Es Kacang Merah Khas Palembang

resep es kacang merah
Sudah lama sekali ingin buat es kacang merah khas Palembang ini. Baru sekarang deh kesampaian, setelah benar-benar meniatkan hati mumpung ada kacang merah sisa buat sup kacang merah/brenebon khas Manado yang lezat.
 
Menyimpang sedikit nih dari es kacang merah, kalau dilihat foto es kacang merah ini mungkin tidak menggiurkan kali ya, saya bingung deh ambil fotonya, es serutnya cepat sekali mencair, padahal tadinya penuh es serut sampai di atas permukaan gelas, oalah lama sedikit sudah turun permukaan es serutnya. Jadilah fotonya mati gaya, he he he... Salah sih saya, harusnya siapkan dulu semua baru deh esnya diserut.

Okey, kebetulan ada semua bahan yang dibutuhkan, tancap buat es kacang merah kali ini. Hanya memang kalau buat es kacang merah ini sama seperti kalau mengolah kacang merah kering, supaya empuk sebaiknya kacang merah direndam semalaman atau kurang lebih 12 jam.

Untuk es kacang merah khas Palembang ini yang pasti beragam ya, di Palembang sendiri banyak sekali tentunya penjual es kacang merah, di mana ada warung pempek atau restoran pempek pasti donk ada es kacang merahnya. Nah tidak afdol rasanya kalau pulang ke Palembang kalau makan pempek tanpa es kacang merah.

Jadi kalau boleh dibilang walaupun namanya es kacang merah, antara penjual yang satu dengan yang lain tidak sama rasanya. Ya beda-beda tipislah rasanya. Yang pasti es kacang merah yang enak itu kalau kacang merahnya empuk manis, susu kental manis serta sirupnya kerasa dan pastinya enak menggunakan es serut.

Terakhir makan es kacang merah ya beberapa bulan lalu ketika pulang ke Palembang, menyempatkan diri makan pempek dan es kacang merah. Nah tempat makan pempek favorit bapaknya Sophie namanya Memory.  Memory ini sudah ada sejak saya kecil, tetapi memang yang terkenal dari rumah makan Memory ini adalah mie ayamnya. 

Dulu suka sekali kalau dibelikan mie ayam di Memory ini, yang pasti jarang sekali makan mie ayam ini ketika kecil. Jadi ketika sudah besar, kalau pulang ke Palembang ya selalu mampir ke Memory. Dan menurut bapaknya Sophie yang bukan orang Palembang, dari beberapa tempat yang menjual es kacang merah, di Memory ini yang sesuai dengan seleranya.

Beda dengan adik saya, dia suka di tempat lain, tepatnya di rumah makan Vico, bisa lihat ulasan saya di kuliner Palembang. Nah itulah ya yang namanya selera, tidak sama. Kali ini saya buat es kacang merah khas Palembang yang mengira-ngira resepnya ala Memory, he he he, namanya juga mengira-ngira ya, paling tidak ya mirip-miriplah rasanya.

Biasanya kalau makan di Memory kami selalu memilih duduk di lantai 2, nah terakhir kami duduk di lantai 1, asyik bisa intip proses buatnya. Jadi yang saya lihat begini proses membuat es kacang merahnya, pertama siapkan mangkuk saji (ada yang menyajikan pakai mangkuk, ada yang pakai gelas), isi dengan kacang merah, kemudian tambahkan santan, beri sirup merah, lalu beri es serut yang sangat banyak, sampai menggunung, kemudian baru kucuri dengan susu kental manis (yang banyak juga) baru deh siap disajikan.
 
Di tempat lain ada juga yang menyajikannya dengan susu kental manis putih dan susu kental manis coklat. Nah kalau yang ini sih sesuai selera saja ya. Kalau untuk sirup merahnya sih saya rasa sih sirup gula biasa yang diberi pewarna merah. Hanya kali ini saya pakai sirup cocopandan saja.
 
Okey deh yang tertarik membuat es kacang merah khas Palembang ala ala saya, ini dia ya resepnya, silakan...
 
Es Kacang Merah Khas Palembang 

Bahan :
  • 250 gr kacang merah kering
  • 1 liter air
  • 100 gr gula merah, sisir (bisa campur dengan gula pasir)
  • 100 ml air
  • 65 ml santan instan
  • 1 lembar daun pandan, simpulkan
  • 100 ml air
  • sirup cocopandan secukupnya
  • susu kental manis secukupnya (bisa gunakan yang putih atau coklat atau keduanya)
  • es serut atau es batu

Cara membuat :
  1. Semalam sebelumnya, cuci bersih kacang merah, rendam dengan air sampai semua kacang merah terendam, ganti air rendaman sekitar 2 atau 3x
  2. Dengan pressure cooker, masak kacang merah dengan 1 liter air selama kurang lebih 30 menit sampai kacang merah empuk. (30 menit dihitung sejak panci presto diletakkan di atas kompor dan api dinyalakan) 
  3. Sementara itu, campur santan instan dengan daun pandan dan 100 ml air, masak hingga mendidih, sisihkan
  4. Masak gula merah dan 100 ml air hingga gula larut, saring dan sisihkan
  5. Ketika kacang sudah empuk, angkat kacang merah, ambil airnya kurang lebih 100ml
  6. Di panci campur kacang merah beserta airnya serta larutan gula merah, masak kembali hingga mengental
  7. Matikan api dan dinginkan, angkat, sisihkan

Untuk menyajikan :
Ambil mangkuk atau gelas saji, beri kacang merah kurang lebih 3 sendok makan atau sesuai selera, beri 1 sendok makan santan, beri 1/2 sendok makan sirup cocopandan, beri es serut yang banyak, kemudian kucuri dengan susu kental manis, beri lagi kacang di atasnya

es kacang merah brenebon
es kacang merah

Nah semoga resep es kacang merah khas Palembang ala ala saya ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya.
 


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.