Cake Pisang Kukus (Tanpa Zat Aditif)



cake pisang kukus tanpa emulsifier

Hari ini saya buat cake pisang kukus tanpa zat aditif, dengan campuran keju, taburan kismis, irisan pisang dan keju parut. Hmmm rasanya bagaimana? enak...serius...apalagi nih pisangnya berasa sekali. Sudah lama sih ingin buat cake pisang lagi yang versi kukus. Selama ini tertunda terus, jadi mumpung kemarin beli pisang barangan 1 sisir, sebelum pisangnya membusuk, cepat diolah.

Cake pisang ini saya buat sengaja tanpa tambahan zat aditif, makanya prosesnya membutuhkan mixer, he he he...tapi tidak masalah euy selagi peralatan mengocok belum disimpan bekas membuat sugar cookies kemarin.

Nah tadinya sempat bingung mau pakai resep yang mana, apa resep cake pisang simple versi panggang yang pernah saya posting sebelumnya, tinggal dirubah saja prosesnya jadi dikukus. Hmmm akhirnya saya putuskan lagi, pakai resep Russian apple cake saja deh, resep yang ini soalnya cakenya lembut, tinggal dimodif sedikit, apel ganti pisang.

Karena saya suka perpaduan pisang dengan keju juga, makanya tadi mumpung ada stok keju, sekalian ditambahkan keju di adonan dan sebagai taburan juga. Tapi kalau pemakaian keju ini optional ya, seadanya saja, dan saya yakin tanpa keju pun enak.

resep cake pisang keju kukus

Cara mengukus cake ini sama saja dengan cara mengukus cake lainnya, hanya karena ini tujuannya bukan membuat cake kukus mekar, jadi gunakan api sedang saja mengukusnya, jangan gunakan api besar. Alasi tutup kukusan dengan serbet bersih supaya tetesan air tidak mengenai adonan cake. Jangan buka tutup kukusan selama proses mengukus supaya kuenya tidak menciut atau turun.

Nah setelah cake matang memang cake agak sedikit menggembung, tetapi begitu sudah dingin cake akan rata kembali, tetapi cake ini tidak bantat ya, hanya memang sedikit padat, karena tanpa zat aditif yang digunakan, baik itu cake emulsifier, baking powder ataupun baking soda.

Oh iya, karena pisang yang saya gunakan tidak begitu halus, jadi ada bagian yang masih besar sedikit mengumpul di bagian dasar cake. Kalau tidak mau begitu, sebaiknya pastikan pisang benar-benar halus ya supaya bisa menyebar ke seluruh adonan cake, tidak menumpuk di bagian bawah. Untuk pisangnya sendiri saya gunakan pisang barangan, pisang berkulit kuning yang banyak dijual di Batam. Selain pisang barangan, bisa gunakan pisang ambon, pisang cavendish ataupun pisang uli atau pisang manis jenis lainnya.

Okey deh, sekarang langsung meluncur ke resep ya....silakan...

Cake Pisang Kukus
untuk loyang bundar diameter 18cm

Bahan :
  • 3 butir telur ukuran sedang suhu ruang
  • 100 gr gula pasir
  • 85 gr tepung terigu protein rendah (saya gunakan merk kunci biru)
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 1/4 sendok teh garam
  • 5 buah pisang barangan, tanpa kulit beratnya total 150gr, haluskan (bisa gunakan pisang ambon, pisang cavendish, pisang uli, dll)
  • 30 gr keju cheddar, parut

Bahan taburan : *optional
  • 10 gr keju cheddar parut
  • 30 gr kismis
  • 2 buah pisang barangan, iris melintang kurang lebih setebal 2mm

Cara membuat :
  1. Siapkan kukusan, isi air secukupnya, panaskan dengan api sedang
  2. Siapkan loyang, olesi minyak goreng tipis saja, sisihkan
  3. Dengan mixer kecepatan tinggi kocok telur selama kurang lebih 1 menit hingga mengembang, tambahkan gula pasir dan vanili bubuk, kocok kembali selama kurang lebih 4-5 menit sampai kental berjejak (bisa lihat contoh adonan di russian apple cake), kurangi kecepatan mixer ke kecepatan rendah, masukkan tepung secara perlahan, kocok sebentar, tambahkan pisang dan keju parut kocok sebentar saja asal rata, matikan mixer
  4. Tuangkan adonan ke dalam loyang, susun potongan pisang di atasnya, beri taburan keju parut, beri kismis
    adonan cake pisang kukus
  5. Ambil tutup kukusan, alasi dengan serbet bersih, kukus adonan kurang lebih selama 20 menit, test tusuk
  6. Keluarkan loyang dari kukusan, dinginkan, setelah dinginkan keluarkan cake dari loyang, potong-potong, siap disajikan
    membuat cake pisang kukus

Nah semoga resep cake kukus pisang tanpa zat aditif dengan topping keju, pisang dan kismis ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera.....

resep cake pisang tanpa zat aditif

Selamat mencoba....







NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Aku pernah makan yang beginian lho mbak,,, memang enak sekali mbak. Owalah begini tow cara memasaknya. Apalagi ada kejunya, hmmmm bikin kagak nahan ingin segera merasakannya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas begini cara buatnya....he eh mas ada kejunya jadi makin sipp rasanya, yang suka keju banget, mantap neh kalau kejunya ditambah lagi takarannya...

      Delete
    2. Gk ada pake margarin atau minyak ya mba?

      Delete
    3. Halo...iya benar ga pake minyak ataupun margarin atau juga butter di cake ini..

      Delete
  2. Mbak, jadi total berat pisang tanpa kulit yang diperlukan sebanyak 150 gr saja atau 150 gr x 5= 750 gr? Terima kasih. *dari Inge*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Inge, berat pisangnya tanpa kulit sebanyak total 150gr mba, bukan 750gr, sudah saya update mba di keterangan resepnya, sudah saya tambahkan totalnya 150gr tanpa kulit.

      Terima kasih mba Inge...

      Delete
  3. Mbak Monic, sore kemarin bikin ini, dan berhasil! Rasa enak, walau gak gurih krn tdk pake margarin/butter/minyak, tp yg begini lbh sehat ya. Saya punya 4 pisang raja yg sdh matang sekali, jadi harus segera diolah. Cari resep yg mudah, dan akhirnya memutuskan pake resep di atas. Mudah bikinnya, bhn2 ada, gak usah keluarkan oven, belum pernah coba sblmnya, dan rasanya enak.... Saya kemarin pake cetakan kecil2. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Sisca, wah senang deh kalau berhasil ya mencoba resep ini, dan memang sih walaupun tanpa margarin/minyak ataupun butter rasanya tetap enak.. wah seru juga kali ya pakai cetakan kecil2

      Terima kasih juga ya karena mba Sisca sudah mencoba dan info hasilnya..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.