Roti Asin Sosis Tanpa Ulen

resep roti asin tanpa ulen
Kalau dilihat bentuknya ini sih maunya caterpillar bread, tetapi apa daya, setelah jadi baru sadar kalau salah di proses memotong adonan rotinya, ha ha ha..jadinya roti asin sosis saja deh. Masih tetap ya dengan resep roti andalan saya..apalagi kalau bukan resep roti tanpa ulen ala sangjin ko....he he he..sungguh terbantu deh jika ingin buat roti tanpa susah payah.
 
Pantas saja, kok begitu sudah saya bentuk rotinya dan saya letakkan di loyang, kok rasanya aneh deh bentuknya, kenapa tidak rapi ya, hmmm tetapi saya belum sadar kesalahannya, nah ketika sudah mengembang, makin kelihatan anehnya, tetapi tetap belum sadar juga.
 
Nah lho ketika sudah matang dan bandingkan dengan roti caterpillar yang saya buat sebelumnya di resep roti tanpa ulen ala sangjin ko, baru deh tersadar kalau saya salah potong...wakakak...harusnya potongnya di bagian terluar sosis, bukan di sambungan adonan....sok pede sih tanpa lihat-lihat lagi cara membuatnya.

roti asin
roti asin sosis
Belakangan ini memang saya sedang suka buat roti-rotian, baik roti asin dan roti manis dan sepertinya masih ada lagi jenis roti lain yang mau saya buat tetapi tetap maunya resep roti tanpa ulen saja, selagi belum ada mixer roti. Nah dulu pernah kursus buat roti yang diadakan bogasari, wah mudah sekali memang kalau membuat roti dengan mixer, roti dengan mudah kalis elastis tanpa repot.

Nah dari kursus yang saya dapat itu ilmunya yang tetap saya gunakan sampai sekarang adalah cara membulatkan adonan roti sehingga adonan mulus, lalu beberapa saya ingat cara membentuk roti. He he he tenyata asyik deh membentuk roti itu. Dan yang paling asyik adalah ketika mengeluarkan roti dari oven, roti mengembang dengan cantiknya..uhuy...

Dulu itu bela-belain kursus di Palembang, he he he tidak juga sih..sekalian pulang juga. Jadi saya sudah daftar dari Batam, dan ternyata hari yang saya minta kursusnya dibela-belain juga sama orang kursus bogasarinya, karena tahu saya dari Batam, ah baiknya..

Jadi saya waktu itu ternyata sendirian saja, uhuy, private donk ya. Waktu itu belajar buat roti tawar, roti manis dan donat. Ternyata banyak juga bahan yang digunakan, hasilnya jadi banyak sekali. Hmmm ketika rotinya pada matang semua, dibilang oleh pengajarnya, kalau roti bisa dibawa pulang, wuahhhh banyak sekali, akhirnya saya bilang, saya bawa separoh saja ya, banyak sekali kalau semua. Tetapi pengajarnya bilang kalau dia sudah bosan sekali makan roti.

Ya tetap saya memaksa, nanti bagi-bagi saja, akhirnya walaupun dengan porsi separoh ya tetap banyak, nah begitu sampai rumah saya tebarkan roti di meja, foto-foto dan pamer kepada orang-orang terdekat, he he he. Dan untungnya ada teman yang berkunjung ke rumah, jadi bisa dibagi-bagi juga.
 
Kembali ke roti sosis ini, resepnya sama dengan resep roti mini keju, roti pizza mini, jadi bisa lihat resep rotinya di sana ya, dan cara membuat roti sosis ini ada di roti lembut tanpa ulen Sangjin Ko -roti caterpillar.

roti asin sosis tanpa ulen sangjin ko
roti sosis
Nah semoga postingan saya tentang roti asin sosis (caterpillar bread yang tidak jadi ini), tetap bisa bermanfaat ya, jangan bosan-bosan ya dengan roti-rotian yang saya buat..he he he...selama belum ada mixer roti, tetap deh pakai resep roti tanpa ulen dan tanpa telur di adonannya ini.

Oh iya yang mau coba roti metode water roux /tangzhong bisa juga kok lihat resepnya di roti mini abon dan roti kismis landak, kalau sedang rajin menguleni atau punya mixer roti bisa juga coba resep ini kalau penasaran dengan metode tangzhong.
 
 


 
 
 
 
 
 
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.