Ayam Goreng Kalasan

resep ayam goreng kalasan

Ayam goreng kalasan memang jenis makanan yang cukup jarang ditemui di Batam, ada nih penjual ayam kalasan yang saya temui baru-baru ini ketika sedang bingung celingukan cari makan di sepanjang jalan komplek perumahan sebelah. 

Cukup senang ketemu dengan menu ayam kalasan ini, sudah lama sekali tidak makan, hmmmm biasa kalau beli makanan begini saya biasa bungkus saja tidak di tempat, he he he secara memang perginya sendiri saja. 

Nah yang jualan adalah 2 orang lelaki, hmmm sempat kaget lho kok mereka berbicara bahasa Padang ya...benar tidak nih ayam kalasan. Tetapi begitu dirasa ya benar kok memang ayam kalasan, bukan ayam goreng padang. Sempat cerita ke bapaknya Sophie tentang penjual ayam kalasan ini. Bapaknya Sophie hanya bilang mungkin mereka sempat tinggal di Jawa tuh, makanya bisa jualan ayam kalasan.

Belum pernah coba buat ayam goreng kalasan sendiri, nah ketika ingin makan lagi, maka tinggal eksekusi saja deh. Sebelumnya memang sudah pernah coba buat ayam bakar kalasan, pakai resepnya mama Aisyah. Jadi tinggal dimodifikasi sedikit resepnya, jadi deh ayam goreng kalasan ini.

Kali ini tetap tidak pakai air kelapa untuk mengungkep ayamnya, secara malas saya mencari air kelapa di penjual kelapa pasar. Mereka sempat menolak untuk membuka kelapa lagi dengan alasan sudah banyak kelapa yang dibuka dan diparut. Ah daripada ditolak lagi, gunakan saja santan lagi. Lebih baik gunakan santan deh daripada air kelapa muda seperti yang saya gunakan di resep dendeng batokok, air kelapa muda menjadikan rasa dendeng sangat manis.

Okey deh langsung ke resep saja ya, silakan....

Ayam Goreng Kalasan

Bahan :
  • 1 kg ayam, potong sesuai selera
  • 2 buah jeruk nipis
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 batang serai bagian putihnya, memarkan
  • 65 ml santan instan
  • 300 ml air
  • 1 sendok makan gula merah sisir
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok teh garam
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus :
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 2 sendok teh ketumbar butiran, sangrai

Cara membuat :
  1. Cuci bersih daging ayam, buang kulitnya jika tidak suka berkulit, lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 20 menit, bilas
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan lengkuas dan serai, aduk sebentar hingga harum
  3. Masukkan daging ayam, aduk rata dan masak hingga daging ayam berubah warna
  4. Tambahkan air, beri garam, merica bubuk dan gula merah, aduk rata, masak hingga mendidih
  5. Tambahkan santan, aduk rata dan masak hingga kuah menyusut
  6. Angkat dan goreng dengan minyak panas yang cukup banyak sampai kecoklatan
  7. Angkat dan tiriskan
  8. Siap dihidangkan

Nah untuk sambalnya bisa gunakan sambal terasi biasa, atau sambal favorit, kali ini saya gunakan sambal nanas khas Palembang, tidak nyambung ya...tetapi enak kok...he he he...


ayam goreng kalasan
ayam goreng kalasan

Okey deh silakan mencoba resep ayam goreng kalasan ini ya, siapa tahu cocok sesuai dengan selera, dan suka dengan rasanya...
NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Ngiler liat ayam goreng dan sambelnya,mbak Monic;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. He eh mba....itu sambelnya kali juga yang nambah buat ngiler...he he he...

      Delete
  2. haduuuhh...langsung ngebayangin makan ayam kalasan sama nasi anget. Langsung kemruyuk ni perut hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba..nih enak banget deh makan ayam kalasan pake nasi anget..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.