Resep Singkong Thailand


resep singkong thailand

Masih edisi menayangkan postingan dari draft blog, nah kali ini ada resep singkong thailand. Resep yang saya yakin sudah banyak yang coba neh. Karena resep ini juga sempat booming kan di beberapa grup masak.

Walaupun berbahan dasar sederhana dan cukup mudah dibuat tetapi entahlah kenapa baru-baru ini saja ya saya kepikiran buat mencoba membuat singkong thailand ini. Padahal banyak juga yang sudah terima pesanana malah ya.

Saya tahunya ada singkong thailand ini ya dari beberapa postingan di grup masak dan lalu ketika makan di sebuah resto yang menyediakan makanan ala thai saya lihat ada menu singkong thailand ini. Nah menu ini termasuk dalam kategori dessert.

Selama ini memang saya jarang sekali membuat makanan dari singkong, dan ternyata banyak ya olahan dari singkong itu. Beberapa sudah saya jajal seperti tape singkong, bingka singkong dan singkong keju. Hmmm masih ada beberapa resep olahan singkong yang lain yang menunggu dieksekusi. Jiahhhh....semangat...

Okey deh kali ini saya eksekusi resep singkong thailand ini menggunakan resep yang tak lain dan tak bukan sudah banyak yang coba, resep singkong thainland JTT. Resep yang sangat mudah diikuti, nah berikut saya tuliskan resep singkong thailandnya ya, saya cantumkan di bawah resep yang saya gunakan yaitu setengah resep saja.

Singkong Thailand

Bahan :
  • 400 gr singkong, potong sepanjang kurang lebih 5-6 cm, belah 2 dan buang bagian tengahnya (sumbunya)
  • 800 ml air
  • 1 lembar daun pandan, sobek-sobek sepanjang 5cm
  • 1/4 sendok teh garam
  • 100 gr gula pasir
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk

Bahan saus :
  • 250 ml santan kental (saya gunakan 2 bungkus santan instan @65ml + air sehingga volume menjadi 250ml)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan, sobek-sobek sepanjang 5cm
  • 1/2 sendok makan tepung maizena larutkan dengan 2 sendok makan santan


Cara membuat :
  1. Di panci, rebus air hingga mendidih, masukkan singkong, daun pandan, rebus hingga singkong benar-benar empuk dan warnanya transparan dan air menyusut, lalu tambahkan gula pasir dan vanili bubuk, masak hingga gula larut. (catatan : jika singkong belum empuk dan air sudah mulai habis, bisa tambahkan air panas dan rebus hingga singkong empuk)
  2. Angkat singkong dan sisihkan
  3. Untuk membuat vla santan : di panci, masukkan semua bahan vla santan, aduk rata lalu masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga muncul letupan kecil dan vla mengental, angkat 
  4. Penyajian : ambil beberapa potongan singkong, letakkan di wadah saji, beri siraman vla santan, siap dinikmati

cara membuat singkong thailand

Nah semoga resep singkong ala thai (singkong thailand) ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba sendiri di rumah, mudah bukan? 

Selamat mencoba...

NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. terimakasih resepnya, mau buat sendiri karena resepnya cukup mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, silakan dicoba.. iya resepnya sangat mudah ini.. terima kasih sudah mampir ya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.