Telur Asin Ayam Homemade

cara membuat telur asin ayam homemade
Penasaran juga, akhirnya saya coba deh buat telur asin sendiri dengan menggunakan telur ayam dan dengan cara yang sangat mudah. Walaupun hasilnya sangat aneh di kuning telurnya, tidak cantik seperti telur asin bebek pada umumnya dan tidak secantik telur asin yang saya contek resepnya, he he he...ya paling tidak pernah mencoba.

Resep telur asin ini saya gunakan resep telur asin homemade mba Lynda Maitimu - Real Kitchen NL. Terima kasih resepnya mba...sangat mudah dan dari segi rasa, memuaskan. Jadi kalau sedang ingin buat telur asin sendiri sudah bisa nih sekarang.

Nah saya pikir kenapa telur asin saya bentuknya aneh karena telurnya bukan telur segar kali ya, telur ini sudah beberapa hari saya beli di pasar. Nah di pasar sendiri entah sudah berapa lama umurnya. Karena saya punya idenya beberapa hari sebelumnya dan sudah siap beli telur dan garam kasar, tetapi malas melanda akhirnya tertunda. Dan rasanya malas kalau harus ke pasar lagi, dan telur yang saya buat telur asin ini hanya sedikit, 8 butir telur saja.

Untuk pembuatan telur asin ini sendiri sih membutuhkan waktu 2 minggu, dan setiap hari sih sebaiknya air garamnya diaduk, dengan terlebih dulu mengeluarkan telurnya. Nah karena saya lupa, baru ingat kalau buat telur asin, di hari ketiga baru saya aduk. Kemudian, baru ingat lagi di hari ketujuh, sekalian penasaran saya coba deh rebus satu butir di hari ketujuh itu. Dan ternyata belum berasa asin sekali, hanya rasa asin yang sangat tipis.

Hmmm akhirnya saya lupa kembali kalau saya punya telur asin, ingatnya setelah 2 minggu lebih satu hari. Nah tanpa coba-coba lagi ya saya rebus semua saja sisa 7 butir telurnya. Dan hasilnya tada..seperti tampak pada gambar, he he he...tetapi rasanya sudah persis telur asin biasa beli, hanya memang tidak seasin yang biasa beli. Nah standar saya sudah cukup.

Jika mau lebih asin lagi sebaiknya memang setelah 2 minggu ditest kembali rebus satu atau 2 butir, kalau kurang asin, lanjutkan merendam telurnya, jika terasa asin sekali maka cukup rendam telur asin sebelum direbus dengan air dingin selama beberapa jam. Ups...itu tips dari mba Lynda tentunya...yang sudah beberapa kali buat telur asin ini.

Okey yang mau coba, berikut cara membuatnya ya...

Telur Asin Ayam Homemade

Bahan :
  • 20 butir telur ayam (saya gunakan 8 butir)
  • 1 kg garam jenis apa saja (saya gunakan 400 gr garam kasar)
  • air secukupnya (saya gunakan 500ml)

Cara membuat :
  1. Cuci bersih telur ayam, jangan menggunakan air hangat, lalu tiriskan
  2. Masukkan air ke dalam wadah, isi setengah bagian saja yang sekiranya pas untuk jumlah telurnya, lalu tuangkan garam, aduk hingga rata dan garam mulai larut
  3. Masukkan telur satu persatu sampai telur benar-benar terendam air garam
    telur asin ayam homemade
    cara membuat telur asin homemade
  4. Tutup wadah
  5. Setiap hari aduk air garamnya dengan terlebih dahulu mengeluarkan telur satu persatu supaya telur tidak pecah
  6. Masukkan kembali telur ke dalam air garam, tutup kembali wadah
  7. Setelah kurang lebih 2 minggu telur asin bisa dikeluarkan dari air garam, tes terlebih dahulu 1 atau 2 butir dengan cara merebusnya untuk mendapatkan rasa asin yang diinginkan, jika kurang asin tambahkan waktu perendaman, jika terlalu asin, rendam telur dengan air dingin selama beberapa jam

Nah semoga resep mudah cara membuat telur asin ayam homemade ini tetap bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya.
 



NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Hallo Mba Monic, sekedar info saja. Setelah saya lihat hasil dari telur tersebut setelah di rebus seperti rebusnya agak lama ya Mba? Dalam resep saya tersebut mohon maaf saya juga lupa menuliskan lama waktunya merebus telur asin itu. Saya merebusnya kurang lebih 5-10 menit saja, agar kuning telurnya bisa berminyak...
    Pastinya setelah beberapa kali bikin kita bisa menemukan hasil yang memuaskan. Telur yang pertama kali saya buat juga kuningnya agak keras karena merebusnya agak lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Lynda,
      he eh mba kayaknya memang lama deh saya rebus telur asinnya, he he he...
      Oh ternyata begitu ya mba, ga boleh terlalu lama direbus, sippp deh kalau begitu...
      wah terima kasih sekali ya mba tambahan tipsnya....big hug*...
      Lain kali kalau buat lagi saya akan coba kurangi waktu rebusnya...

      Terima kasih mba Lynda...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.