Bakwan Sayur dengan Ayam & Teri

resep ote ote
Gorengan mudah yang cukup sering saya buat dan bisa dimodifikasi bahan-bahannya, apalagi kalau bukan bakwan sayur, nah kali ini dengan ayam dan teri. Atau biasa disebut bala-bala ya kalau di daerah Jawa Barat, di Bandung pertama kali saya tahu kalau bakwan sayur sebutannya bala-bala, dan disantap dengan cengek. He he he baru datang dari Palembang, bingung juga dengan istilah baru seperti bala-bala dan cengek ini.

Eh sampai di Surabaya sudah beda lagi namanya, bakwan sayur disebut ote-ote. Nah yang khas tentang gorengan di Surabaya ini adalah ada pelengkap sambal petisnya selain cabe rawitnya. Hmmm terkadang saya suka menyantap ote-ote ataupun tahu isi dengan sambal petis, tetapi ada kalanya saya tidak suka. Angin-anginan selera saya dengan sambal petis ini.

Di Surabaya yang terkenal juga makanannya adalah rujak cingur ya, nah setelah tahu apa itu cingur, saya lama sekali baru mau makan yang namanya rujak cingur ini, hanya tentu tanpa cingur yang saya pesan. Dari segi rasa ya enak juga rujak cingur tanpa cingur ini, hanya beberapa kali saja saya beli, itupun kalau sedang ingin makan saja. Nah yang tidak pernah saya makan selama saya disana adalah lontong kupang, he he he, jadi sampai sekarang belum tahu deh rasanya. 

Kalau si Surabaya atau di Jawa Timur sangat mudah ya mendapati petis di pasaran, tidak seperti di Batam, selama saya di Batam, baru saya lihat ada yang jual petis itu di Carrefour. Tidak ada yang jual di pasar tradisional, ataupun di supermarket-supermarket. Atau saya saja yang kurang jeli ya, mencari di pasar tradisional, tetapi memang setahu saya di pasar dekat rumah memang tidak ada petis.

Kembali ke cerita bakwan sayur dengan ayam dan teri ini, sebenarnya saya mau buat tahu isi, atau tahu berontak atau tahu bunting kalau orang Palembang bilang. Beli tahu yang sudah digoreng di pasar, nah belinya kemarinnya lagi, simpan dulu di kulkas. Ealah tetapi ketika bahan sayuran sudah saya siapkan, saya merasa ada yang tidak beres dengan tahunya. Kok bau obat ya, dan saya coba cicip sedikit kok rasanya pahit. Hmm saya cium berkali-kali dan memang ternyata ada bau bahan kimia yang menusuk. Nah daripada bermasalah akhirnya saya buang saja deh tahu gorengnya.

Jadi saya bertanya-tanya apakah sudah mulai lagi nih pemakaian formalin pada tahu dan tempe, apakah penjual tahu dan tempe sudah mulai nakal lagi, kalau begini jadi mulai was-was nih. Hmm harus benar-benar paham nih ciri-ciri tahu yang berformalin atau tidak. 

Kalau baca-baca, memang tahu yang berformalin itu kenyal dan tidak mudah hancur, tahunya tahan berhari-hari tanpa busuk, hmmm sejak ada kejadian ini saya jadi tidak mau beli di tempat ini deh. Saya akan coba beli di tempat lain, sambil tetap waspada. Hmm ada-ada saja ya, isu tahu berformalin sudah reda, dan ternyata masih ada yang nakal juga.

Karena sayuran sudah disiapkan jadi akhirnya saya putuskan buat bakwan saja, nah resepnya sama dengan resep bakwan sayur dengan ayam dan keju ya, hanya kali ini saya ganti kejunya dengan teri, he he he...supaya tetap nendang rasa gurihnya. 

Okey deh, berikut resepnya ya, silakan 

Bakwan Sayur dengan Ayam dan Teri

Bahan :
  • 1 cup tepung terigu serbaguna/protein sedang
  • 1/4 cup tepung beras
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 buah wortel ukuran sedang, potong korek api atau parut kasar
  • 1 genggam penuh tauge
  • 1/4 bagian kol, iris halus
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 100 gr dada ayam cincang (tanpa kulit)
  • 50 gr teri, cuci bersih
  • 150 ml air

Cara membuat : 
  1. Campur tepung terigu dan tepung beras, garam dan merica bubuk kemudian tambahkan air, aduk rata
  2. Masukkan semua bahan, aduk hingga rata
  3. Panaskan minyak yang cukup banyak, tes rasa, ambil sedikit adonan goreng hingga matang, cicipi rasanya, tambahkan apa yang dirasa kurang
  4. Ambil sesendok demi sesendok adonan, goreng hingga matang dan kekuningan dengan api sedang sehingga bisa matang sampai ke dalam (pastikan jangan terlalu banyak sekali menggoreng, adonan harus terendam minyak semua)
  5. Angkat dan tiriskan
  6. Siap dinikmati selagi hangat
 
bakwan sayur renyah
bakwan sayur
Nah semoga resep bakwan sayur (bala-bala/ote-ote) dengan ayam dan teri ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semogas sesuai dengan selera ya. 


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.