Puff Pastry Mangga

resep pie mangga puff pastry
Ceritanya sedang iseng ingin makan puff pastry, nah ada mangga juga, jadi deh puff pasrty mangga ini, hanya kali ini mau buat yang ringkas dan cepat saja, jadinya pakai loyang pie saja, makanya puff pastry ini jadinya pie mangga dengan kulit puff pastry instan deh.

Nah karena membuatnya dengan kulit puff pastry instan tentu bukan hal yang sulit ya, karena tidak membuatnya dari awal, secara menurut saya kalau membuat kulit puff pastry sendiri adalah suatu perjuangan. Hmmm mungkin karena saya termasuk orang yang pemalas eh bukan tidak rajin saja...he he he...

Kalau mau buat versi mini, maka bisa saja menggunakan cetakan muffin ya, jadi kulit puff pastry dipotong persegi kecil kurang lebih seukuran loyang muffin. Prinsipnya sama dengan membuat yang versi pie besar ini.

Untuk kulit puff pastry instan ini, seperti biasa saya menggunakan merk Edo, secara selama ini hanya merk ini yang bisa saya temukan di Batam, jadi biasanya kulit pastry ini bisa ditemukan di swalayan yang juga menjual makanan beku seperti nugget ataupun sosis atau kentang beku atau juga kulit popiah/spring roll pastry. Jadi silakan mencari di freezer di daerah makanan beku ya. Nah jika penasaran dengan kemasannya bisa lihat di postingan saya cheese stick dengan puff pastry instan.

Untuk mangganya sendiri bisa menggunakan mangga jenis apa saja yang termasuk mangga manis dan matang ya, bukan mangga rujak, he he he... Nah untuk pemakaian gula disesuaikan dengan tingkat kemanisan mangga dan selera juga.

Okey, lanjut ke resep, silakan...

Puff Pastry Mangga

Bahan :
  • 1 lembar kulit puff pastry instan ukuran 20x20cm
  • 1 buah mangga manis ukuran besar
  • 3 sendok makan gula pasir (sesuaikan dengan selera)
  • 1 sendok teh jus lemon (optional)

Bahan olesan : aduk jadi satu
  • 1 kuning telur
  • 1 sendok teh susu cair
  • 1/4 sendok teh madu

Cara membuat :
  1. Siapkan dulu isian mangga, potong dadu mangga, campur dengan gula pasir, masak hingga mangga lunak, cicipi rasanya, sesaat sebelum diangkat, tambahkan jus lemon, aduk rata, sisihkan
  2. Ambil satu lembar kulit puff pasrty, jika dalam keadaan beku, biarkan di suhu ruang sampai melunak (letakkan kulit puff beku di atas alas bertabur tepung tipis ketika proses ini)
  3. Panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius
  4. Siapkan cetakan pie, gilas kulit puff pastry dengan ukuran lebih besar dari diameter loyang pie
  5. Letakkan kulit puff ke dalam loyang pie, isi dengan isian mangga, tutup keempat sisi (lihat gambar)
  6. Olesi permukaan kulit puff pastry dengan bahan olesan
  7. Panggang selama kurang lebih 20 menit sampai permukaan keemasan dan kelihatan kering
  8. Keluarkan dari oven dan dinginkan
  9. Potong-potong sesuai dengan selera

resep puff pastry mangga
membuat puff pastry mangga


Nah semoga resep puff pastry mangga dalam loyang pie ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...

resep puff pastry mangga
puff pastry mangga (pie)




NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Replies
    1. he he he..iseng itu mba...pas ada stok semua bahan..jadi deh...

      Delete
  2. Replies
    1. iya mas Cumi, seger mangganya dipadukan dengan kulit pastry yang renyah jadi mantap rasanya he he...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.