Sup Ayam dengan Tahu, Bakso & Telur Puyuh

resep sup untuk anak
Ini jenis sup yang cocok buat anak-anak, sup yang simpel dan mudah dibuat pastinya, sup ayam dengan tahu, bakso dan telur puyuh. Dan standar pelengkap sup yaitu wortel dan kentang serta duo daun bawang daun seledri.

Saya jadi ingat nih kalau membahas sup yang ada wortel dan kentangnya, dulu teman sekolah saya pernah bilang kalau dia paling tidak suka wortel, dan saya tanya kenapa? padahal wortel kan enak, ada rasa manis-manisnya. Dan apa yang dia bilang, katanya wortel itu bau tanah..ha ha ha...dan saya tanya kalau kentang bagaimana, kan sama-sama tuh ditanam di tanah.

Dia bilang kalau kentang sih masih tidak begitu berasa bau tanahnya, jadi saya masih mau makan kentang, begitu katanya. Nah entahlah apakah sampai sekarang dia masih tidak suka wortel atau tidak, saya tidak pernah ingat mau bertanya tentang wortel ini.

Ya begini kalau masalah selera dan ketidaksukaan seseorang akan suatu bahan makanan dan kenapa tidak suka bahan-bahan tersebut. Ada yang hanya bilang tidak tahu ya, saya kok tidak suka dengan ini, rasanya aneh saja.

Nah ada juga nih sepupu saya yang paling tidak suka durian, setiap bau durian yang tajam dia pasti akan merasa mual. Hadeuh dulu ketika kami melakukan perjalanan naik mobil dari Palembang dengan tujuan Bali...semangat ya...jauh sekali dari Palembang ke Bali naik mobil.

Itu ketika kami masih sekolah, nah kebetulan sepupu saya itu memang tinggal di Palembang dan rencana mau pulang ke Bali liburan ketemu keluarganya. Hmmm dulu itu memang pilihan menggunakan mobil sendiri karena sekalian jalan-jalan dan bisa singgah-singgah ke beberapa kota di mana ada saudara-saudara orang tua saya.

Nah kalau yang namanya perjalanan dari Palembang ke Lampung, melewati daerah Ogan Komering Ilir, maka biasanya kalau sedang musim durian, di tepi-tepi jalan banyak yang jual durian dan pastinya harganya murah.

Jadi ketika berhenti mau beli durian, kami semua sebagai pecinta durian, langsung senang donk, yeay makan durian, tetapi karena sepupu saya sudah mulai ribut, dia bilang dia tidak tahan baunya, nanti kalau ada baunya dan sepanjang jalan dia mual dan muntah malah repot. Hmmmm akhirnya kami semua mengalah...batal beli durian, ya sudah bapak hanya bilang nanti kalau sampai Palembang lagi saja kita beli, sekarang tidak usah beli dulu. 

Nah sama juga dengan bapak saya, dia paling tidak suka dengan cempedak, jadi ketika musim cempedak, di pasar dan penjual buah banyak cempedak, kami tidak bisa beli cempedak, karena bapak saya paling anti dengan bau cempedak, jadi kalau ada cempedak bakalan bau sekali rumah. Jadi dimana kami bisa merasakan cempedak? ya paling di rumah tetangga..he he he...

Ha ha ha jadi setiap orang memang ada saja makanan yang tidak disukai dengan berbagai alasan, nah kadang terasa aneh kalau kita suka tetapi orang lain tidak suka. Dan lebih aneh lagi kalau kita tidak suka kok malah banyak orang yang suka, he he he... Jadi kalau menurut saya selera ya selera, tidak bisa dipaksakan.

Wuahaha...panjang lagi ceritanya, kembali ke resep sup ayam ini ya, berikut resepnya (pada dasarnya menggunakan resep sup kimlo, hanya beda di beberapa bahan)

Sup Ayam dengan Tahu, Bakso & Telur Puyuh

Bahan :
  • 1 buah dada ayam dengan tulang tanpa kulit (berat kurang lebih 300gr)
  • 1500 ml air
  • 15 butir telur puyuh rebus
  • 15 butir bakso ikan
  • 5 buah tahu putih ukuran 4x4cm, potong 2 masing-masing
  • 2 buah kentang ukuran sedang, potong-potong
  • 2 buah wortel ukuran sedang-kecil, potong-potong
  • 2 batang daun bawang, iris
  • 3 batang daun seledri, iris
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong kecil atau cincang
  • 5 siung bawang putih, cincang
  • 1 sendok makan kecap ikan
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh garam (sesuaikan dengan pemakaian dan rasa kecap ikan yang asin)
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
  1. Rebus dada ayam hingga ayam matang dan air kaldu mendidih, angkat ayam, suwir-suwir dan masukkan kembali ke air kaldu berikut tulangnya
  2. Tumis bawang putih sampai harum dan kekuningan, masukkan bawang bombay, tumis hingga harum dan tansparan, beri merica bubuk, aduk rata, masukkan tumisan bumbu ke dalam panci berisi air kaldu
  3. Masukkan wortel dan kentang, masak hingga wortel dan kentang empuk
  4. Tambahkan bakso ikan, telur puyuh, tahu, daun bawang dan daun seledri, serta kecap ikan, aduk rata perlahan supaya tahu tidak hancur
  5. Masak kembali hingga kaldu mendidih, cicipi rasanya, tambahkan garam dan merica bubuk jika dirasa perlu
  6. Angkat dan siap dihidangkan

Nah semoga resep sederhana, mudah dan cocok untuk makanan anak ini, resep sup ayam dengan tahu, bakso dan telur puyuh ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera.


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.