Ayam Pop Tulang Lunak

resep ayam pop tulang lunak

Ini kali kedua buat ayam pop sendiri, nah yang ini mau buat versi tulang lunak, makanya masaknya kali ini pakai pressure cooker. Nah pakemnya ayam pop kan tidak pakai panci presto ya, dan biasanya pakai ayam kampung. 

Nah yang khas dari ayam pop itu juga sambalnya, ternyata menikmati ayam pop ada sambal khusus, bukan pakai sambal biasa di hidangan minang lainnya, yaitu sambal lado hijau. Dan ternyata memang pas rasanya menyantap ayam pop dengan sambal merah khasnya ini.

Kalau bicara ayam pop, memang tidak semua restoran minang atau warung nasi padang menyediakan menu yang namanya ayam pop ini. Kenapa ya? apa tidak begitu banyak peminat ayam pop dibanding rendang, dendeng, ayam bakar dan gulai tauco ya?

Tetapi memang ada sih rumah makan padang yang suka menempelkan pengumuman untuk menu-menu langka dan jarang dibuat. Misalanya, hari ini ada sup, sedia tunjang, ada ayam pop...he he he, itu yang saya sering perhatikan ada rumah makan padang yang begitu.

Ayam pop ini sih sudah saya buat beberapa hari lalu, kebetulan sekali, iseng tanya penjual bumbu dan kelapa parut di pasar, tanya ada jual air kelapa tidak, penjualnya bilang tidak, tapi kalau mau ya diberi saja. Mau nih katanya? boleh kalau bisa kata saya....okeh saya ambilkan begitu kata penjualnya, aih senang donk ya, dapat air kelapa gratis.

Hmmmm sekalian jadinya belanja bumbu-bumbu saja di penjual ini, kan dia sudah baik hati, jadinya dia juga senang karena saya juga belanja. Hmmm dengan senang saya pulang dan siap sedia membuat ayam pop ini.

Resepnya sama saja seperti resep ayam pop yang terdahulu, hanya yang ini menggabungkan caranya dengan ayam goreng tulang lunak yang pernah saya buat juga. Ini sih hanya penasaran saja memodifikasi resep ayam pop.

Yang mau buat ayam pop klasik, bisa skip proses memasak dengan panci presto, masak biasa saja, toh tetap enak kok hasilnya. 

Wokeh, kita lanjut ke resep yak, ini dia resep ayam popnya, silakan...


Ayam Pop Tulang Lunak 

Bahan :
  • 1 kg ayam, potong sesuai selera 
  • 2 buah jeruk limau
  • 1 sendok teh baking powder
  • 5 lembar daun salam untuk mengalas panci presto
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai bagian putihnya, memarkan
  • 750 ml air kelapa
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 1 sendok teh garam

Bumbu halus :
  • 8 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 cm jahe
  • 3 cm lengkuas
  • 5 butir kemiri sangrai
  • 1 sendok teh ketumbar butiran, sangrai
  • 1/2 sendok teh merica butiran, sangrai

Cara membuat :
  1. Bersihkan ayam, buang kulit dan lemak yang menempel, cuci bersih, lumuri dengan air jeruk limau (atau bisa gunakan jeruk nipis), diamkan selama 20 menit, bilas
  2. Lumuri secara merata permukaan ayam dengan baking powder, diamkan selama kurang lebih 30 menit di suhu ruang
  3. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan serai, daun salam dan daun jeruk, aduk rata, masak hingga daun layu, dinginkan sejenak
  4. Lumuri permukaan ayam dengan bumbu secara merata, diamkan lagi selama kurang lebih 30 menit
  5. Tata daun salam di dasar panci presto, masukkan potongan ayam, kemudian tuangkan dengan air kelapa
  6. Masak dengan api besar selama kurang lebih 45 menit sampai 1 jam sejak api dinyalakan
  7. Angkat dan dinginkan, biarkan hingga tutup bisa dibuka
  8. Ambil potongan ayam secara perlahan, goreng dengan minyak panas sebentar saja asal permukaan kecoklatan
  9. Angkat dan tiriskan, siap dinikmati dengan nasi hangat, lalapan dan juga sambal

Yang mau membuat ayam pop tanpa panci presto, silakan lihat di resep ayam pop ya, hilangkan baking powder dari resep.


Sambal Ayam Pop

Bahan :
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 10 butir cabai rawit merah
  • 1 bauh tomat ukuran sedang
  • 10 butir bawang merah
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 buah jeruk limau
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
  1. Rebus semua bahan hingga lunak, angkat, haluskan
  2. Tumis hingga harum, beri garam dan cicipi rasanya
  3. Sesaat sebelum diangkat kucuri dengan air jeruk limau, aduk rata
  4. Angkat dan siap disajikan bersama ayam pop 

ayam pop dengan pressure cooker
ayam pop presto

Yang mau mencoba membuat ayam pop tulang lunak dengan panci presto atau pressure cooker ini, silakan ya, semoga resep ini bermanfaat...siapa tahu pas dengan selera..
Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. aduh biyuuunnggg...itu pic bawah, nasi belepotan sambel bikin ngiler. Asli.
    eh aku kalo ngangkat ayam dari presto suka senewen deh, takut ancur juga hihi....
    Trus kalo ke RM Padang, jarang juga pesen ayam pop. Mesti pesen rendang hihi.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi hi.... itu pic bawah selain buat ngilerin pembaca, juga buat motivasi sendiri mba kalau mau buat ayam pop lagi kudu sama sambel sekalian...
      he eh mba Rina, pokoknya mah memang harus hati2 deh ngangkat ayam dari presto, tiba2 bagiannya lepas ketinggalan di panci, he he he...
      nah tuh dia kali ya mba, jarang yang pesen ayam pop, jadinya jarang RM padang jual ayam pop, di sini jarang banget yang jual lho mba, dari sekian banyak RM padang berserakan di seantero negeri Batam ini, dari yang megah hingga yang nyempil...

      Delete
  2. Langsung tak bookmark resepnya mba Monica ... ngencessssss tenan ....

    ReplyDelete
  3. silakan mba Lys... masuk antrian neh resep he he he....

    ReplyDelete
  4. Aku bookmark resepnya mbak Mon... kalo masak ayam spt ini pasti anak2ku suka.
    Yang repotnya cari warung yang jual air kelapa. Syukur2 kalo ada yang kasi gratisan he.he..Soalnya jarang beli kelapa sih... pake air kelapa muda bisa gak mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mba Lenny...
      iya, di sini sih susah2 gampang cari air kelapa, kalau pas ada yang memang gratis he he he
      pakai air kelapa muda bisa sih hanya mungkin campur air deh soalnya kalau semua kayaknya bakal kemanisan rasanya, tapi kalau suka manis ya gapapa mba.. malah bagus he he he..
      aku pernah buat dendeng batokok tapi pakai air kelapa muda, karena ga ada air kelapanya, jadi kemanisan rasanya...padahal ga pake gula

      Delete
  5. Duh suka banget ayam pop, apalagi ayam pop Rm sederhana. Tapi sekali makan 20rban ayam nya imut banget, 1 potong nggak cukup. Hehe

    Btw tentang air kelapa, mungkin diganti pake air kelapa kemasan yang banyak iklannya di tv itu loh, hydrococo. Sempet browsing isinya 97% air kelapa asli + ditambah gula sedikit. Kebetulan besok mau bikin ayam bakar bumbu rujak pake hydrococo itu (secara susah nyari air kelapa baru buka dari kelapa langsung), semoga aja sukses. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ayam pop rm sederhana enak ya, tapi ya itu imutnya itu..hehehe

      wah terima kasih infonya, sangat bermanfaat..kapan2 coba pakai hydrococo ini
      terima kasih sudah mampir ya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.