Resep Chocolate Chips Muffin

resep chocolate chips muffin
Kalau kehabisan stock resep terbaru, eits senangnya kalau masih ada yang nyantol di draft, seperti halnya resep chocochips muffin ini. Resep yang saya lupa, hmmm waktu itu pikir nanti dulu deh posting yang ini, sedang malas...eh ternyata numpuk juga akhirnya di antara posting yang lain.

Posting draft memang posting darurat ya, jadi kalau sempat diposting ya posting, kalau lupa ya sudah, kapan-kapan. Hmmm kalau dilihat fotonya memang rada aneh menurut saya, foto-foto yang saya ambil awal-awal belajar foto-foto dengan kamera baru, he he he...masih bingung-bingung dengan menu kamera, masih bingung dengan pencahayaan, dll yang penting dalam food photography, walaupun sekarang ya masih...ha ha ha...

Apalagi kalau yang namanya food styling ya, duh..susah sekali saya dengan yang satu ini, memadupadankan properti dengan objek foto. Pernah saya tersadar kalau ternyata ada beberapa foto saya yang gayanya sama..ha ha ha..jadi malu...

Kadang saya bingung juga kalau mau foto-foto, ya masih kalah sangat jauh deh dengan pakar-pakar food photography yang aduhai jagonya dengan hasil foto yang ciamik-ciamik. Hmmm sekarang yang penting dengan foto saya seadanya dan tidak bergaya, hanya berharap foto-foto hasil ujicoba saya paling tidak bisa menggiurkan bagi yang melihatnya..he he he..

Untuk resep chocolate chips muffin ini saya gunakan resep dari blognya mba Isna, Coba-coba Yuk - choco chips muffin. Resep asli dari blognya mba Hesti, makasih resepnya mba-mba. 

Kalau bicara muffin, maka tentu saja bagi saya membuat muffin ini sangat mudah, sekarang-sekarang lho ya, sejak saya sudah mencoba beberapa kali membuat muffin. Dulu pertama-pertama kali membuat muffin ya bermasalah juga, mulai dari muffin bantat..he he he...muffin tumpah ruah dari paper cup, jadi bentuknya aneh dan sangat jelek sekali.

Kalau baca-baca resep muffin kan pasti ada nih cara membuatnya, ketika mencampur bahan kering dan bahan basah, aduk asal rata, jangan berlebihan, kalau masih ada gumpalan tepung biarkan saja, nah dulu pikir, ah masa iya sih, trus nanti kalau matang ketemu gumpalan tepung ya tidak lucu donk ya, jadi mulai deh aduk sampai rata dan jadinya overmix sehingga muffin bantat..he he he

Okeh, ini yang namanya ngeyel kalau orang Jawa bilang ya..kalau kata Sule..dikandani ra percoyo.. kemudian dikatakan di resep isi 3/4 penuh, biasanya resep muffin begitu ya..nah pernah karena tanggung dengan adonan, akhirnya pernah isi sampai hampir penuh dan akhirnya meleber... sekali lagi deh..ngeyel..

Jadi memang pengalaman adalah guru yang terbaik kan, nah dari sana bisa belajar sendiri, dan pastinya belajar patuh dengan resep..apalagi kalau belum mahir...nah supaya ada gambaran sedikit tentang muffin, bisa lihat di tips membuat cake dan muffin dengan sukses.

Nah muffin sendiri sih pada dasarnya adalah cake yang adonannya tidak perlu menggunakan mixer electric, hanya butuh hand whisk atau spatula balon. Dikatakan muffin jika ditempatkan di dalam cup, atau juga dicetak dengan loyang muffin.

Terkadang saya suka juga membuat resep muffin menjadi resep cake ataupun sebaliknya, tentu saja berpengaruh di waktu panggang ataupun waktu kukus jika membuat muffin kukus. Untuk melihat beberapa resep muffin yang pernah saya coba, bisa lihat di kategori muffin ya.

Okey deh, berikut resep chocolate chips muffin yang saya buat, copy plek dari resep asli hanya rubah sedikit takaran coklat dan tepungnya, coklat bubuk saya tambahkan, tepung terigu saya kurangi.

Resep Chocolate Chips Muffin

Bahan :
  • 125 gr butter/margarin (saya gunakan margarin)
  • 50 ml susu cair
  • 2 butir telur ukuran sedang
  • 125 gr gula pasir
  • 200 gr tepung terigu (saya gunakan 175gr tepung terigu protein sedang/segitiga biru)
  • 20 gr coklat bubuk (saya gunakan 45gr coklat bubuk, merk tulip)
  • 1 sendok teh baking soda
  • 1 sendok teh baking powder
  • 150 gr choco chips
Cara membuat :
  1. Panaskan oven dengan temperatur 200 derajat Celcius, siapkan loyang muffin beri paper cup, atau gunakan paper cup yang cukup keras seperti yang saya gunakan sehingga tidak perlu lagi dimasukkan ke dalam loyang muffin
  2. Ayak tepung terigu,baking soda, baking powder dan coklat bubuk jadi satu, sisihkan
  3. Cairkan mentega bersama susu cair asal hangat jangan sampai mendidih, angkat
  4. Kocok telur dan gula dengan whisk asal gula larut, masukkan campuran tepung terigu, aduk rata sebentar saja asal rata (jangan overmix)
  5. Masukkan larutan mentega, aduk rata perlahan lalu tambahkan choco chip aduk rata.
  6. Tuang adonan ke dalam cetakan muffin/paper cup sampai 3/4 penuh.
  7. Panggang selama 25-30 menit hingga matang, lakukan test tusuk
  8. Keluarkan dari oven dan dinginkan

resep muffin coklat chocochips
muffin coklat chocochips

Okey deh semoga resep chocochips muffin ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...
NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Kalo dalam nya di kasih dark coklat meleleh pasti makin yummy hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas..setuju..pasti makin yummy deh muffinnya...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.