Cheese Stick Sawi Hijau



resep cheese stcik sawi hijau

Sudah lama tidak ngeblog neh...oh iya..walaupun terlambat saya mengucapkan Selamat Natal ya..bagi yang merayakan, semoga damai di hati damai di bumi.

Nah masih aji mumpung alat penggiling mie belum dimasukkan ke dalam kardusnya, jadi ketika masih ada semangat mengolah bahan makanan menggunakan alat ini, hmmm tidak ada salahnya mencoba membuat cheese stick, kali ini mau buat yang pakai sawi hijau.

Sebenarnya kalau mau dikatakan kue yang satu ini cheese stick sih kurang tepat ya, karena bentuknya tidak seperti stick, he he he.. mungkin kue keju sawi hijau kali ya lebih tepat, secara adonan yang sudah jadi tidak saya luruskan dulu. Lalu menggorengnya pakai penggorengan kecil, jadinya benar-benar berbentuk tidak karuan.

Membuat cheese stick (halah cheese stick lagi, tapi tidak mengapa ya, secara nama ini lebih familiar) ini memang sih bahannya tidaklah rumit, hanya proses membuatnya itu yang lama, apalagi kalau dikerjakan sendirian. Nah kalau ramai-ramai keroyokan pasti lebih enak, sambil cerita-cerita pasti tidak berasa. Beda kalau keroyokan tetapi sambil marah-marahan, itu beda cerita, ada juga alatnya dibanting, he he he...

Sophie itu doyannya yang kriuk-kriuk begini, yang gurih-gurih, jadi saya yakin cemilan satu ini bisa jadi favorit dia. Apalagi ditambah keju, makin gurih deh, dan benar ketika selesai menggoreng batch pertama saya beri dia cicip, dia bilang mmmmm enak.... dan dia minta tambah lagi.

Dia makan dengan nikmat sampai cukup banyak yang dia habiskan. Nah masih tersisa di mangkuk kecilnya, hmm cukup banyak secara dia baru isi lagi mangkuknya, jadi diletakkan saja di meja. Dan setelah itu dia sibuk bermain, suatu waktu dia minta susu, okeh beri dia minum susu.

Ealah ternyata ketika lengah mengawasi dia, rupanya dia tuang tuh susu ke dalam mangkuk kecilnya yang masih penuh dengan cheese stick. Itu saya belum tahu, dan saya lihat mangkuknya tadi, lalu saya tuangkan isi ke dalam mangkuk besar yang berisi cheese stick lainnya. Oalah apa yang terjadi, di situ baru saya sadar kalau mangkuk kecilnya berisi susu juga. 

Alhasil semua cheese stick kena siraman susu, duh kesal sekali, capek rasanya buat cheese stick ini tetapi jadinya tidak bisa dinikmati, sudah tersiram susu, jadi yang bisa diselamatkan, diselamatkan, yang tidak bisa, bye bye...

Saya marah sekali, eh yang punya kerjaan tidak sadar kalau dia yang buat ulah, tetap ketawa ketiwi... lalu bapaknya bilang, Sophie itu ibu marah sama siapa? sama Sophie bukan? bukan begitu jawab dia. Lalu ditanya bapaknya lagi, jadi ibu marah sama siapa? sama ibu begitu jawabnya lagi dengan santainya. Jadi ibu marah sama ibu sendiri? Iya...begitu kata Sophie.

Bapaknya langsung tertawa dan saya pun tidak bisa menahan tawa, akhirnya dari marah jadi tertawa, duh dasar ya anak kecil, ada saja ulahnya. Tidak tahu dia perjuangan membuat cheese stick itu. Hadeuh...

Bapaknya berkata kepada saya, iya mungkin karena dia kira itu sereal juga, jadi apa-apa sereal yang di mangkuk dituang susu. Iya mungkin juga Sophie pikir itu sereal juga kali ya....duh....

Okey deh, cukup cerita tentang kelakuan Sophie, berikut langsung ke resep ya...oh iya resep ini pakai resep cheese stick yang pernah saya posting, hanya beda sedikit di takaran....karena saya pakai setengah resep dan saya gunakan alat ukur cup... untuk air di resep ganti dengan jus sawi hijau.


Cheese Stick Sawi Hijau

Bahan :
  • 5 lembar daun sawi hijau, potong-potong dan blender dengan 50ml air, saring dan takar 40 ml saja
  • 1 butir telur
  • 1 cup tepung terigu serbaguna, misal segitiga biru
  • 1/4 cup tepung maizena
  • 1/2 sendok teh garam
  • 75 gr keju cheddar parut
  • minyak untuk menggoreng

Bahan taburan : 
  • 1/4 cup tepung tapioka atau tepung maizena

Cara membuat :
  1. Di mangkuk campur tepung terigu, tepung maizena dan garam, aduk rata, sisihkan
  2. Di mangkuk ukuran sedang, kocok telur dengan garpu hingga berbuih dan mulai mengembang, kurang lebih 1 menit saja
  3. Masukkan campuran tepung ke dalam telur kocok, tambahkan keju parut dan jus sawi hijau, aduk hingga menggumpal dan bisa dibulatkan
  4. Ambil sedikit adonan, giling di penggiling mie ukuran besar terlebih dahulu (di penggiling mie saya no.9 dan saya lakukan 2x)
  5. Kecilkan ukuran di no.7 lalu giling 2x, kemudian di no.5 dan giling 2x, kemudian potong lembaran adonan dengan ukuran cheese stick yang dikehendaki (saya potong kurang lebih sepanjang 15cm)
  6. Ambil lembaran adonan kemudian giling di penggiling cheese stick, lakukan proses ini sampai selesai
  7. Taburi tepung untuk setiap lembaran adonan dan untuk adonan cheese stick yang telah jadi supaya tidak lengket
  8. Goreng di minyak panas dengan api sedang sampai matang dan warna stick coklat kehijauan
  9. Angkat dan tiriskan lalu dinginkan, setelah dingin simpan di wadah kedap udara


cheese stick sawi hijau resep mudah

Nah sempga resep cheese stick sawi hijau ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya....

Selamat mencoba...





NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. ya ampun kepikiran aja deh segala sawi ijo dibikin cistik...cckckck meni hebring euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. He he itu sih iseng mba...mumpung ada sawi nganggur...

      Delete
  2. Mmg enak yaaa sawi di bikin macam ini ??? blm kebayang rasa nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak aja sih mas, malah rasa sawinya sih ga begitu berasa, cuma kasih warna ijo aja neh....

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.