Russian Apple Cake (Sharlotka) Versi Panggang & Kukus



resep russian apple cake

Sudah lama tidak buat cake nih, jadi tadi lihat-lihat daftar bookmark, hmmm tertarik dan kembali tergoda untuk membuat cake yang satu ini, Russian Apple Cake atau Sharlotka. Nah walaupun membuat cake ini membutuhkan mixer, yang mana biasanya saya sangat malas kalau membuat cake menggunakan mixer, tetapi dari proses dan bahan tentu saja, sangat sederhana, dan sangat mudah mengerjakannya.

Membuat cake ini hanya butuh 5 bahan saja sih sebenarnya, nah untuk bahan taburan berupa gula halus adalah optional. Oh iya tadinya saya berencana membuat cake ini hanya yang dipanggang saja, hmmm tetapi akhirnya berubah haluan, saya ingin juga mencoba yang versi kukus. Jadi tadi adonan saya bagi 2, dan gunakan loyang yang lebih kecil tentunya.

russian apple cake versi kukus
cake kukus
Jadi yang terkendala belum punya oven, bisa kok membuat cake apel ini. Dan rasanya tetap enak, eits tapi nih yang versi kukus saya taburi dengan kayumanis bubuk, dan rasanya jadi lebih enak, pas deh cake apel dengan tambahan kayu manis. Yang terkendala dengan bau telur, cake ini tidak begitu bau telur menurut saya, tetapi yang benar-benar tidak suka cake kukus karena bau telur, bisa kok tambahkan vanila ekstrak supaya mengurangi bau telur.

Kalau saya boleh bilang, cake yang panggang rasanya mirip dengan bolu kering, hanya yang ini lebih lembut, lebih kaya rasa karena ada apelnya dan yang pasti tidak seret ditelan, tidak seperti bolu kering. 

Nah resep Russian Apple Cake (Sharlotka) ini saya gunakan resepnya dari blognya Natasha - Apple Sharlotka Recipe - Natasha Kitchen. Hmmm tidak menyesal deh mencoba resepnya, secara banyak juga yang sudah coba dan hasilnya memuaskan. Sipp deh... thanks Natasha for the recipe.

resep sharlotka panggang
russian apple cake versi panggang

resep sharlotka kukus
russian apple cake versi kukus
Oh iya, sudah ada beberapa resep yang saya coba menggunakan resepnya Natasha, kalau mau lihat ini dia resep yang saya coba, Potato Wegdes dan Black Forest Cake, hasilnya semua sesuai dengan selera saya.

Okey deh langsung ke resep saja ya...silakan... yang mau versi kukus saja atau versi panggang saja, bisa gunakan loyang bundar diameter 22 cm atau loyang persegi ukuran 20cmx20cm atau 22cmx22cm, versi panggang olesi dengan margarin/butter lalu taburi dengan tepung tipis sedangkan versi kukus, olesi bagian dasar dan samping dengan minyak goreng.

Sekedar info : Versi panggang Natasha menggunakan loyang bundar diameter 22cm dan waktu panggang 1 jam.

 
Russian Apple Cake (Sharlotka) Versi Panggang & Kukus
untuk 1 buah loyang tulban diameter 20cm, dan loyang bundar diameter 18cm
 
Bahan :
  • 6 butir telur
  • 1 cup gula pasir
  • 1 1/3 cup tepung terigu serbaguna/protein sedang (saya gunakan tepung terigu protein rendah/kunci biru) 
  • 1/8 sendok teh baking powder (saya gunakan 1/4 sendok teh)
  • 1/4 sendok teh garam (saya tambahkan sendiri)
  • 2 buah apel granny smith ukuran sedang (saya gunakan 1 buah apel granny smith dan 1 buah apel fuji)
  • gula bubuk untuk taburan cake panggang (saya gunakan kayu manis bubuk untuk cake kukus)

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang tulban, olesi dengan margarin/butter, taburi dengan tepung tipis saja, sisihkan, lalu siapkan loyang bundar, olesi dengan minyak goreng bagian dasar dan samping, sisihkan
  2. Panaskan oven, set di suhu 170 derajat celcius, panaskan kukusan dan alasi tutup kukusan dengan serbet bersih
  3. Di mangkuk, campur tepung terigu dan baking powder, serta garam jika pakai, ayak (saya tidak ayak, aduk saja dengan sendok)
  4. Kupas apel, masing-masing bagi 8 bagian lalu potong setebal 3mm kurang lebih, sisihkan
    apel untuk russian apple cake
  5. Kocok telur dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang kurang lebih selama 1-2 menit tergantung mixer masing-masing, masukkan gula pasir, lalu kocok hingga kental berjejak (saya kocok selama kurang lebih 8 menit)
    adonan russian apple cake
  6. Kurangi kecepatan mixer ke kecepatan rendah, masukkan tepung secara perlahan sambil terus dikocok hingga rata sebentar saja, matikan mixer
  7. Masukkan potongan apel, aduk rata dengan spatuala, sisakan setengah bagian untuk taburan
    cara membuat sharlotka
  8. Tuangkan ke dalam loyang tulban hingga 3/4 penuh, dan tuangkan sisanya ke loyang bundar, taburi dengan sisa potongan apel 
    loyang sharlotka
  9. Masukkan loyang tulban ke dalam oven, panggang selama kurang lebih 25 menit, masukkan loyang bundar ke dalam kukusan dan kukus dengan api sedang selama kurang lebih 15-20 menit
  10. Tes tusuk, matikan oven dan kukusan, keluarkan dari oven dan kukusan, dinginkan lalu keluarkan dari loyang
    cara membuat sharlotka kukus
  11. Taburi cake panggang dengan gula bubuk dan cake kukus dengan kayu manis bubuk


resep mudah sharlotka panggang
sharlotka panggang



resep mudah sharlotka kukus
sharlotka kukus



Nah semoga resep Russian Apple Cake (Sharlotka) versi panggang dan kukus ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya....

Selamat mencoba.....



NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Mba Monic .. aku bookmark yaaaaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo...monggo mba Lys dibookmark...hehehe... sippp...
      maaf kelamaan jawab komen ya mba...

      Delete
  2. wah aku kalau nama - nama roti, nggak hapal dan kurang paham mbak. Tahunya enak dan enak. Saya kalau lihat ini kok seperti bolu ya, hehehe. Sepertinya enak dan cukup buat membuat saya ngiler lihatnya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mas Anis, ini namanya saja yang keren gitu, russian apple cake, ya intinya cuma bolu kok, bolu apel, he he he...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.