mie rebus jawa
mie rebus jawa
Sudah beberapa hari yang lalu nih ada yang request mie rebus jawa ini. Saya bilang bagaimana kalau beli saja...hmmm ternyata tidak mau kawan satu itu..he he he...Ya akhirnya perlu ke pasar dulu untuk beli bahan-bahannya.

Untuk sayurannya saya gunakan wortel, sawi hijau dan kol. Kemudian pelengkapnya tambahkan bakso ikan dan suwiran ayam goreng. Bumbu mie rebus jawa ini sih saya gunakan sama saja dengan bumbu mie goreng jawa. Nah supaya lebih maknyuss, kebetulan ada ebi juga, jadinya tambahkan ebi juga deh. Dan rasanya memang top markotop jadinya.

Untuk kuahnya gunakan kaldu ayam, jadi ayam terlebih dahulu direbus kemudian, ayamnya diangkat lalu digoreng, nah air rebusan ayam ini digunakan sebagai kuahnya...wuih jadi berasa sekali deh mie rebusnya kalau menggunakan kaldu begini.

cheese roll puff pastry instan
resep cheese roll
Ahai...masih edisi pastry-pastry-an, satu lagi pastry yang saya buat..cheese roll. Nah dari namanya tahu kan kalau ini adalah keju yang digulung dengan kulit pasrty. Kalau sering beli-beli di Kartika Sari ataupun di bakery-bakery lain, cheese roll ini pasti tidak asing lagi.

Selain pisang bolennya, saya suka sekali makan cheese roll ini, ya memang sih rasanya jadi gurih sekali, pastry gurih ditambah keju saja. Hmmm jenis makanan ini yang Sophie suka. Jadi ketika saya buat dia sudah excited sekali, dia mengikuti setiap prosesnya. Wah bisa-bisa nanti dia hobi masak juga nih.

Kalau buat telur dadar dia yang mengocok telurnya, masukkan bahan tambahan dan mengocoknya kembali. Jadi dia suka bilang pipi mix egg...jadi kalau saya sudah memecahkan telur, dan dia melihatnya dia akan teriak..pipi mix..pipi mix...(dia menyebut dirinya pipi-nama panggilannya)...nah kalau ditanya orang siapa namanya? pipi..kemudian saya suka membetulkan...Sophie...langsung protes..no Sophie..Pipi...

resep tuna puff
tuna puff with mix vegetables
Sudah cukup lama stok kulit pastry instan mendekam di freezer, saatnya diolah dan....kali ini diolah menjadi tuna puff dengan campuran sayuran. Membuatnya sangat mudah kalau menggunakan kulit pastry siap pakai ini, hanya mengolah isinya sebentar, kemudian proses dan panggang.

Sudah beberapa kali beli tuna puff, jadi ingin buat sendiri. Tetapi ini saya gunakan tuna kaleng untuk sandwich yang memang idenya membuat sandwich menggunakan baguette yang ternyata baguette-nya saya olah menjadi french toast dengan vla jeruk.

Memang kadang kalau saya sudah menyiapkan suatu bahan, nah ketika malas melanda atau ada saja halangan, maka tadinya mau masak ini eh jadi masak itu...hmmm sepertinya bukan saya saja ya yang begini..betul?

resep soto medan ayam
soto medan ayam
Sudah beberapa kali makan yang namanya soto medan-ayam ini, nah baru kali ini ada keinginan buat soto medan sendiri. Soto medan termasuk jenis makanan yang cukup mudah ditemukan di Batam, walaupun menurut saya tidak semudah soto padang dan soto kuwali. 

Dulu di dekat rumah ada yang jual, hanya beberapa saat saja, eh kemudian menghilang, tempatnya sudah digantikan dengan penjual lain. Nah seingat saya soto medan yang saya beli tidak banyak bahan pelengkapnya, tanpa tauge dan soun juga.

Memang untuk makanan khas begini sih banyak macam ya, jadi kembali kepada selera saja. Karena sudah lama tidak makan, jadi saya tidak bisa meniru masakannya, jadi kembali lagi cari referensi resep donk. Nah supaya mudah cari resep di sajian sedap saja. Jadi saya gunakan resep soto medan sajian sedap, ya tentu dengan sedikit modifikasi.

cara membuat soto medan
soto medan
resep french toast vla jeruk
french toast dengan vla jeruk
Tadinya ada baguette mau dibuat sandwich, kebetulan ada tuna kaleng...berubah haluan menjadi french toast dengan vla jeruk ini...halah berhubung sibuk sekali akhir-akhir ini, lebih tepatnya sok sibuk dengan toko online...he he he...akhirnya baguette sudah berumur 2 hari dan sudah pasti mengeras.

Hmmm jadinya dengan dibuat french toast malah enak, roti jadi empuk dan tentu enak...nah bukan puding saja yang bisa pakai vla, ternyata french toast juga enak diberi kucuran vla, apalagi vla jeruk begini. Dan buat vla begini juga iseng memanfaatkan jeruk mandarin yang ada di kulkas beberapa hari ini.

Ternyata apa rasanya? entah doyan entah lapar atau entah memang enak..he he he..tetapi serius enak sekali menurut saya, dengan bahan sederhana dan proses yang mudah bisa juga membuat makanan enak begini. Nah untuk resep french toast ini saya gunakan saja resep french toast isi selai yang pernah saya buat, yang pada dasarnya sama juga dengan cinnamon french toast stik.

toko online tas batam branded
tas batam branded murah KW & original
Kali ini mau posting yang nyeleneh dulu ah...sekalian posting promo toko online saya dan teman saya- SNSHOP-Tas Batam Branded. Toko tas asal Batam yang murah dengan tas-tas branded KW dan original. Selain jual sendiri juga bisa menerima reseller dan ada grosir juga lho. Eits...foto di atas bukan toko saya ya..itu toko salah satu supplier toko online kami. Toko yang menurut saya paling baik hati di antara belasan bahkan puluhan toko tas yang ada di Batam. Toko yang mengijinkan saya mengambil foto tokonya. Saya coba juga di beberapa toko minta izin begitu, yang punya toko tidak mengizinkan.

Hmmm apa sampai ada puluhan ya toko tas di Batam...sepertinya iya sih, ini di kawasan Nagoya saja sudah puluhan, belum lagi yang ada di mall. Wuih saya baru tahu dan baru perhatikan kalau sudah sebanyak ini toko tas. Nah waktu saya pertama ngeblog, saya ada posting cerita tentang Batam, saya ada sebut juga kalau yang terkenal dari Batam selain gadget ada juga tas.

Waktu itu saya tidak sama sekali tertarik dengan tas-tas begini, secara dari dulu saya biasa beli tas di sport station..he he he...ya memang saya suka serampangan deh dengan tas. Jadi kalau tas-tas merk-merk diadora, converse, airwalk dll tas di sport station lebih tahan banting kalau saya pakai. Nah saya tidak bisa membayangkan kalau seandainya saya menggunakan tas merk prada, chanel, gucci dll tas perempuan, walaupun hanya yang KW..he he he..

tas batam murah sn shop
tas batam
ayam bakar ketumbar
ayam bakar ketumbar
Ahai...sekarang posting bolong-bolong, nah menyempatkan diri posting resep ayam bakar ketumbar ini deh. Resep yang menurut saya mudah dan bumbunya juga sederhana. Nah berhubung sedang suka makan sambal dabu-dabu, makanya kali ini temannya sambal dabu-dabu saja.

Nah kalau ayam bakar begini Sophie doyan, karena tidak pedas dan sedikit manis, karena waktu membakarnya bumbunya saya tambahkan kecap manis juga. Dan kalau begini malah bapaknya Sophie yang tidak begitu doyan. Kalau emaknya doyan dah apa saja..he he he...

Ini sih memang namanya ayam bakar, hanya tentu tidak dibakar pakai arang yang pakai dikipas-kipas itu, kurang afdol sih memang..kurang ada gosong-gosong bagaimana begitu ya....he he he...Nah waktu posting ayam bakar rica-rica, mba Lina ibunyaAsRaf bilang kurang wangi kalau di pan bakarnya. 

resep ayam bakar rica-rica
Ayam bakar rica-rica
Hari ini masak ayam bakar rica-rica dan sambal dabu-dabu. Nah karena memang rencana mau memasangkan ayam bakarnya dengan sambal dabu-dabu maka sengaja buat ayam bakarnya tidak pedas, jadi tadi hanya gunakan cabai merah keriting saja.

Sudah terbayang deh pedasnya sambal dabu-dabu, dan benar untung tidak mencampur ayam bakarnya dengan cabai rawit merah, ini saja sudah kepedasan sampai berlinang air mata dan hua-hua..sibuk cari air.

Resep ini sih sama saja dengan resep ayam rica-rica, hanya setelah dimasak ya dilanjutkan proses membakar, yang saya lakukan dengan teflon saja. Tadinya sempat mengurungkan niat membakarnya, secara sudah enak, tetapi memang sedang ingin makan ayam bakar. Jadi ya sudah...lanjut...
batagor bandung
batagor khas bandung
Satu lagi makanan khas Bandung, Jawa Barat yang cukup terkenal, yup batagor bandung, atau baso tahu goreng. Nah memang pertama kali saya makan batagor ya di Bandung. Wuih dulu excited sekali begitu sudah mulai hijrah ke Bandung dengan status anak kos. Jadi mencoba yang namanya makanan khas, tentu saja batagor ini adalah makanan yang masuk prioritas untuk dicoba.

Nah dulu saya kos di daerah Dago Pojok, biasa kalau keren bilangnya dapo ya...he he he, tetapi ini bilangnya malah pojok saja, jadi kalau naik angkot, kalau mau turun bilang kang...pojok ya...Nih pernah teman saya bercanda, wuih keren tinggalnya di sini, soalnya kan berhenti di dago pojok, nah di seberang itu persis ada hotel Serathon...

Tetapi ya mana orang percaya kalau kita naik angkot, penampilan kucel kok menginap di Serathon ha ha ha...Kembali lagi ke batagor...nah di dago pojok ada kampus UNPAD juga tetapi buat jurusan PAAP..tetapi saya lupa kepanjangannya apa, biasa suka ada penjual batagor yang mangkal di sana. Jadi begitu turun angkot, jalan donk ya masuk ke dalam...mampir dulu deh beli batagor, buat makan siang..atau pun makan sore lah..tergantung pulang kuliahnya kapan.

pindang serani
pindang tulang serani
Beberapa hari yang lalu beli tulang sapi, tetapi belum ada ide mau dimasak apa, tetapi tadi kepikiran lihat buku resep masakan dengan panci presto Lily T Erwin, hmmm jadilah pindang tulang serani ini. Resep ibu Lily sih menggunakan iga, ya beda-beda tipis ya..he he he..

Sering sih mendengar masakan yang namanya pindang serani ini, masakan asli Jepara tetapi belum pernah makan...padahal pindang serani aslinya kan menggunakan ikan bandeng ya...he he he tapi tidak masalah ya menggunakan iga ataupun tulang sapi.
Dengan memasak menggunakan panci presto ternyata memang enak, tidak butuh banyak proses dan tidak butuh waktu berjam-jam, tetapi menghasilkan daging yang empuk.  Dan karena pindang ini juga bumbunya sederhana, jadi tadi ya cukup mudah memasaknya, tidak ribet.
pindang tulang serani
pindang tulang serani
pisang goreng pasir
pisang goreng pasir
Ahai saatnya pisang goreng pasir ditampilkan....resep yang menurut saya mudah, sama halnya dengan membuat pisang goreng biasa hanya ditambahkan tepung roti. Dan hasilnya seperti berpasir karena tepung rotinya.

Pisang goreng memang cemilan yang sangat mudah dibuat kan, nah dari jaman kecil sudah sering sekali makan pisang goreng ini. Apalagi di bagian samping dan belakang rumah banyak pohon pisang kepok. Kalau matang pisangnya ya kalau tidak digoreng, dibuat pepes pisang ketan atau juga dibuat kolak pisang dan dibuat godok pisang.

Tetapi ibu saya belum pernah yang namanya buat cake pisang..he he he....Nah biasa kalau buat pisang goreng ibu saya hanya menggunakan campuran tepung terigu dan tepung beras, diberi sedikit gula dan garam. Jadi sampai sekarang ya buat pisang goreng hanya seperti itu.

resep martabak telur mini ayam cincang
martabak telur mini ayam cincang
Buat snack yang sekaligus cocok buat sarapan neh...martabak telur mini isi ayam cincang. Nah memang buat martabak versi mini dengan kulit popiah/spring roll pastry memang paling mudah. Tinggal siapkan isi kemudian bungkus dengan kulit lalu goreng. Dan hasilnya martabak mini dengan kulit yang garing.

Banyak makanan yang bisa dibuat menggunakan kulit popiah ini, ahai sebut saja yang pernah saya buat...kerupuk spring roll, hanya menggulung kulit popiah kemudian digoreng garing, martabak mini isi ayam tahu, yang mirip martabak mini ini hanya isinya ayam dan tahu, sumpia, kulit popiah yang diisi abon, lumpia isi ayam sayuran,  bayam lasagna cup, spring roll isi nasi kukus jamur dan curry spring roll.

Untuk isinya kali ini hanya ayam cincang yang dicampur dengan bawang bombay dan daun bawang yang diiris halus. Hmmm jadi persis martabak telur yang biasa dijual ya..hanya ini beda kulitnya saja. Nah kalau beli martabak telur biasanya ada kuah kari encer, diberi acar timun dan kuah cuka encer juga. Hanya kali ini saya makan pakai saus sambal dan kecap pedas saja deh...begini saja sudah enak kok...(ini malas atau bagaimana ya..he he he...)

resep kaya toast
kaya toast
Saya baru tahu nih ada yang namanya kaya toast setelah saya tinggal di Batam. Nah ternyata kaya toast adalah salah satu menu sarapan yang lumrah di sini. Berhubung banyak kopitiam di sini, jadinya banyak yang jual kaya toast begini. Malah ada kafe-kafe buat nongkrong juga menyediakan kaya toast. Eh malah Holland bakery juga ada menu kaya toast ini buat sarapan.

Karena Batam letaknya memang dekat dengan Singapore, jadi kuliner di sini juga ada sedikit pengaruhnya dari sana juga seperti halnya kaya toast ini. Jadi nih kaya toast biasanya disantap saat sarapan dengan ditemani kopi ataupun teh. Dan biasanya ada juga yang pakai telur juga. 

Tadinya penasaran donk dengan yang namanya kaya toast ini, dari gambar yang kelihatan di menu hanya berupa roti kering. Ternyata memang hanya roti kering dengan selai srikaya. Nah selai srikaya biasa ada 2 jenis nih, satu yang kuning kecoklatan, dan satu lagi yang hijau dengan tambahan pandan. Saya sih suka yang mana saja.

resep sate telur puyuh
sate telur puyuh
Sate telur puyuh yang tidak begitu nyoklat, tidak mulus, secara malas bersihkan bumbu yang melekat pada telurnya. Lagian bumbunya enak..he he he...jadi biar sekalian makan dengan bumbunya juga. Lagian kalau buat makan sendiri ya tidak apa-apa ya..beda kalau untuk jualan.
Ada ide buat sate telur puyuh ini karena belakangan ini Sophie sedang doyan makan sate ini, biasanya suka beli di penjual soto kuwali. Nah sudah 2 hari ini cari satenya pagi-pagi eh selalu belum matang satenya. Terus coba cari di penjual bubur ayam khas Cirebon, eh suka kehabisan malah. Jadi ke pasar deh beli telur puyuh dan coba buat sendiri.
Ternyata mudah buatnya, dan tentu saja murah ya, kalau beli satu tusuk seharga 3 ribu rupiah terdiri dari 4 butir telur. Buat sendiri 24 butir telur harga 10 ribu rupiah. Dan buatnya juga tidak pakai lama, bumbu juga sederhana. Hmmm kenapa tidak dari dulu ya buat sate telur puyuh ini. Nah kali ini saya gunakan resep sate telur puyuh dari sajian sedap. 
mango sticky rice
mango sticky rice
Akhirnya kesampaian juga membuat mango sticky rice sendiri. Sejak makan mango sticky rice di sebuah restoran, jadi punya keinginan membuat sendiri. Namanaya buat sendiri jadi bisa disesuaikan kadar manisnya dan kekentalan sausnya.

Ahai berhubung ada sisa ketan waktu membuat lemper ayam beberapa waktu lalu, kemudian ada santan instannya juga, wijen juga ada. Sipp..yang belum ada yaitu mangga. Hmmm ini yang cukup penting secara memang sajian desert khas Thailand ini adalah ketan dan mangga yang disiram saus santan.

Ternyata karena tidak musim mangga lagi, harga mangga mahal sekali, 1 kg seharga 30 ribu rupiah. Alamak, jadi beli 1 buah mangga saja beratnya sudah 1/2 kg..jadi 1 mangga 15 ribu rupiah...hadeuh...ya sudah beli juga walaupun mahal.

lontong opor sarapan
lontong opor
Kalau yang ini lontong opor versi sarapan ya...bukan versi hari raya..he he he...secara memang tidak sekomplit lontong opor hari raya. Isinya juga suka-suka...ada kentang (biasa kalau kentang ya) kemudian ada labu siam dan tahu juga.

Ceritanya sedang ingin makan lontong opor buat sarapan, nah karena setahu saya yang jual lontong opor ini tidak banyak, ada satu tempat yang saya tahu hanya cukup jauh dari rumah. Ya sudah buat sendiri kan. Biasa selain lontong opor juga jual lontong sayur. Kalau di Batam memang banyak yang jual lontong sayur, versi padang, versi jawa dan versi chinese juga ada.

Kalau versi padang nih biasanya sayurannya nangka dan pakis, dengan tambahan kuah kacang di kuah lontongnya. Sedangkan versi jawa biasanya ada rasa manis sedikit dan sayuran yang dipakai biasanya labu siam dan kacang panjang, sedangkan versi chinese sayurannya labu siam juga dan dengan sedikit rasa rempah.
 
popcorn chicken
popcorn chicken krispi
Tadinya bingung mau diberi judul apa masakan satu ini, akhirnya beri nama popcorn chicken krispi saja deh. Secara bahan dan cara membuat sama dengan resep ayam goreng tepung krispi yang pernah saya posting sebelumnya. Hanya ini versi kecil dan tanpa tulang.

Tadinya dada ayamnya saya potong kotak, nah karena saya terlalu semangat meremas-remas ayamnya di tepung, dengan maksud supaya tepungnya menempel dan jadinya semakin keriting, ealah malah jadinya pipih ya...dan seperti tepung biasa tanpa ada isian daging ayamnya.

Nah kalau buat yang begini, biasanya ketika di goreng suka menimbulkan aroma harum menggoda selera..jiah..bahasanya...Belum matang saja Sophie langsung minta ayam brown katanya...hmmm jadi batch pertama goreng sudah pasti milik Sophie. Jadi biasa cepat-cepat dinginkan, soalnya tuan putri sudah tidak sabar lagi.

resep es cincau selasih segar
es cincau selasih
Masih dalam rangka mencari kesegaran, karena panasnya kota Batam, jadilah ada ide buat es cincau selasih yang segar ini. Bahan-bahannya sederhana dan sangat mudah dibuat tentu saja. Jadi tadi ceritanya buat es ini 2 gelas besar saja.

Hmmm yang namanya es-es begini Sophie paling doyan, doyan minum sedikit setelah itu buat mainan..he he he..jadi mending kasih dia sedikit saja. Gayanya yang sok excited waktu saya buat es begini...langsung saja bilang mmmmm enak...mmmmm es....mmmmm jeli...begitu saja dia bilang...nah begitu mau sesi pemotretan, sepertinya dia sudah tidak sabar lagi...

Berkali-kali bilang, buat pipi satu..buat ibu satu...padahal ya satu gelas lagi tidak ikut masuk di frame foto, ya sudah deh dia kepalang excited ikut-ikutan pencet kamera, ikut-ikutan moto, ya moto bareng deh kita. Nah biasa karena saya aktifkan tombol touch screen, maka dengan mudah Sophie bisa ikutan moto. Makin senang dia dilibatkan begitu.

resep kangkung saus tiram
tumis kangkung pedas saus tiram
Waduh...kadang suka aneh juga rasanya kalau posting resep mudah begini, hanya tumis kangkung pedas saus tiram. Pasti sudah banyak yang bisa ya buat tumisan mudah begini, apalagi kangkung. Tetapi sekali lagi menyemangati diri sendiri, siapa tahu ada yang sedang galau, lupa cara menumis kangkung..he he he...jadi bisa lihat di sini....

Kangkung ini termasuk salah satu sayuran yang cukup murah di antara jenis sayuran yang lain, nih kalau di pasar, harga-harga sayuran sampai belasan ribu perkilo seperti bayam, sawi, buncis dll, kangkung biasanya selalu di bawah, paling-paling hanya 10 ribu perkilo.

Yang cukup terkenal olahan kangkung adalah kangkung belacan atau kangkung terasi, menu yang selalu ada di food court seafood. Kemudian pelecing kangkung, sebagai teman makan ayam bakar taliwang, lalu rujak kangkung...ai..ai banyak deh olahan kangkung. Bahkan kangkung juga enak dibuat brambang asem kangkung.

spring roll ayam sayuran
lumpia ayam sayuran
Membuat snack yang cukup mudah..ternyata..setelah beberapa kali mencoba...lumpia ayam sayuran. Dulu ya membuat sncak begini ya kok susah sekali ya rasanya..he he he...mana belum bisa rapi lagi dan belum bisa seragam panjang pendeknya.

Sekarang bisa...memang namanya bisa karena biasa atau istilah kerennya practices make perfect. Hmmm berlaku juga di pembuatan lumpia. Senang sudah bisa buat lumpia begini agak rapi, isinya juga padat. Kulitnya benar-benar rapi pas digulung. Nah apalagi kalau menggunakan kulit lumpia siap pakai, makin mudah deh.

Kali ini saya menggunakan kulit lumpia spring roll atau kulit popiah ukuran 20cmx20cm, sedang ada stok kulit ini soalnya. Kulit spring roll ini sangat mudah didapatkan di swalayan di bagian makanan beku dengan berbagai merk. Untuk bentuknya silakan lihat di bayam lasagna cup, hanya yang saya gunakan sekarang yang ukuran besar. Nah pernah juga mencoba lumpia sayur dengan kulit lumpia dari kulit yang dijual di pasar, khusus kulit lumpia.

tumis ayam pedas cabai rawit
tumis ayam pedas
Resep tumis ayam pedas ini sebenarnya terinspirasi dari resep ayam goreng pedas cabai rawit - dari dapoerlys, blognya mba Lys. Walaupun namanya ayam goreng, mba Lys bilang memang pantasnya disebut ayam tumis cabai rawit, karena memang ayamnya tidak digoreng.

Hmmm setelah baca bahan dan cara membuatnya maka saya tertarik deh untuk mencoba resep tumis ayam cabai rawit ini. Ai ai..dari namanya saja sudah membuat saya tertarik...masakan pedas begini ini nih yang saya suka. Bookmark resepnya dan akhirnya eksekusi deh, terima kasih resepnya ya mba Lys...enak mba...

Tetapi rasanya gatal ya kalau tidak memodifikasi resep, he he he...akhirnya karena ada stok kembang tahu dan jamur kuping juga yang sudah saya rendam dan sudah mengembang jadinya, makanya harus segera digunakan, akhirnya saya campur saja deh dengan bahan lainnya.

resep tumis sarden
tumis sarden
Masakan super duper mudah, iya...hanya tumis sarden pedas. Dari jaman dulu ini masakan yang paling mudah dibuat. Apalagi kalau bukan karena hanya menggunakan sarden kalengan. Sejak saya masih sekolah juga sudah cukup sering disuruh ibu buat masak sarden.

Hmmm ternyata walaupun mudah, tetap saja tidak sama antara orang satu dengan yang lainnya masak tumis sarden ini. Nah dulu biasa dulu tumisan begini saya hanya gunakan duo bawang (bawang merah dan bawang putih), kemudian cabai merah yang diiris atau dihaluskan, beri jahe yang dimemarkan, lalu tomat. Hmmm begitu saja bumbunya.

Kalau bapaknya Sophie beda lagi buatnya, dia suka campur dengan sawi hijau juga yang dipotong kecil-kecil. Nah kalau ini kadang-kadang saya buat juga versi dengan sayuran. Kalau ada tahu ataupun kentang suka masukin juga. Kadang masukin juga telur ceplok. He he he...namanya tumis begini ya suka-suka yang masak mau dicampur apa saja.

resep hakau ayam sayuran
hakau ayam sayuran
Sudah lama sekali ingin buat makanan ini, yang namanya ternyata hakau, yaitu sejenis dimsum yang mempunyai kulit transparan dan isinya adalah udang. Dan apakah masih bisa disebut hakau ya kalau isinya saya ganti dengan ayam dan sayuran? masih bingung saya...secara cari-cari referensi tetap bingung saya.

Tertarik dengan hakau ini kala melihat tayangan chef adu tanding di Asian Food Channel, nah chef Ching ada buat dimsum yang begini. Bagus,imut-imut...dan kemudian sempat baca-baca nih kalau mau buat yang kulitnya transparan bahannya menggunakan tepung tang mien, Dan kebetulan saya ada stok tepung tang mien. Ini juga karena info si koko di toko bahan kue langganan kalau ternyata si koko ada jual tepung tang mien juga.

Walaupun sudah beli tepungnya tetapi masih malas saja nih, eh malah buat dumpling versi korea yang hanya menggunakan tepung terigu serbaguna. Hmmm tetapi tidak masalah kan dari sana bisa belajar membentuk hakau ini.

hakau
hakau
matcha green tea muffin
muffin green tea
Muffin green tea tetapi tidak green karena memang tidak ada hijau-hijaunya, ada dink walaupun samar tetapi rasa dan aroma sudah pasti green tea. Wuih tetapi penampilannya seperti muffin biasa ya..tidak ada yang khas.

Sebenarnya sudah cukup lama saya beli bubuk green tea ini, ini juga karena promo dari si koko di toko bahan kue. Ada bubuk green tea, baru masuk nih barangnya, mau? 1 bungkus 10 ribu..wah jarang-jarang kan ketemu bubuk green tea, ya langsung saja beli 1 bungkus.

Sudah lama ingin buat sus green tea hanya kendalanya belum ketemu juga bubuk green tea-nya. Hmm ketika sudah ada green tea eh malah malas, dan ujung-ujungnya..muffin lagi..he he he...kue yang paling saya suka, paling mudah untuk dibuat.

resep sup kimlo
sup kimlo
Agak mendung sedikit, tetapi mendung tidak berarti hujan..he he he...nah ada ide buat sup kimlo..yeah...akhirnya saya buat sup kimlo juga yang lumayan lengkap isinya. Selama ini buat sup kimlo ada saja komponen yang dikurangi dan jadinya belum pantas disebut sup kimlo.

Dulu waktu kecil, sup kimlo ini menjadi makanan yang sangat istimewa, hanya saat-saat tertentu dibuat. Jangan harap akan ada di santapan hari-hari biasa..he he he...Jadi sup ini termasuk salah satu sup favorit saya. Tentu waktu itu saya bahagia kalau bisa memilih telur puyuhnya saja. Namanya juga masih anak-anak, suka sekali dengan telur puyuh.

Dan kali ini saya memang berniat membuat sup kimlo ini, hmmm membuatnya sangat mudah, tetapi memang cukup banyak bahan yang harus disiapkan. Tetapi walaupun banyak bahan tidak lama juga kok membuatnya. 

pizza manis roti tawar topping buah
pizza roti tawar topping buah
Pizza roti tawar topping gurih sudah pernah buat, nah saatnya mencoba pizza roti tawar topping buah, masih menggunakan teflon juga. Ya pada dasarnya sama saja sih, hanya beda di topping dan saus. Eh ya beberapa waktu yang lalu juga pernah buat pizza teflon topping buah, hanya saja rotinya buat sendiri. Tetap tidak pakai lama kok, tidak perlu menguleni juga dan waktu menunggu adonan mengembang juga tidak lama.

Tetapi kalau dibandingkan dengan pizza roti tawar ya kalah cepat pastinya. Dan rasanya menikmati pizza roti tawar itu sama seperti makan roti bakar hanya diberi topping dan keju meleleh. Jadinya enak, manis dan gurih juga. 

Masih ada sisa buah ketika membuat sop buah, makanya pas juga ada roti tawar dan masih ada sedikit sisa keju mozzarella. Hmmm jadi deh snack super duper mudah dan cepat ini. Berhubung tadi pikir kalau kasih semangka mungkin rada aneh ya..takut berair dan rotinya malah lembek, makanya tidak mencoba menggunakan semangka.

resep sop buah
sop buah
Hari-hari panas begini, memang enak menyantap yang segar-segar seperti sop buah ini. Es buah yang berasa manis segar dengan aneka buah-buahan yang bisa kita tambahkan sesuai dengan selera kita. Dan biasanya ya buah-buahan standar es begini ya. Kalau ditambahkan durian sih boleh-boleh saja tetapi rasanya tentu akan dominan durian dan malah mungkin tidak segar lagi.

Ada nih penjual sop buah yang cukup laris manis di daerah dekat rumah juga, jadi terkadang orang sampai antri. Apalagi kalau sudah masuk bulan puasa, wuih..ramai sekali, memang jenis es yang selalu laris manis kalau bulan puasa. Nah di sana juga menyediakan es teler. Ciri khas sop buah dan es telernya adalah manis sekali..he he he..ya karena penggunaan susu kental manis yang cukup banyak.

Kalau buat sendiri tingkat kemanisan bisa dikira-kira sesuai selera. Jadi saya buatnya kali ini tidak terlalu manis. Tadinya mau buat es teler, eh berhubung malas lagi cari air kelapa, dan juga sudah pernah mencoba membuat es teler sendiri, akhirnya beralih ke sop buah saja.

resep siomay bandung
siomay bandung ala si abang
Yipi..berhasil juga akhirnya membuat siomay bandung sendiri, ala si abang. Baru mengumpulkan niat dan baru muncul keinginan membuat siomay ini. Dan maunya kali ini buatnya yang versi lengkap, ada pare, kol, kentang dan tahu. Hanya yang menggunakan kulit pangsit tidak ada, secara kok tidak pernah ketemu yang jual kulit pangsit di sini.

Tetapi dengan begini saja menurut saya sudah enak sekali.... he he he...maklum ya tinggal di Batam jadi yang namanya Siomay walaupun banyak juga yang jual hanya tentu beda dengan di Bandung, walaupun yang jual biasanya juga orang Sunda. 

Terakhir beli siomay ini mungkin ada sebulan lalu, yang jual orang Sunda juga, jual batagor, jual cuanki juga. Siomaynya hanya baso tahu dan baksonya saja, saus kacangnya juga terlalu encer. Dulu ada bapak orang Sunda yang masih sangat kental sekali dialek Sundanya, jualan siomay batagor pakai gerobak. Kadang mangkal di dekat penjual es kelapa muda, orang Sunda juga..he he he, dan kadang keliling juga nih si Bapak. Eh tetapi kok tidak pernah masuk ke perumahan tempat saya tinggal. Dan sudah lama sekali tidak mangkal di tempat biasa.

NewerStories OlderStories Home