Puhung Keju (Singkong Keju)



resep singkong keju

Nah gorengan yang satu ini termasuk gorengan yang murah meriah. Ternyata membuatnya juga tidak susah, apalagi kalau bukan singkong keju atau puhung keju. Saya tahu ada yang namanya puhung keju waktu saya di Surabaya. 

Lihat ada gorengan singkong yang kelihatannya enak ya, merekah dan kelihatan empuk. Begitu dirasa, hmmm enak, gurih. Mungkin karena itu kali ya namanya puhung keju atau singkong keju. Walaupun sederhana dan kelihatan mudah dibuat tetapi belum pernah sekalipun saya membuatnya sendiri.

Ahai karena stok singkong lebih dari 3kg, yang sudah beberapa saya olah menjadi bingka singkong dan tape singkong (resep sama dengan resep tape singkong sebelumnya), nah sisanya dibuat singkong keju saja. Secara pernah lihat nih beberapa waktu lalu ada yang posting puhung keju ketika saya blogwalking. Hmmm sudah saya bookmarked resepnya, akhirnya saya pakai resep puhung keju tersebut, yaitu dari blognya mba Rucy- Dapur Aisyah. Terima kasih resepnya mba Rucy...

Singkongnya sendiri direbus dulu dengan campuran bawang putih halus dan garam serta margarin, nah ini yang bikin singkongnya berasa keju kali ya....ternyata sebelum digoreng saya cicip dulu singkong rebusnya, oalah singkong rebusnya enak sekali....empuk dan berasa bawang putihnya serta gurih. 

Untuk membuat singkong goreng keju ini memang dibutuhkan singkong yang pulen atau singkong yang tidak keras, nah loh saya juga tidak tahu nih membedakan singkong keras dan pulen itu yang bagaimana. Tetapi karena saya beli di pasar kaget, saya lihat singkongnya seperti baru dicabut dan kulitnya masih segar kelihatannya. Dan benar ternyata singkongnya mulus, bersih dan ketika direbus bisa lembut.

Untuk merebusnya jangan terlalu lama, pastikan singkong tidak hancur, waktu merebus tergantung jenis singkongnya juga ya. Nah ini saya merebusnya sekitar 20 menit dengan beberapa kali saya cek apakah singkongnya sudah empuk.

Nah enaknya makan singkong keju ini hangat-hangat ya, jadi garing di luar dan lembut empuk di dalam, kalau sudah dingin akan empuk di luar dan empuk juga di dalam, he he he...

Okey deh, berikut resepnya ya, silakan....

Puhung Keju (Singkong Keju)

Bahan :
  • 1 kg singkong, potong ukuran sedang
  • 800 ml air
  • 2 sendok makan margarin
  • 2 siung bawang putih yang dihaluskan (saya gunakan 5 siung bawang putih ukuran kecil)
  • 1 sendok makan garam

Cara membuat :
  1. Masukkan singkong ke panci, tambahkan air, beri margarin dan bawang putih halus serta garam, rebus hingga empuk
  2. Angkat dan tiriskan
  3. Goreng hingga garing
  4. Angkat dan tiriskan, siap dinikmati kala hangat

resep singkong keju melepuh

Nah semoga resep singkong keju atau puhung keju yang melepuh ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya....

Selamat mencoba....


NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Nah loh, ternyata bisa juga yaw singkong dibuat singkong keju. Lah padahal singkong di godok aja udah terasa enak kak,,,, ini diberi sentuhan sedikit jadilah ini,,,, lain kali coba ah kak,,, soalnya di tempat tinggalku banyak nieh singkong,,,, hehehe, kasih margarin, bawang putih sama garam,,,, josss kak, terima kasih :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Anis, singkong direbus aja sudah enak ya...
      nah yang diberi bumbu begini tetapi yang direbus enak banget, yang digoreng apalagi...
      sippp mas Anis...silakan dicoba...terima kasih sudah mampir ke sini ya...sukses buat blog mas Anis ya...keren blognya... review kuliner Jogjanya buat ngiler semua....

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.