resep brokoli goreng krispi
brokoli goreng tepung krispi
Posting kali ini masih dalam edisi memanfaatkan draft, sudah beberapa hari blog ini dianggurin, nah ketemu resep brokoli goreng tepung krispi ini. Variasi gorengan tepung krispi dari sayuran. Dan resepnya masih sama, menggunakan resep ayam goreng tepung krispi dan popcorn chicken krispi.

Banyak variasi gorengan krispi begini ya, tahu goreng krispi misalnya, atau yang sempat booming juga di grup fb, telur goreng krispi, yang ternyata hanya telur dadar yang dipotong-potong sesuai selera kemudian diproses seperti halnya gorengan krispi yang lain.

Nah di Palembang, ternyata ada juga yang sedang booming menurut adik saya, pempek kulit krispi, jadi pempek kulit yang dibalut tepung krispi. Ada-ada saja kan idenya, nah menurut saya walaupun enak tapi saya ya tetap suka dengan pempek kulit biasa. Nah yang belum pernah mencoba pempek kulit bisa buat sendiri lho, dengan menggunakan ikan berdaging merah juga bisa, tidak harus dengan kulit ikan tenggiri, ini resepnya pempek kulit.

resep mie rebus buto ijo
mie rebus buto ijo
Pernah buat nasi goreng buto ijo dulu, dengan warna hijau didapatkan dari sawi hijau, cabai rawit serta cabai hijau. Kepikiran juga buat mie rebus buto ijo. Nah karena mie rebus jadi pakai kuah donk, dan ternyata kuahnya masih berasa sawinya..he he he...tapi ya tetap enak menurut saya.

Tapi kali ini saya gunakan sawi minyak/pakchoy, secara hanya itu stok yang ada. Daun-daunnya diblender, batang-batangnya dicampur di kuahnya. Nah supaya tidak hijau dominan maka saya tambahkan sayuran beku campur. 

Yang suka sayur dan suka mie dan suka pedas maka bisa deh mencoba resep ini. Rasanya segar sekali lho..walaupun bapaknya Sophie bilang mie rebus yang berasa sekali sayurnya. Namanya juga usaha ya....mengkreasikan resep baru yang walaupun aneh tetap enak di lidah saya....

resep ayam tumis kemangi dengan cabai
Thai chilli basil chicken stir fry
Ingin coba resep yang satu ini, ayam tumis cabai kemangi ala Thai (Thai chilli basil chicken stir fry). Secara walaupun bumbunya sederhana tetapi kelihatan lezat deh waktu pertama kali lihat ada resep ini di blognya Nagi.

Penasaran juga saya dengan rasanya karena belum pernah tumis ayam dengan kemangi begini yang hanya dibumbui dengan bawang putih dan cabai rawit dengan diberi kecap dan saus tiram. Dan setelah dicoba..wuihhhh ternyata enak...

Nah masakan dengan cabai rawit begini, tidak puas kalau hanya menggunakan cabai rawit yang sedikit, di resep asli hanya menggunakan 1 butir cabai rawit yang diiris halus, nah saya gunakan 20 butir cabai rawit dimana 5 butir diiris dan 15 butir lagi dibiarkan utuh.

ketan srikaya saus santan
ketan srikaya
Ini namanya ketan srikaya suka-suka saya...bukan ketan srikaya lapis yang biasa ditemui tetapi ketan srikaya dengan saus santan. Nah ceritanya ini adalah sarapan iseng-iseng memanfaatkan stok bahan yang ada di dapur. Ini pun sudah cukup lama saya buat dan masuk dalam draft juga.

Karena masih suka dengan rasa ketannya mango sticky rice, maka resep ketannya dan sausnya juga pakai resep mango sticky rice. Hanya bedanya ketan ini disantap dengan tambahan selai srikaya. Nah selainya juga bukan selai buat sendiri, tapi selai beli.

Ada sisa roti tawar juga, makanya sekalian deh biar lengkap dibakar juga roti tawarnya, nah malah kalau tanpa ketan  jadinya ya mirip kaya toast. Versi sarapan yang mengenyangkan dan cocok juga buat cemilan sore hari.


sambal telur dan teri
balado telur dan teri
Yang suka pedas pasti suka kan apa saja menu balado, walaupun hanya balado telur dan teri begini. Nah kalau saya ya suka sekali, walaupun hanya lauk begini, sudah siap dengan nasi hangatnya...hmmm nikmat sekali kan.
 
Balado telur dan teri ini sebenarnya sudah cukup lama dimasak, dan baru sekarang bisa diposting, karena juga sudah cukup lama ngendon di draft. Dan karena saya belum masak-masak lagi dan belum foto-foto lagi tepatnya..maka ya tampilkan saja deh resep yang sederhana ini ya. Siapa tahu bermanfaat juga.
 
Cukup lama blog monic's simply kitchen ini dianggurin ya...jadi bulan Mei ini adalah bulan yang amat sangat tidak produktif saya ngeblog. Selain malas, juga karena saya pulang ke Palembang..halah..siapa yang tanya ya..he he he...
 
kari ayam
kari ayam tanpa santan
Menu diet rendah garam lagi, kari ayam tanpa santan. Masakan yang pas ketika memang butuh pengurangan asupan garam tetapi tidak membosankan. Hmmm bayangkan jika harus makan masakan yang serba bening. 

Ya memang sih masakan diet rendah garam saya sih hanya mengurangi asupan garam, perbanyak bumbu-bumbu alami dan sekaligus rendah lemak. Nah ini sih untuk pencegahan hipertensi ya bukan untuk penderita hipertensi yang dalam masa kontrol oleh dokter ahli. Biasanya penderita hipertensi begini makanannya pun dikontrol oleh ahli gizi.

Jadi masakan diet rendah garam yang saya masak hanyalah referensi masakan yang bisa dimasak untuk mengurangi gejala hipertensi, berdasarkan pengalaman pribadi saja. Jadi kalau ditanya apakah ada dasarnya menu masakan diet saya? hmmmm saya bilang sih tidak..hanya berbekal pengetahuan yang saya baca-baca.

bakwan sayur aka bala bala
bakwan sayur ayam keju
Haya...buat bakwan lagi neh...bakwan sayur dengan ayam dan keju, salah satu cemilan yang saya buat supaya Sophie mau makan sayur. Jadi sekalian deh dilengkapi dengan ayam dan keju juga biar lengkap sekalian dengan proteinnya.

Hari sekarang pasti sudah banyak yang sukses buat bakwan ya...nah supaya tetap garing bakwannya seperti bakwan abang gorengan maka di adonan bakwan jangan pakai telur. Padahal kalau saya buat bakwan ya sukanya pakai telur. Tetapi kali ini coba buat yang tanpa telur supaya garingnya tahan lama. Dan kalau buat bakwan sendiri ya bagusnya sih jangan banyak-banyak secukupnya saja jadi bakwan bisa dinikmati kala hangat.

Karena kalau sudah dingin mana enak lagi kan bakwan ini, sama juga sih..kalau beli bakwan di abang gorengan juga enaknya belinya tuh ketika masih hangat...wuih senang kalau beli gorengan baik itu bakwan, tahu dll, menunggu sebentar gorengan yang masih di penggorengan si abang yang sebentar lagi matang.

resep puding sutra buah ncc
puding sutra buah
Sering lihat nih puding sutra buah di beberapa food blog dan wara-wiri di grup fb. Tetapi belum tergerak juga untuk membuat puding sutra buah ini. Nah entah kenapa ada ide buat puding ini kemarin, hmmm mungkin sedang iseng ingat akan anaknya salah seorang teman....hmmm ada ide buatin dia puding deh.

Tapi tanya bundanya dulu, Nuril suka puding ga ya? lalu jawaban bundanya..dia mah apa aja masuk..ha ha ha...okeh..kalau begitu. Akhirnya putuskan buat puding sutra buah saja, secara memang puding ini kan lembut ya. 

Oke deh mulai mencari referensi resep dahulu, hmmm ternyata bahan-bahannya tidak banyak, lanjut ke acara membeli bahan-bahan. Semua sudah lengkap, agar-agar, susu kental manis dan buah kaleng. Nah ketika akan membeli cup puding, alamak, toko plastik-plastik tutup, hmmm coba ke tbk, ternyata tutup juga.

resep muffin kukus ketan hitam
muffin kukus ketan hitam
Kali ini saya posting resep muffin kukus ketan hitam dengan kismis dan keju. Hmmm sudah lama juga nih tidak makan muffin ketan hitam ini. Nah ketika periksa stok bahan-bahan kue, baru sadar kalau ada stok tepung ketan hitam satu bungkus kemasan 250gr.

Pikir-pikir mau diolah jadi apa ya...sebenarnya cukup banyak sih olahan makanan dari tepung ketan hitam, hanya kembali lagi ke kemalasan saya. Entahlah saya sedang malas sekali lama-lama di dapur dan malas foto-foto dan malas update blog, hmmm walaupun tidak tiap hari update ya paling tidak blog ini tidak ditelantarkan deh..he he he...

Jadi pilihan jatuh kepada muffin kukus saja deh, nah kebetulan ada kismis juga, maka saya gunakan saja kismis ini, hmmm tadinya mau campur keju juga di dalam adonan, tetapi akhirnya membatalkan niat, cukup untuk taburan saja deh.

NewerStories OlderStories Home