Es Teler

resep es teler

Masih tema yang segar-segar yaitu es-es an, buat es teler lagi. Masih setia dengan es teler praktis dan dengan bahan yang sederhana. Hanya menggunakan nangka, alpukat, kelapa muda dan tentu saja air kelapa muda.

Ingat dulu pertama kali coba buat es teler ketika SD, wuih sudah lama sekali ya, dulu itu buat es teler di rumah guru wali kelas. Secara biasa ya kalau sudah kenaikan kelas begitu ada yang namanya pesta kelas. Hmmm karena gurunya suka memasak juga kali ya, jadi siswa perempuan mengerjakan semua bahan-bahan yang akan disajikan di pesta kelas tersebut.

Nah waktu itu seingat saya, saya kebagian mempersiapkan es teler dengan beberapa teman saya. Ya kami hanya menerima arahan saja, lalu apa yang harus dibawa ke rumah si ibu guru. Dan semua proses kami kerjakan di rumah si ibu guru.

Ternyata sabar sekali kan guru begini, anak-anak perempuan yang masih unyu-unyu diberdayakan membuat sajian sendiri untuk pesta kelas. Hmmm wajar juga ya, murid kelas 6SD memang seharusnya sudah sering membantu ibu di dapur.

Wuih betapa hebohnya kan, ada yang bingung, harus potong nangkanya bagaimana, trus alpukatnya diapakan? lalu kapan harus mencampurnya. Hmmm si ibu guru sangat sabar mengarahkan anak-anak muridnya ini. Nah lho untuk buat es teler saja heboh, bagaimana dengan makanan yang lain ya...rumah si ibu benar-benar amburadul deh.

Karena saya hanya kebagian tugas membuat es teler, tentu saya tidak tahu di bagian lain ya, jadi yang berkesan ya hanya es teler ini. Ya tentu saja yang saya ingat ya rasa-rasanya hanya rasa-rasa nangka dan alpukat yang kuat, dan pastinya manis karena ada susu kental manisnya juga.

Dan kalau makan es teler beli, ya tetap rasa nangka dan alpukat dan kelapa muda yang dominan, dengan tambahan susu kental manis yang aduhai banyaknya, sehingga saya terkadang merasa keblenger dengan manisnya.

Dulu pernah posting juga resep es teler praktis begini, ditambahkan melon dan sirup cocopandan juga. Dan walaupun enak dan segar pastinya, sepertinya selera saya yang begini saja, tanpa sirup, tanpa susu kental manis. Nangka yang manis sudah cukup memberi rasa manis alami. Nah apalagi kalau airnya menggunakan air kelapa muda di mana kelapa mudanya masih benar-benar muda.

Airnya benar-benar manis. Nah kalau beli kelapa muda kan biasanya si penjual sudah buka beberapa buah kelapa di bagian atasnya, jadi kalau kita buka, bisa intip ketebalan daging kelapa mudanya. Kalau mau air kelapa yang lebih manis, ya tentu saja pilih yang daging kelapa mudanya tipis saja. Rasanya akan sangat segar jika dibuat es teler tanpa ada tambahan gula dan susu kental manis.

Beda cerita kalau suka sekali dengan es manis begini ya, tanpa susu kental manis rasanya tidak afdol begitu, nah kalau yang ini kembali lagi kepada selera, silakan tambahkan susu kental manisnya. Duh yang puasa pasti suka deh kalau buka puasa dengan es teler yang segar begini. 

Nah sebenarnya sudah beberapa hari belakangan ini sudah mulai rencana buat es teler, hanya kok tidak berjodoh dengan nangka. Begitu lihat ada nangka di penjual buah langganan langsung deh beli. Cukup mahal harganya, perkilo 15 ribu, dengan kulit, biji dan ampasnya, he he he sudah terbayang kan nangkanya hanya seberapa.

Ketika lihat saya membersihkan nangka, bapaknya Sophie lihat dan minta direbuskan biji nangkanya. Mengenang masa kecil kali ya, dan saya pun bilang dulu juga saya kecil sering makan biji nangka rebus. Dan saya cerita juga kalau biji durian juga enak kalau direbus, dan saya bilang kalau saya lebih suka biji durian daripada biji nangka. Ternyata dia baru tahu kalau biji durian juga enak kalau direbus. Ai-ai tetapi kembali ke selera ya enak dan tidaknya.

Okey-okey kembali ke resep ya...ini dia, silakan

Es Teler
untuk 3-4 porsi

Bahan :
  • 1 buah kelapa muda ukuran cukup besar, ambil daging dan airnya
  • nangka secukupnya, kurang lebih 200 gr daging nangka
  • 2 buah alpukat ukuran sedang
  • es batu/es serut
  • susu kental manis secukupnya

Cara membuat :
  1. Potong dadu nangka dan alpukat, sisihkan sejenak
  2. Di mangkuk ukuran besar, campur air kelapa dan dagingnya, nangka dan alpukat
  3. Simpan di dalam kulkas supaya dingin dahulu
  4. Jika akan disajikan, ambil secukupnya, beri es serut atau es batu dan kucuri dengan susu kental manis
  5. Siap dinikmati
resep cara membuat es teler
es teler

Nah semoga resep es teler yang mudah dibuat ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera


NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Kalo mbak Monik ke Makassar,wajib cobain Es Teler depan Makam Panaikang.Asli enak banget,pake tambahan gula karamel,susu dan kacang disko.khmmm......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi hi hi....belum kepikiran mau ke Makassar mba Yuyu...
      catet dulu tapinya...siapa tau kapan2 ke sana...
      btw kacang disko itu yang gimana ya...

      Delete
    2. Kacang Disko itu.... Kacang yang dibalut adonan telur dan sedikit rempah, mbak Monik. Khas Makassar, rasanya enak banget, Gurih dan sedikit manis.Kapan-kapan saya praktek ya-))

      Delete
    3. oh itu toh...boleh2.. praktek ya...nanti aku intip resepnya di blognya mba Yuyu...hi hi hi nanti aku contek...jadi penasaran nih...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.