Lumpia Ubi Jalar - Monic's Simply Kitchen

Sunday, September 20, 2015

Lumpia Ubi Jalar

resep lumpia manis ubi jalar
Masih cerita memberdayakan (terpaksa) semua isi kulkas, akhirnya snack lumpia ubi jalar orange ini saya buat. Ada stok kulit popiah atau kulit spring roll pasrty di freezer, tadinya mau buat lumpia sayuran saja, eits tapi ada ubi jalar orange, hmm pakai ini saja. 

Jadi mulai kemarin dan hari ini sibuk membersihkan kulkas, terutama freezer, mulai mengolah ikan dan ayam, memasak dengan bumbu-bumbu sampai hanya menggoreng saja. Duh begini repotnya kalau kulkas rusak di akhir pekan.

Ternyata lumpia manis isi ubi jalar ini enak, walaupun sederhana dan sedikit sekali bahan yang digunakan, nah sepertinya resep ini bisa jadi resep andalan he he he...secara ternyata saya suka, Sophie suka dan bapaknya Sophie suka juga.

Ubi jalar ini yang saya gunakan yang kulitnya merah dan dalamnya berwarna orange. Kalau di Palembang ubi jalar kita bilang ubi selo. Hmmm tidak jauh dari telo ya. Dulu kalau ada ubi selo di rumah paling hanya dibuat jadi kolak saja oleh ibu saya, atau digoreng begitu saja. Tidak pernah buat yang aneh-aneh, bahkan buat pempek godo-godo saja tidak pernah , he he he...jadi baru-baru ini saja saya mencoba membuat pempek godo-godo sendiri, nah yang penasaran dengan pempek godo-godo yang berbahan dasar ubi selo atau ubi jalar ini, silakan lihat di pempek godo-godo khas Palembang ya, dijamin selain mudah juga enak, he he he..


resep lumpia ubi jalar orange
lumpia ubi jalar

Untuk isinya ini, ubi jalarnya saya rebus saja, kalau mau bisa dikukus kok. Kemudian karena saya cicipi rasanya kok kurang manis, akhirnya saya tambahkan gula halus, tetapi tidak terlalu banyak, jadi manisnya samar saja. 

Berikut resepnya ya, silakan...

Lumpia Ubi Jalar
untuk 15 buah
 
Bahan :
  • 350 gr ubi jalar orange
  • 2 sendok makan gula halus
  • 30 lembar kulit popiah atau spring roll pastry kecil ukuran 12.5cmx12.5cm
  • minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat :
  1. Kupas ubi jalar, lalu kukus atau rebus sampai lunak, tiriskan airnya, haluskan dengan garpu
  2. Tambahkan gula halus, aduk rata, cicipi rasanya, tambahkan gula jika dirasa kurang manis
  3. Ambil 2 lembar kulit popiah, letakkan di salah satu ujung, lipat bentuk amplop, kemudian gulung dan rekatkan tepinya dengan air
  4. Lakukan sampai selesai 
  5. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sebelumnya dengan api sedang, usahakan ketika digoreng lumpia terendam minyak
  6. Goreng hingga kecoklatan dan garing, angkat dan tiriskan
  7. Siap dinikmati kala hangat

resep ubi jalar spring roll
spring roll ubi jalar

Nah semoga resep lumpia ubi jalar atau ubi selo ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...

2 comments:

  1. Glek...kalo liat gorengan gini pingin rasanya nyomot 1-2 biji hehe...tapi lagi kena radang tengorokan kepaksa cuma ngeces doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakak, untung jarang neh aku kena radang tenggorokan, jadi liat gorengan embat ga cuma ngeces doank..he he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon