Asinan Sayur Jakarta (Betawi)



resep asinan sayur betawi

Hari ini ingin coba buat asinan sayur betawi (jakarta), secara sudah cukup lama punya buku hidangan penyegar dari ide masak, hmmmm akhirnya dari beberapa resep, saya jatuhkan pilihan kepada resep asinan sayur ini. Eits, sebelumnya pernah coba juga buat gohu (asinan pepaya khas Manado) sendiri, terinspirasi dari buku resep ini juga.

Nah namanya juga hidangan penyegar, jadi rasanya pasti segar nih, apalagi lihat bahan-bahannya dan lihat fotonya pastinya, aih sudah terbayang menyantap asinan ini. Mana ada potongan tahu kuningnya, wah enak nih...saya penyuka tahu soalnya...

Setelah saya baca bahan-bahannya, ternyata untuk sayurannya saya hanya punya stok wortel di kulkas, jadilah saya harus ke pasar. Biasanya nih kalau belanja di pasar, untuk sayuran biasa, bumbu dapur dsb, cukup di satu kios saja. Nah karena ada bahan yang tidak ada di kios tersebut, sebut saja tahu kuning, lokio dan sawi asin, akhirnya saya harus ke kios yang lain.

Okeh deh, ternyata saya hanya bisa mendapatkan lokio dan tahu kuning, nah mau cari sawi asin lagi, saya harus ke kios yang lain lagi dan rasanya malas sekali, jadi walaupun namanya asinan, kali ini tanpa sawi asin.

Membuatnya sangat mudah ternyata, walaupun banyak elemen pendukungnya. Nah kalau dilakoni sendiri pasti berasa mudah, tapi lebih mudah lagi kalau tinggal makan, he he he...

Oh iya, di resep asli pelengkapnya ada menggunakan kerupuk kuning, hmmm karena tidak ada, jadi saya pakai emping saja, tetap enak juga..

Yang mau melihat resepnya, ini dia ya...silakan...resep sudah saya modifikasi sesuai dengan selera saya dan ketersedian bahan di dapur.

Asinan Sayur Jakarta (Betawi)
untuk 5 porsi

Bahan :
  • 1 buah wortel ukuran sedang, kupas, potong korek api
  • 100 gr kol, iris halus
  • 1/2 buah timun ukuran sedang, ambil bagian tanpa biji, potong korek api
  • 50 gr selada, potong-potong ukuran kurang lebih 2cm
  • 50 gr tauge, bersihkan akarnya
  • 6 batang lokio, iris kasar
  • 5 buah tahu kuning, rebus atau kukus, potong dadu kecil
  • 100 gr sawi asin, iris kasar (saya tidak pakai)

Bahan saus :
  • 2 sendok makan ebi, rendam dengan air panas, lalu sangrai
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 3 butir cabai rawit merah (jika suka pedas, tambahkan jumlah cabai rawitnya)
  • 100 gr kacang tanah goreng
  • 100 gr gula merah, sisir
  • 300 ml air
  • 2 sendok makan cuka masak (bisa ganti dengan air jeruk nipis/jus lemon/air asam jawa)
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan pelengkap :
  • 100 gr kacang tanah goreng
  • kerupuk kuning atau emping
 
Cara membuat : 
  1. Untuk membuat saus : campur semua bahan kecuali kacang tanah goreng, cuka dan garam, blender sampai halus, kemudian saat bahan tersebut masih di dalam blender, masukkan kacang tanah goreng ke dalam blender, blender kembali bersama sampai kacang berbutir
  2. Masukkan ke dalam panci, masak hingga mendidih, tambahkan garam dan cuka, aduk rata, cicipi rasanya, angkat dan dinginkan sejenak

Penyajian :
Tata sayuran di piring saji, beri potongan tahu, beri saus sesuai selera, taburi dengan kacang goreng dan beri emping, siap dinikmati


resep asinan sayur jakarta betawi

Nah semoga resep asinan sayur Jakarta (Betawi) ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera...


Selamat mencoba......




NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Awas lo mbak asam urat kalau kebanyakan makan emping, hehehe.... Eow asinan itu di Jakarta tow mbak? tak kira adanya di Bogor ew, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh tenang aja ga banyak kok empingnya, gorengnya cuma sedikit paling cuma 8 buah, buat pelengkap foto doang, ha ha ha...
      yang versi asinan jakarta rada berat rasanya mas, pake kacang kuahnya, kalau versi bogor lebih segar lagi...asem, manis, pedes...pokoke wuenak tenan le leduk, ha ha ha...

      Delete
  2. aduh seger banget ya kayaknyaa...aku jg suka asinan betawi...suka beli maksudnya...hahahaha....nyamnyamnyam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha....mba Vari bisa aja...
      kalau banyak yang jual kayaknya aku juga bakal sering beli neh mba...sayang di sini entah di mana ada yang jual asinan betawi ini..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.