spaghetti with garlic & oil
spaghetti aglio e olio with chicken & carrot
Beberapa kali ketika blogwalking sering menemui yang namanya spaghetti aglio e olio. Cukup tenar memang resep ini di kalangan food blogger. Dengan berbagai tambahan bahan, mulai dari udang, bacon, ham, ataupun ayam. Dan kali ini saya ikutan buat juga.

Pada dasarnya spaghetti aglio e olio ini hanyalah spaghetti dengan bahan utama bawang putih (aglio) dan minyak zaitun (olio) dengan tambahan cabai merah kering flakes dan cincangan parsley serta tambahan keju.

Nah kali ini saya buat spaghetti aglio e olio ini dengan tambahan daging ayam, wortel dan irisan cabai rawit. Dan beri sedikit paprika bubuk supaya agak cerah warnanya. Mengenai rasa? hmmm tentu saja enak, tetapi tidak berlebihan. Yang tidak suka masakan terlalu kaya bumbu maka spaghetti ini bisa jadi alternatif masakan.

chicken burger recipe
chicken burger
Saatnya membuat chicken burger, burger bun sudah ada, saus mayonnaise eggless sudah ada, tinggal membuat daging burgernya dan menyiapkan bahan-bahan tambahan seperti daun selada dan tomat, atau kalau mau bisa tambahkan irisan timun dan bawang bombay dan juga keju slice.

Dulu pernah buat juga beef burger dengan burger bun berbahan dasar oatmeal..yang versi ini malah lebih sehat kalau digabungkan dengan saus eggless low fat mayonnaise..hanya memang rotinya sedikit lebih padat. Bagus juga sih mengenyangkan..he he he..

Untuk resep chicken burgernya saya gunakan resep buffalo chicken burger dari wiil cook for smiles milik Lyuba. Hanya tentu kali ini tidak ada saus buffalo-nya. Ternyata saus buffalo itu bisa juga sih homemade, hanya bahan-bahannya cukup banyak. Hmmm kalau sedang mood mungkin nanti saya buat juga.

chicken burger recipe
chicken burger
homemade burger bun
burger bun
Mayonnaise selain enaknya disantap dengan salad, tentu enak juga disantap dengan burger, nah karena itu kali ini saya buat homemade burger bun. Setelah lihat-lihat resep akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan resep roti tanpa ulen ala Sangjin Ko saja deh.

Memang kalau malas mengulen apalagi nih bagi kita yang belum punya mixer khusus roti, tentu mengulen menjadi suatu pekerjaan yang cukup berat. Halah..itu saya saja kali ya..pembaca bilang..lu aja kali..bukan kita..he he he...

Setelah puas dengan mayonnaise tanpa telur yang saya buat, maka saatnya eksekusi burger bun. Tinggal siap-siap bahan. Nah karena kehabisan telur eh buru-buru ke pasar. Dan ternyata setelah baca resep lagi ternyata resep ini tanpa telur..he he he..lupa..

low fat eggless mayonnaise
eggless mayonnaise
Baru tahu kalau ada eggless low fat mayonnaise ketika blogwalking di blognya Aarthi- Yummy Tumy ketemu  eggless low fat mayonnaise recipe. Nah kenapa tidak dicoba kan...secara sekarang agak mikir kalau buat mayonnaise homemade dengan kuning telur mentah.

Dulu sih pernah buat dengan kuning telur mentah, hanya sekedar penasaran.  Tetapi kemudian belum pernah buat lagi. Sekarang saatnya coba membuat mayonnaise yang tanpa telur dan sekalian mayonnaise yang rendah lemak. Dan ternyata membuatnya mudah sekali.

Jadi ternyata hanya menggunakan susu rendah lemak dan tepung maizena dan tentunya menggunakan mustard. Itu yang memberi rasa khas mayonnaise. Nah kali ini saya coba setengah resep di bawah, karena masih belum tahu rasanya seperti apa. Kalau pas rasanya tentu tinggal buat lagi kan. Dan ternyata rasanya enak juga, ini bisa dijadikan resep andalan nih.

deep fried samosa
samosa goreng
Beberapa waktu yang lalu buat samosa tetapi versi panggang, nah kali ini mau mencoba resep samosa versi goreng. Waktu itu ketika mencari resep samosa, ada 2 blog yang saya bookmark. Yang versi goreng kali ini sih tidak begitu jauh berbeda dengan resep samosa panggang. Untuk versi goreng ini saya gunakan resep samosa indian appetizer dari blog show me the curry milik Hetal dan Anuja.

Hanya saja ada sedikit bahan yang berbeda di kulitnya. Ada penambahan ajwain/carom seeds yang tentu saya skip karena sampai saat ini masih bingung apa itu sebenarnya kalau di Indonesia. Secara baca-baca wikipedia dan lihat images di google tetap tidak mengerti. Kemudian ada tambahan lemon jus ataupun air jeruk nipis yang kata si pemilik resep bisa buat lebih renyah. Nah yang ini saya ganti dengan cuka apel.

Karena sudah pernah membuat samosa sebelumnya, maka tentu saja kali ini jauh lebih mudah. Dan memang ternyata mudah. Tetapi nih kok kulitnya bergelembung ya..jadi mirip pastel..he he he...nah mengenai rasa tentu saja enak menurut saya.

fried curry samosa
samosa kari
garlic cheese bread
garlic bread
Resep garlic cheese bread yang ini termasuk resep yang praktis, cepat dan pastinya mudah dibuat. Nah yang suka dengan roti bawang putih ini tentu tidak asing lagi kan dengan yang satu ini. Dan ini termasuk roti yang saya kenal untuk pertama kalinya di resto pizza hut. 

Ya maklum ya..dulu tidak seperti sekarang, mana tahu ada jenis makanan begini kalau tidak makan di sana. Nah sekarang, mau jenis makanan dari berbagai negara bisa kita tahu tanpa harus berkunjung ke negara tersebut atau singgah ke rumah makan khas yang ada di daerah kita.

Sekarang..hmmm tanpa perlu ke maharaja...rumah makan khas India di sini..saya sudah bisa merasakan apa itu samosa dan tahu yang namanya garam masala itu apa..sampai sekarang berniat membuat chicken tikka masala yang belum kesampaian juga. 

papas rellenas recipe
papas rellenas
Resep cuban potato balls atau papas rellenas ini sebenarnya ya resep bola-bola kentang isi kalau kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Nah mungkin ada banyak juga nih di antara kita yang pernah bahkan mungkin sering membuat bala-bola kentang isi ini.

Dan sebenarnya cuban potato balls yang saya buat juga tidak sama persis sih dengan resep aslinya, secara kan resep asli isinya menggunakan daging sapi giling yang dibumbui dengan bawang bombay dan bawang putih, jinten, oregano serta paprika merah dan hijau.

Karena menyesuaikan dengan bahan yang ada di dapur, maka jadinya isinya saya gunakan ayam cincang, wortel dibumbui hanya bawang putih, bawang bombay, merica bubuk serta ketumbar bubuk dan tak lupa diberi irisan daun bawang dan daun seledri. 

orange sorbet recipe
orange sorbet
Resep paling mudah mengolah buah-buahan, seperti halnya orange sorbet ini. Nah ceritanya kan sudah mau Imlek nih. Tentu sudah mulai deh banyak jeruk mandarin yang dijual. Nah ngiler kan lihat jeruk banyak begitu. Jadilah dengan pedenya bilang ke hubby beli saja, jeruk yang ini manis.

Dan ternyata jeruknya tidak begitu manis, sedikit asam, jadi kalau dimakan begitu saja ya tidak enak, mata sampai merem melek..he he he..Daripada kelamaan didiamkan akhirnya olah jadi sorbet saja deh. Nah memang beberapa hari sebelumnya pernah blogwalking dan lihat ada resep sorbet jeruk ini. Jadi pas deh dibuat sorbet.

Untuk resep orange sorbet ini saya gunakan resep orange sorbet, Tuma's Tongue Treats milik Sowmya. Karena memang pas ketemu resep ini langsung saya bookmark, karena sekali baca ya rasanya mudah sekali untuk dibuat. 

resep asam pedas daging sapi telur
asam pedas daging sapi & telur
Entah sudah berapa kali masak asam pedas, kali ini asam pedas daging sapi dengan tambahan telur. Secara masakan asam pedas memang favorit saya. Mulai dari asam pedas ikan tongkol, asam pedas ayam bahkan asam pedas daging sapi.

Kali ini mau coba asam pedas telur. Nah karena saya tuh merasa kalau tidak ada campuran daging-dagingan, baik itu ikan, ayam, ataupun daging sapi, bahkan udang, maka rasanya kurang nendang. Kalau istilahnya kurang umami. Rasa gurih yang menurut saya tidak begitu pas kalau hanya diganti dengan gula.

Akhirnya tetap campur daging sapi juga, dan pastinya rasanya jadi lebih gurih. Apalagi dengan tambahan tomat juga, makin mantap deh rasanya. Menurut saya lho ya...sebagai penggemar asam pedas.

spring roll isi kari
curry spring roll
Resep curry spring roll ini termasuk resep yang mudah juga untuk dibuat, karena kulitnya menggunakan kulit spring roll pastry siap pakai. Hanya isinya saja yang butuh sedikit proses. Nah isinya kali ini saya gunakan isian yang sama dengan isian samosa panggang.

Jadi isinya ayam, wortel serta kentang yang dihaluskan yang dimasak dengan bumbu kari. Untuk cara melipatnya sama saja dengan cara melipat sumpia dan juga lumpia spring roll ataupun lumpia yang menggunakan kulit lumpia siap pakai yang dijual di pasar. Untuk menggorengnya gunakan minyak panas yang banyak tetapi dengan api kecil supaya kulitnya garing.

nasi campur bali simple
nasi campur bali
Walaupun namanya nasi campur bali, tetapi ini versi yang seadanya saja, tidak lengkap. Kalau mau lengkap ya tambahkan telur bumbu bali, ayam pelalah, ataupun lawar. Nah karena ini buatnya memang dadakan dan sepertinya agak repot kalau mau buat yang lengkap. Lha buat konsumsi sendiri juga ini..nanti kalau mood baru buat yang agak lengkap.

Jadi nasi campur bali ini hanya nasi putih, sate lilit ayam, jukut urab dan sambal matah. Nah kalau mau buat telur bumbu balinya bisa juga kok..silakan lihat di resep telur bumbu bali ya...hanya untuk lawar dan ayam pelalah saya belum buat. Hmmm bisa juga kalau mau buat ayam betutu tetapi nanti disuwir-suwir, jadi deh ayam pelalah, yang tertarik ini resep ayam betutu khas bali ya...

Untuk resep sate lilit ayam, saya gunakan resep yang sama, bisa lihat di sate lilit ayam ya...kalau mau buat sedikit silakan disesuaikan takarannya, karena resep tersebut untuk 42 buah sate. Resep sambalnya silakan lihat di resep sambal matah

resep orange chicken kebab
orange chicken kebab
Kalau disederhanakan, maka orange chicken kebab ini ya sate ayam jeruk ya..he he he...ya karena ambil resep aslinya namanya kebab ya sudah pakai nama asli saja deh. Kebab itu ya pada dasarnya sate ya...bisa sate daging sapi, ayam, kambing, ikan bahkan sayuran.

Nah saya membuat orange chicken kebab ini ya karena hasil blogwalking juga. Lihat ada resep ini di blognya Wiffy-noobcook, jadinya ingin buat juga. Seperti biasa, kalau saya baca resepnya kira-kira mudah dan bahan-bahan bisa didapatkan dengan mudah juga, maka resep seperti ini saya bookmarked dulu.

Ketika datang mood baru eksekusi. Hmmm dulu pernah buat juga vietnamese orange chicken ala simply a food blog. Rasanya enak, ayam berasa jeruk, ada rasa asam manisnya..nah bedanya kali ini ya tipis saja sih dari penggunaan bumbu-bumbunya.

resep sate ayam jeruk
orange chicken kebab
chicken tabaka recipe
chicken tabaka
Tidak sengaja ketemu resep chicken tabaka ini ketika blogwalking di blognya Ms. Lola-arbuz.com, hmm ternyata ketika baca bahan dan cara membuatnya..ow ow..so simple. Nah kenapa saya tertarik untuk membuatnya? karena penampakan ayamnya begitu menggiurkan. 

Kadang memang dengan bumbu sederhana saya suka dikejutkan dengan rasanya. Ternyata dengan bumbu sederhana bisa juga kok menghasilkan makanan yang enak. Hmmm kenapa tidak dicoba ya..secara bumbunya hanya ketumbar, jinten serta merica hitam. Nah biasanya Sophie memang suka makanan dengan bumbu minimalis.

Ternyata dia memang suka, wah bagus deh...kalau begini kapan-kapan bisa buat lagi. Tetapi memang ya kalau ayam dimasak dengan ketumbar maka rasanya ya enak...hanya saya belum pernah masak ayam dengan bumbu minimalis begini. Biasa ya campuran ketumbar, bawang putih serta kunyit. Itu yang paling sering.

chicken tabaka recipe
chicken tabaka
baked samosa
healthy baked samosa
Walaupun diet rendah garam, tetap bisa menikamati snack kan, nah samosa panggang ini bisa jadi alternatif. Selain rendah garam samosa ini adalah snack yang rendah kalori pastinya. Dan ternyata membuatnya sama sekali tidak susah. Ai..ai..saya baru tahu kalau membuat samosa ini gampang.

Untuk membuat kulitnya juga sangat mudah, dan ternyata membentuknya juga tidak serumit yang saya kira. Nah untuk isiannya sendiri, saya ambil yang praktis saja...campuran daging ayam dan kentang tumbuk serta wortel yang dipotong dadu yang dimasak dengan bumbu kari. 

Jadi pada dasarnya isinya ya sama saja dengan isi curry puff/epok epok ataupun karipap pusing. Hanya di sini sarden saya ganti dengan daging ayam. Hmmm jadinya bisa dibuat rendah garam deh...

snack panggang samosa
baked samosa
sumpia isi abon
sumpia abon
Posting resep mudah juga kali ini, resep sumpia abon. Cemilan yang murah meriah, cepat dan praktis pula. Nah kalau penggemar snack gurih tentu tidak asing kan dengan cemilan satu ini. Saya termasuk penggemar sumpia ini. 

Dulu suka beli, tetapi sudah lama sekali tidak pernah beli lagi. Hmmmm ketika buat kerupuk spring roll ada ide untuk membuat sumpia ini. Kebetulan ada stok abon ikan tuna. Tada...dengan sedikit proses jadilah sumpia abon ini.

Kalau beli sih isinya bukan abon ya..isinya udang kering yang ada rasa manis sedikit. Tetapi dengan abon sudah lumayan deh rasanya. Untuk kulitnya sendiri saya gunakan kulit popiah atau spring roll pastry siap pakai. Tetapi kali ini saya gunakan ukuran yang besar yaitu 20cmx20cm. Hanya 1 lembar kulit tersebut saya bagi lagi menjadi 4 bagian.

beef curry pasta
pasta kari daging sapi
Ada request dari hubby, ingin makan pasta, hmmm kali ini dibuat agak berbeda, jadilah pasta kari daging sapi ini. Memang agak melenceng ya...tetapi rasanya tetap enak kok..secara pasta itu kan pada dasarnya bisa dimakan dengan saus apa saja, nah kenapa tidak mencoba dengan kari kan? Untuk pasta bisa gunakan jenis apa saja, kali ini saya gunakan jenis macaroni.

Untuk bumbu kari sendiri saya selalu beli bumbu kari bubuk yang sudah dalam kemasan. Biasa saya beli kemasan kecil untuk 25gr seharga 3 ribu rupiah. Secara dulu pernah beli kemasan besar ya kok sayang, terbuang karena sudah expired.

Nah dengan bumbu ini jadi mudah deh membuat kari. Nih masakan yang menggunakan bumbu kari ini yang pernah saya buat...siapa tahu bagi penyuka kari bisa menginspirasi...roti jala dan kari ayam, kari ayam vietnam, kari ayam tanpa santan, atau bahkan snack dengan bahan isian kari seperti epok epok dan karipap pusing...

fried plain spring roll
kerupuk spring roll
Ini cemilan dadakan super cepat dan irit bahan, yup kerupuk spring roll. Salah satu cemilan favorit Sophie. Cemilan yang dia suka minta, dia sebut kupuk blue. Secara belum bisa ngomong yang benar...hmmm kenapa namanya kupuk blue?

Secara dia lihat kemasan pembungkus spring roll pastry ini berwarna biru. Nah kalau warnanya pink ya tentu saja jadi kupuk pink. Ide buat begini sih sebenarnya ketika buat pangsit goreng yang mirip ekado. Nah Sophie ya lebih doyan kulitnya saja.

Sejak saat itu ya sering gorengkan dia hanya kulit spring roll/kulit popiahnya saja. Ya pernah hanya dipotong kecil-kecil lalu digoreng, atau hanya digulung biasa tetapi ya bentuknya amburadul setelah digoreng. Dan yang selalu menggoreng cemilan satu ini adalah hubby. Secara ya mudah tinggal goreng, jadi saya tidak perlu turun tangan.

resep muffin pisang kacang
muffin pisang kacang
Sebenarnya muffin pisang kacang ini adalah satu-satunya muffin yang saya buat dari adonan resep di bawah. Nah sisa adonannya saya tuang di loyang, dan jadi namanya cake pisang kacang. Cake ini saya buat untuk seorang teman, karena saya ingin tahu rasanya, makanya dibuat muffin sebuah saja, sekedar tester.

Kalau ternyata rasa muffin-nya tidak memuaskan, maka tentu batal donk..terpaksa nikmati sendiri..he he he..dan untung rasanya tidak mengecewakan, paduan rasa kacang dan pisang ternyata enak juga. Hmm jadi terpaksa cukup puas deh makan sebuah saja. Kapan-kapan ya buat lagi kalau mau...

Ini juga hanya gunakan 1 buah pisang cavendish, secara memang hanya sisa satu saja pisangnya. Jadi kacangnya agak banyak digunakan. Dan taburan kacang di atas muffin dan cake cukup boros juga jadinya. Hmmm bagi penyuka kacang, mari merapat....oh iya kacang yang saya gunakan adalah kacang tanah sangrai..kalau gunakan kacang mete atau almond malah lebih enak jadinya.

muffin pisang kacang
banana nut muffin
healthy baked chicken fajitas
chicken fajitas
Resep diet rendah garam lagi nih..kali ini saya share resep healthy baked chicken fajitas. Hmmm memang melenceng ya penyajiannya, secara ini kan mexican food, dan biasanya chicken fajitas ini disajikan dengan tortillas. Nah versi yang saya buat ya kok jadi kayak chinese food ya..he he he..dihidangkan dengan nasi...ealah pakai sumpit pula...

Yang mau versi mexican food, bisa kok kalau mau buat tortillasnya..ini resepnya..tortillas homemade, dan kalau mau pedas, ini dia resep saus salsa -nya...supaya sedikit lebih otentik makan chicken fajitasnya...betul..

Kali ini masak chicken fajitas versi sehat, dengan cara dipanggang, inspirasi resep chicken fajitas milik Amanda dari cookpad mobile dengan modifikasi oleh saya. Jadi membuatnya tinggal campur semua bahan, baru dipanggang di loyang beralas alumunium foil. Tetapi bisa juga kok dipanggang di pinggan tahan panas, nah karena tidak punya ya jadinya pakai loyang saja.

kangkung tauge ayam kecombrang
kangkung tauge sambal ayam kecombrang
Mau masakan sayuran yang pedas segar..kangkung tauge sambal ayam kecombrang ini bisa dicoba...dan yang pasti membuat masakan ini tidak butuh waktu yang lama. Salah satu masakan yang saya suka kalau begini.

Ternyata bunga kantan atau kecombrang atau honje atau kincung kalau di batam, enak juga kalau dimasak sambal..ada rasa asam sengau-sengau begitu...dan sangat mudah menemukan kincung di sini jadi ya sekarang-sekarang ini cukup sering masak kincung.

Prinsip masak kangkung kecombrang ini pada dasarnya sama dengan plecing kangkung dan brambang asem, hanya beda di sambal taburannya saja. Jadi, sayuran ini enak juga kalau dimakan begitu saja tanpa nasi. Hmmm yang penasaran....mau coba...silakan ya...

resep daging sapi brokoli
daging sapi brokoli tomat hijau

Resep mudah dengan memanfaatkan bahan yang ada di kulkas, jadilah daging sapi brokoli tomat hijau ini. Memasaknya juga tidak butuh waktu lama. Nah masakan ini bisa jadi salah satu pilihan olahan daging sapi.

Tadinya mau masak sapi lada hitam lagi, secara bahan-bahan semua ada. Hmmm tetapi mikir lagi..ah sekali-sekali masak yang beda deh. Masak sih lagi-lagi olahan lada hitam. Walaupun memang olahan lada hitam adalah favotit saya.


resep steak tempe
steak tempe saus asam manis
Hari ini buat steak tempe dengan saus asam manis. Postingan steak tempe ini memang sudah sering wara-wari di grup kuliner. Hmmm tidak ada salahnya dicoba, secara penasaran juga dengan rasanya.Tetapi coba otak-atik sendiri deh resepnya, sesuka saya saja, bahan sedapatnya saja di dapur.

Biasanya nih temannya steak itu tuh kentang goreng atau kentang tumbuk, nah berhubung tidak ada kentang, jadinya pakai oatmeal saja deh, hitung-hitung menu diet juga ya...apalagi menumisnya dengan minyak canola, ya walaupun tetap ada saus tomat botolan juga..he he he.. Dan rasanya bagaimana? hmmm enak juga...secara dicampur daging ayam cincang juga...soalnya kalau tidak dicampur daging ayam, rasanya akan kurang nampol deh...

Selain daging ayam, bisa juga gunakan udang, daging sapi, atau bisa juga udang kering, hanya takaran udang kering tentu beda ya..harus disesuaikan lagi resepnya.  Untuk sausnya, saya buat saus asam manis tetapi dengan bahan seadanya. Kalau mau dan ada bahannya bisa tambahkan kacang polong, atau jamur malah. Jika suka bisa juga gunakan saus lada hitam ya. Untuk inspirasi saus bisa lihat di ayam goreng tepung saus asam manis atau ayam goreng tepung saus lada hitam.

steak tempe saus asam manis
steak tempe
khas toraja : ayam pammarasan
ayam kluwak

Satu lagi makanan khas Toraja yang saya masak...ayam pammarasan atau ayam kluwak. Setelah sebelumnya pernah buat pa'piong bura' (ayam batang pisang). Masih dalam edisi latah...lihat postingan mas Cumilebay ketika berwisata ke tana toraja. Mas cumi ada sebutkan makanan satu ini. Hanya waktu itu mas cumi makan yang versi ikan mas.

Secara saya tidak suka makan ikan mas, akhirnya kembali lagi ke ayam..hadeuh..ayam lagi..ayam lagi..Ya bagaimana ya saya tidak suka ikan air tawar dan ikan laut hanya sukanya ikan tongkol dan ikan benggol..he he he...

Nah biasa dulu makan ini di Surabaya, kakak sepupu malah pakai ikan gabus. Ya jadi terpaksa makan deh, ya tentu saja sisihkan ikan gabusnya, makan sayur dan bumbunya saja. Dan sebenarnya masakan ini sih menggunakan sayur pangi. Hmmm apakah sayur pangi itu? saya sendiri ya kok masih belum tahu benar bentuk aslinya sebelum dimasak. Dan cari-cari sumber ya kok susah ya...rasanya sih seperti rebung begitu, hanya teksturnya halus. Dulu ingat kalau tidak salah alm. bapak pernah bilang kalau sayur pangi ini ya satu pohon dengan kluwak. Kalau kluwak itu kan bijinya, nah pangi ini buahnya...(hmmm mungkin saya salah ya..sudah lupa)

resep ayam panggang bumbu rujak
ayam panggang bumbu rujak
Sudah lama tidak posting menu diet nih...secara belakangan ini memang masak suka-suka dan sedang hobi buat kue juga. Nah sekarang coba selingi dengan menu diet rendah garam #15 ayam panggang bumbu rujak, modifikasi dari resep ayam bakar bumbu rujak.

Karena namanya juga menu diet ya, jadi ayam ini dipanggang...untuk bumbu saya sesuaikan sedikit saja supaya tetap masuk dalam katergori menu diet. Hmmm menu diet rendah garam juga, rendah lemak juga dan pastinya rendah kalori juga. Apalagi jika menyantap menu ini dengan oatmeal atau beras merah, bukan dengan nasi putih.

Untuk ayamnya sendiri gunakan ayam tanpa kulit, kalau mau sebaiknya gunakan bagian dada secara bagian itu yang paling sedikit lemak. Nah berhubung saya gunakan bagian paha bawah dan atas, tentu banyak lemak-lemak ayam berwarna kuning di bagian ini kan (jika menggunakan ayam negeri tentu saja, bukan ayam kampung). Alhasil saya harus bersihkan satu persatu lemak yang menempel. Salah satu pekerjaan monoton yang cukup membosankan.

resep rainbow cake kukus
rainbow cake kukus
Penasaran dengan resep rainbow cake kukus ala bunda Elim Sugito, akhirnya coba buat juga. Dan ternyata versi kukus yang langsung menempel begini tanpa ada olesan butter cream di tiap lapisan lebih mudah membuatnya. Dan hanya butuh 1 loyang saja. Cukup praktis dibanding resep rainbow cake versi panggang.

Untuk 1 resep rainbow cake kukus ini pas sekali nih gunakan loyang bundar diameter 18 cm. Nah kalau gunakan yang persegi 18cm x 18cm bisa juga hanya ya kemungkinan jadinya lebih tipis sedikit. Oh iya untuk resep ini saya hanya bagi 5 warna saja, secara sedikit was was nanti tiap lapisan jadi terlalu tipis. 

Padahal ya tidak juga ya...biasa sih kekuatiran kalau mencoba resep pertama kali nih. Secara walaupun banyak yang berhasil menggunakan resep ini, ya tetap deh..kadang-kadang ada faktor tertentu yang kita sadar atau tidak yang bisa menyebabkan cake gagal.

rainbow cake
rainbow cake
resep chicken strips
chicken strips
Mencoba membuat yang namanya chicken strips nih...soalnya tertarik dengan postingan teh Ayu-momylicious chicken strips. Selama ini ya belum pernah buat yang begini, maksudnya bentuk strips begini. Biasa buat ya bentuk kecil, tetapi ya digoreng tepung biasa, bumbu suka-suka.

Nah ini bumbunya walaupun minimalis tetapi enak, renyah juga. Dengan baluran tepung roti jadinya renyah deh, mirip-mirip chicken nugget jadinya. Untung saja stok tepung roti orange masih ada,  sisa buat roti goreng es krim dan roti tawar goreng isi ayam fusilli dulu, jadi begitu lihat resep langsung bisa eksekusi, tanpa harus ke pasar dulu.

Dari penampakan mungkin tidak begitu menggiurkan kan ya...he he he secara memang sampai saat ini saya suka kesulitan dengan yang namanya food styling, hadeuh memang memadupadankan sesuatu supaya terlihat indah adalah hal yang cukup sulit saya lakukan. Ya jadinya sampai saat ini foto-foto saya ya tetap ala kadarnya. Walaupun begitu semoga tetap menarik ya..ngarep.com....

chicken tender
chicken strips
resep sate lilit ayam khas bali
sate lilit khas bali
Buat sate lilit khas Bali lagi dan masih setia dengan sate ayam. Kali ini buat lebih banyak dan alhasil jadinya banyak juga sampai 40 batang. Disantap selama 2 hari berturut-turut..he he he..sampai-sampai bapaknya Sophie bilang kalau saya ngamuk..buat sate sebanyak itu.

Buatnya banyak begini karena memang waktu buat sate lilit bali pertama dulu rasanya ya kurang banyak sehingga kurang puas. Dan karena kali ini Sophie tidak makan, maka saya tambahkan cabe deh di bumbunya, makin nendang...tetapi ya tetap kurang nendang pedasnya secara hanya cabai merah keriting bukan cabai rawit merah.

Ini karena efek latah juga sih..he he he...lihat ada yang posting sate lilit bali di grup kuliner, hmmm lihat-lihat sih resepnya sama dengan resep yang pernah saya sharing, hanya sedikit dimodifikasi, seperti diberi kaldu bubuk, blender bumbu tidak pakai air tetapi pakai minyak goreng...hmmm dipikir-pikir kenapa tidak ya gunakan minyak goreng, hanya saja tetap saya gunakan air juga secara saya tidak mau terlalu banyak menggunakan minyak. Dan karena memang tidak ada stok kaldu bubuk di dapur ya jadinya versi alami saja deh seperti resep yang lama.

sate lilit khas bali
sate lilit
mini apple pie
mini apple pie

Beberapa hari lalu beli apel hijau granny smith, rencana mau buat cake apel, tetapi berubah pikiran, akhirnya buat mini apple pie ini. Ya tiba-tiba mood datang untuk buat apple pie. Hmmm cari-cari resep dan akhirnya putuskan untuk pakai resep mini apple pie milik mba Ricke.

Dulu pernah buat apple pie juga, tetapi bisa dikatakan gagal dalam soal bentuk. Waktu itu pakai cetakan pie loyang bundar besar. Walaupun dari segi rasa ya enak sekali, nah yang terjadi adalah ketika dipanggang adonan malah jadi tidak berbentuk, adonan menyusut. Ketika dibentuk adonan kulit bagus sampai ke tepi permukaan cetakan, tetapi begitu dipanggang adonan turun sampai setengah cetakan..hadeuh jelek sekali deh. Mungkin karena waktu itu saya gunakan butter dan suhu dapur cukup panas. Nah mungkin seharusnya sebelum dipanggang harus masukkan dulu dalam kulkas ya..

Akhirnya lama sekali saya baru punya keinginan buat apple pie ini. Dan memang saya rencanakan buat yang mini saja deh. Tetapi baru mencetak 6 buah kulit pie, saya bosan..ha ha ha..malas sekali kalau harus mengerjakan satu-satu..akhirnya gunakan loyang pie saja..

resep mini apple pie
apple pie

cheese banana bread
banana bread

Sebenarnya sudah beberapa hari yang lalu buat banana bread tabur keju ini, hmmm baru sempat posting sekarang, lihat-lihat ternyata sudah cukup lama ngendon di draft. 

Membuat banana bread memang mudah ya...dan rasa pisangnya itu nampol kalau kita banyakin pisangnya...hadeuh bisa makan beberapa potong neh..pernah buat banana bread dengan campuran yogurt, atau juga banana bread double chocolate. Nah kali ini buat agak beda sedikit, lihat resep di blognya mba Sashy, hmmm kelihatan enak sekali deh..jadinya ya latah buat juga.
banana bread
banana bread
bread pudding pisang chocochips
bread pudding

Begini ini kalau ada sisa roti tawar, halah bukan sisa juga sih ya...secara hampir satu bungkus ya belum disentuh, itu baru 1 lembar yang dimakan Sophie. Akhirnya  buat bread pudding pisang chocochips neh...Secara sudah lama juga tidak makan puding roti.

Karena masih ada pisang juga, akhirnya di bagian tengah disisipkan irisan pisang..hmmm jadinya enak..berasa pisang juga.. hmmm sepertinya kalau pakai irisan apel enak juga ya...secara pudding roti ini kan pakai kayu manis bubuk, apel kalau dipasangkan dengan kayu manis bubuk ya enak rasanya, apalagi kalau pakai apel yang asam seperti granny smith.

Oh iya, untuk roti saya gunakan roti tawar putih biasa, sebelumnya pernah buat yang dengan roti gandum, baik yang puding roti panggang dan puding roti kukus. Hmmm menurut saya, karena saya suka roti gandum, maka lebih enak puding roti dengan roti gandum. Eh ada yang pernah buat pudding roti gurih tidak? ternyata enak juga lho..nih resepnya kalau tertarik..savory bread pudding...

happy new year 2015
happy new year

Hai hai..pembaca Monic's Simply Kitchen, wishing you happy new year 2015.  Selamat tahun baru 2015. Semoga tahun 2015 menjadi tahun yang lebih baik lagi buat kita semua...semoga harapan, mimpi, doa kita bisa terwujudkan ya di tahun ini...amin...

Wah sudah setahun juga nih usia blog saya, ternyata selama setahun ini saya rajin sekali menulis di blog..hmm semoga tahun 2015 ini juga tetap semangat mencoba resep dan menuliskannya di blog dan semoga bermanfaat buat pembaca yang baik yang telah mau datang dan membaca apa yang saya tulis. Tentu tanpa pembaca sepi donk blog saya ya...

Terima kasih ya..sudah mau mampir, dan apalagi mau meninggalkan komen, baik sekedar say hi atau juga mengajukan pertanyaan...dan semoga balasan komen saya tidak mengecewakan ya...dan terima kasih ya buat teman-teman yang sudah mau menjadi teman, baik itu sebagai Google + Friends ataupun Friends yang follow blog saya. Terima kasih buat mba VK Lyn (Memory Bliss) yang jadi friends pertama..he he he...

NewerStories OlderStories Home