Ikan Goreng & Sambal Cibiuk

Posting menu masakan harian yang sangat mudah sekali dulu ya, tidak apa-apa kan, resep ikan goreng saja dengan sambal cibiuk. Sambal yang menjadi favorit saya akhir-akhir ini. Setelah buat sambal cibiuk dulu, akhirnya karena mudah buatnya dan rasanya enak menurut saya maka tidak bosan dengan sambal cibiuk ini.

Apalagi kalau menggunakan cabai rawit merah atau sebutannya rawit setan, wuah makin pedas cetar menampar deh, tetapi diimbangi dengan tomat hijau yang renyah dan kemangi yang harum, belum lagi sensasi kencurnya yang aduhai...ha ha ha...

Tetapi memang menyantap sambal cibiuk ini memang segar, dan kalau buat sambal cibiuk siap-siap hidung meler dan berlinang air mata. Ini yang saya suka...walaupun ada juga yang bilang kalau masakan dibuat pedas, maka rasa yang lain akan tertutupi, hmmmm memang iya untuk beberapa masakan ya.

Nah kalau hanya ikan goreng yang hanya diberi kucuran jeruk nipis dan nasi putih hangat dengan sambal cibiuk ini, justru sambal pedasnya itu yang memberi rasa. Beda kali ya kalau menyantap sambal cibiuk dengan rendang atau pun mangut lele...ha ha ha..tidak nyambung.

Okeh-okeh kembali ke sambal cibiuk ini, sambal cibiuk ini sih rasanya akan makin mantap kalau bahan-bahannya diulek ya, hanya karena keseringan buat, jadinya malas kalau tiap kali harus mengulek, tangan suka pedas, aih aih malas kan kalau harus memakai sarung tangan juga kalau mengulek sambal. Akhirnya coba pakai chopper saja, karena pakai chopper kan bawang dan cabainya tidak halus sempurna, hanya dicincang saja, maka menurut saya tidak mengurangi rasanya.

Berikut resepnya ya, sama dengan resep sambal cibiuk yang dulu pernah saya tampilkan di blog ini, hanya yang kali ini saya buat dengan sedikit modifikasi.

Ikan Goreng & Sambal Cibiuk Khas Garut

Ikan Goreng

Bahan :
  • 1 kg ikan, bersihkan (saya gunakan ikan benggol, lihat bentuknya di pempek kulit)
  • 1 buah jeruk nipis ukuran besar
  • garam jika suka (saya tidak pakai)

Cara membuat :
  1. Kucuri ikan dengan jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 10 menit
  2. Goreng hingga garing, angkat, tiriskan

Sambal Cibiuk

Bahan :
  • 20 butir cabai rawit merah (atau gunakan cabai rawit hijau)
  • 2 buah tomat hijau, iris tipis
  • 3 cm kencur
  • 2 sachet terasi (@5gr), bakar atau goreng
  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 genggam daun kemangi
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok makan minyak panas 
  • gula pasir jika suka (saya tidak pakai)

Cara membuat :
  1. Jika menggunakan chopper, haluskan cabai, bawang, kencur dan terasi saja tidak sampai halus benar, masukkan ke dalam mangkuk
  2. Campur dengan tomat, beri garam, aduk rata, kemudian siram dengan minyak panas, aduk rata kembali
  3. Tambahkan daun kemangi, aduk rata
  4. Siap dihidangkan

Nah semoga resep sangat mudah untuk menu masakan harian berupa ikan goreng dan sambal cibiuk khas Garut ini tetap bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya.


NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Ngiler liat sambel dan ikannya.pasangan serasi,mbak Monic hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Yuyu, ikan gini memang mantap ya dipasangkan dengan sambal...he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.