Hummingbird Cake versi Muffin

resep hummingbird muffin
Mau coba buat hummingbird cake dalam paper cup (muffin), secara sedang malas pakai loyang-loyangan. Kalau buat versi muffin begini memang lebih mudah menurut saya dan bisa disajikan perbuah langsung begitu saja.

Hummingbird cake itu sih pada dasarnya adalah cake dengan isian pisang dan nanas, hmmm kombinasi buah yang menarik kan, lalu dicampur juga dengan kacang pecan, kemudian diberi frosting cream cheese. Wah semakin terbayang kan enaknya...hanya saja versi saya tetap tanpa kacang pecan, sebagai gantinya adalah kacang mete saja, lebih mudah didapatkan dan lebih murah pastinya. 

Untuk lebih jelas tentang nama dan sejarah hummingbird cake ini, silakan lihat di postingan saya terdahulu ya - resep hummingbird cake. Berikut resep dan cara membuatnya yang telah saya modifikasi dari resep asli milik bakerella.

Nah untuk versi muffin kali ini, nanas yang saya gunakan hanya saya cincang saja tanpa dihaluskan, saya ingin dapatkan tekstur nanas yang lebih berasa di muffinnya. Selain itu kacang mete tidak saya cincang, hanya dibagi 2 saja di daerah parting line kacang metenya. He he he..jadi ingat kalau bicara parting line, istilah yang sangat umum bagi industri moulding.

Yang tidak mau buat versi muffin, bisa gunakan versi loyang, kemudian bisa diberi frosting sesuai selera. Jadi seperti yang sudah-sudah sering saya lakukan, versi muffin dijadikan cake, versi cake dijadikan muffin, tidak masalah, hanya beda di waktu pemanggangan saja.

Kali ini saya hanya buat setengah resep saja ya...
Okey deh lanjut ke resep saja ya, silakan...

Hummingbird Cake Versi Muffin

Bahan :
  • 1 1/2 cup tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh baking soda
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 cup gula pasir
  • 2 butir telur ukuran sedang
  • 1/2 cup minyak goreng
  • 1/4 sendok teh kayumanis bubuk (kehabisan, jadi tidak pakai)
  • 1/2 sendok teh pasta vanilla
  • 1 cup nanas cincang, masak dengan 1 sendok makan gula pasir kurang lebih selama 10 menit
  • 1 cup pisang yang telah dilumatkan (kurang lebih 5 buah pisang barangan ukuran kecil)
  • 50 gr kacang mete sangrai (ukuran besar, tidak saya cincang, yang suka boleh dicincang)
 
Cara membuat : 
  1. Panaskan oven, set di suhu 175 derajat celcius
  2. Ayak tepung terigu, baking soda dan baking powder, kemudian campur dengan garam, aduk rata, sisihkan
  3. Di mangkuk ukuran cukup besar, kocok lepas telur, kemudian masukkan gula pasir, kocok dengan balloon whisk ataupun garpu sampai gula sedikit larut, tambahkan minyak dan pasta vanilla, aduk rata
  4. Masukkan campuran tepung ke dalam campuran telur, aduk cepat asal rata (jangan overmix), kemudian tambahkan nanas, pisang dan kacang mete, aduk rata sebentar saja
  5. Tuangkan ke dalam paper cup (atau cetakan muffin yang telah dialas papercup, atau loyang muffin yang telah dioles butter dan ditaburi tepung), isi sampai 3/4 penuh saja
  6. Panggang selama kurang lebih 25-30 menit sampai matang, lakukan test tusuk
  7. Keluarkan dari oven dan dinginkan
resep hummingbird cup cake
hummingbird cake versi muffin

Nah semoga resep hummingbird cake versi muffin ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya.

 
 

NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Mba...jgn pake ukuran cup donk. Aku gk punya cup ukuran. Pake gram aja...~Rini -medan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya neh mba yang ini masih pakai ukuran cup... belum coba lagi buat yang pakai ukuran gram, hmmm coba kalau mau mba Rini konversi ukurannya, bisa pakai patokan di sini http://www.monicsimplykitchen.com/2014/01/konversi-ukuran-cup-ke-gram-dan-ml.html

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.