadar garam tinggi, sebaiknya mulai hindari makan-makanan pemicu naiknya tekanan darah tinggi.

Memang selama ini saya coba buat menu-menu kategori diet rendah garam supaya selain untuk dokumentasi pribadi saya juga buat siapa saja yang mau mencari ide masakan rendah garam tetapi tetap enak di lidah. Ya memang kunci masakan begini sebaiknya kurangi jumlah garam dalam masakan, gunakan bahan yang berkadar lemak rendah, dan jika digoreng gunakan minyak yang berkadar lemak jenuh rendah seperti minyak canola (lihat jenis-jenis lemak pada cooking oil)

Jangan menyantap makanan siap saji yang tentu saja kadar garamnya sangat tinggi, jangan menggunakan bahan-bahan olahan seperti sosis, keju, makanan kaleng, saus-sausan dan juga kecap. Jadi gunakan bahan-bahan alami saja. Nah jika mau mengintip menu diet rendah garam yang lain bisa lihat di kategori DIET ya.
 
Pada dasarnya resep ayam bakar ini sih adalah resep chicken tabaka yang pernah saya posting, bumbu dasarnya hanya jinten dan ketumbar, tetapi walaupun bumbunya sederhana, tetapi rasanya boleh dikatakan tidaklah sederhana....he he he...
Dan untuk sambal kemangi sama saja dengan resep sambal kemangi yang biasa saya buat hanya tentu saja kali ini tanpa tambahan teri goreng.
 
Okey deh berikut resepnya ya, silakan
 
Ayam Bakar Jinten Ketumbar & Sambal Kemangi

Bahan ayam :
  • 350 gr dada ayam tanpa kulit dan tulang, potong setebal kurang lebih 5mm 
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh jinten, sangrai lalu haluskan
  • 1 sendok teh ketumbar, sangrai lalu haluskan
  • 1/4-1/2 sendok teh garam (kurangi jika perlu)
  • 1 sendok makan minyak canola

Bahan sambal kemangi :
  • 20 buah cabai merah keriting
  • 10 butir cabai rawit merah
  • 10 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah tomat ukuran sedang
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak canola
  • 1/2 sendok makan air jeruk nipis
  • 2 genggam kemangi

Cara membuat ayam bakar :
  1. Lumuri potongan dada ayam dengan jeruk nipis, garam, jinten dan ketumbar serta merica bubuk
  2. Panaskan minyak di teflon, bakar ayam hingga kecoklatan di satu sisi, balikkan dan bakar hingga kecoklatan sisi lainnya (tutup teflon jika perlu)
  3. Angkat dan siap dihidangkan

Cara membuat sambal kemangi :
  1. Rebus cabai, bawang dan tomat hingga sedikit lunak, haluskan (bisa dengan blender, ulekan atau chopper)
  2. Panaskan minyak di teflon, tumis sampai harum dan mulai mengering
  3. Beri garam, aduk rata dan cicipi rasanya, kemudian tambahkan daun kemangi, aduk rata dan masak sebentar hingga kemangi terlihat sedikit layu
  4. Sesaat sebelum diangkat beri air jeruk nipis, aduk rata
  5. Angkat dan siap disajikan 

Nah semoga resep diet rendah garam #23 ayam bakar jinten ketumbar dan sambal kemangi ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga suka.






NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Kalo opor, rendang ... bikin cepet bosen tapi kalo sambel goreng ati yaaa aku suka banget tapi ayam bakar sambel kemanggi ini kok yaa bikin ngiler hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he....bagus deh kalau mas Cumi bisa ngiler gitu..pasti karena ada embel-embel sambel kan...ayo ngaku...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.