Resep Tahu Gejrot

resep tahu gejrot asal cirebon

Resep tahu gejrot ini termasuk resep yang sudah lama masuk dalam resep tunggu yang akan saya coba, nah entah kenapa kok lama sekali saya coba buat tahu gejrot ini. Cara membuat tahu gejrot ternyata sangatlah mudah, dengan bahan sederhana saja dan ternyata rasanya aduhai lezatnya. Tentu bagi penyuka tahu dan penyuka pedas serta penyuka hidangan segar begini.

Kalau baca-baca, tahu gejrot ini asalnya dari Cirebon, nah kalau makanan dari Cirebon memang tidaklah sepopuler makanan yang lainnya di Batam ini, jadi selama ini saya belum pernah makan yang namanya tahu gejrot, sama halnya dengan empal gentong. Nah kalau mau mencoba ya berarti memang harus buat sendiri. Setelah empal gentong dibuat, sekarang tahu gejrot. 

Nah tahu gejrot ini ada yang namanya kuahnya yang terdiri dari rebusan air dan gula merah serta kecap manis dengan ditambah bumbu halus, dan ada juga bumbu yang ditumbuk kasar. Dan kalau saya bilang kok kuahnya mirip-mirip cuko pempek ya, hanya kurang gurih karena tidak pakai ebi, tetapi tetap enak, he he he..

Sejak dulu saya memang suka tahu, jadi ketika mencoba menyantap tahu gejrot ini tentu saja saya suka rasanya, apalagi saya buat pedas, nah lho makin mantap kan. Karena di rumah hanya saya yang makan pedas sekarang, jadinya saya sendiri yang menyantap tahu gejrot ini. Jadi hanya buat sedikit saja, duh kok rasanya kurang, tidak berasa, he he he... padahal satu porsi seperti tampak di foto ini saya santap sendirian....waduh..

Nah karena baru coba, maka tentu ada resep panduan, tidak ujug-ujug bilang kalau ini resep saya, he he he, walaupun saya modifikasi resepnya. Resep ini saya adaptasi dari resep tahu gejrot mba Siswaty Elvin Bachtiar - cookpad. Terima kasih resepnya mba...

Okey deh yang belum pernah menyantap tahu gejrot dan mau coba buat sendiri, berikut resep dan cara membuatnya ya, silakan...

Tahu Gejrot

Bahan :
  • 8 buah tahu goreng, potong 2 masing-masing (saya beli tahu yang sudah digoreng)

Bahan kuah :
  • 200 ml air
  • 50 gr gula merah, sisir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan asam jawa
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 2 siung bawang putih 
  • 3 butir bawang merah
  • 3 butir cabai rawit merah (atau jika tidak suka pedas, bisa gunakan cabai merah keriting)

Bumbu tumbuk kasar :
  • 5 butir cabai rawit merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah 

Cara membuat :
  1. Siapkan kuah : haluskan bawang merah, bawang putih dan cabai, kemudian campur semua bahan kuah, masak hingga mendidih, cicipi rasanya, angkat, sisihkan
  2. Siapkan piring saji, tata potongan tahu
  3. Siram dengan kuah, lalu taburi dengan bumbu tumbuk kasar, siap disajikan


cara membuat tahu gejrot
tahu gejrot

Nah semoga resep tahu gejrot khas Cirebon ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...
NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Replies
    1. hai mba Anin,
      resep ini buat satu porsi aja mba, soalnya porsi saya besar, he he he...
      sebenarnya bisa untuk 2 porsi sih mba.. hanya karena saya aja yang makan jadinya semua satu porsi wakakak...

      Delete
  2. Hmmm enak Ŋƴāªª apalagi musim ujan gini makan Ɣα̣̣ήƍ
    Pedes2 pooll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Novy,
      bener mba, mantap bener ya hujan2 makan yang simple gini tapi pedesnya nampol...
      makasih ya sudah mampir..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.