Nasi Gudeg di Batam



nasi gudeg di batam

Walaupun neh nasi gudeg khas kota Jogja, ternyata makanan satu ini sampai juga di Batam. Wah pencinta gudeg tidak harus ke Jogja donk ya, di Batam pun ada. Bagi yang belum pernah makan nasi gudeg, ingin mencobanya, bisa.

Nah selama ini kalau ingin makan nasi gudeg, ya selalu ke warung gudegnya mba Mar. Warungnya sederhana saja, dan terletak di perumahan, dulu saya pernah ulas sekilas tentang nasi gudeg mba Mar ini, sekarang saya ulas lagi buat penyegar, he he he...

Karena warung gudegnya mba Mar ini letaknya tidak begitu jauh dari lokasi saya tinggal, maka saya tidak pernah makan di tempat, selalu bawa pulang. Letaknya masih sama, di Perumahan Muka Kuning Indah I atau Genta I, Batu Aji, di jalan lintas perumahan Genta I, kalau dari arah bundaran Mesjid, letaknya di sebelah kanan jalan.

Memang di jalan lintas ini, banyak sekali yang jual makanan, mulai dari nasi padang, bakso solo, ketoprak, siomay, sate padang, aneka gorengan, beragam jenis es, bahkan bakso bakar semarang, ada juga ayam goreng kalasan dan banyak lagi, jadi melintas saja di jalan ini, tinggal pilih-pilih mau nyangkut kemana...he he he...

Tadi beli nasi gudeg ini jam 1 siang, nah dari rumah sudah tahu mau pesan apa, secara memang nasi gudeg mba Mar ini ada beberapa jenis, nasi gudeg komplit dengan standar gudeg, tahu, ayam, telur, sambal krecek tempe serta tak lupa arehnya. Ada lagi nasi gudeg ayam, berarti tanpa telur, dan nasi gudeg telur berarti tanpa ayam.

Nah tadi lihat di daftar menu, nasi gudeg komplit harganya 18 ribu rupiah, nasi gudeg ayam : 15 ribu rupiah dan nasi gudeg telur : 13 ribu rupiah. Hmmm cukup murah kan ya...
Dengan yakin, begitu datang langsung deh pesan mba, nasi gudeg komplit ya....waduh ayamnya habis eh...adanya gudeg telur saja. Oh ya sudah deh mba...nasi gudeg telur saja.

Mungkin karena seringnya yang beli gudeg ini orang Jawa kali ya, jadi si mba Mar ini ngomong bahasa jawa ke saya. Lah kalau orang ngomong jawa saya mengerti, jawabnya bahasa jawa lagi itu yang bingung. Ya kalau sepatah dua patah kata jawabannya, saya masih bisa ngomong, selebihnya, kembali lagi ke bahasa Indonesia.

Kalau dari segi rasa, menurut saya nasi gudegnya enak lho, nasinya empuk lembut berpadu semua pelengkap lainnya apalagi dengan siraman areh, duh makin enak. Hanya untuk sambal kreceknya, dominan tempe dibanding kreceknya, tetapi bagi saya yang tidak begitu doyan krecek malah oke yang begini. Ealah tapi begini ini ya, makan sampai setengah porsi saya masih menikmatinya, selebihnya saya sudah merasa eneg kemanisan, ha ha ha...tapi ya saya habiskan juga, enak sih...weleh weleh..

Biasanya kalau beli gudeg ini, satu porsi dapat 1 butir cabai rawit, nah sebagai penyuka pedas, rasanya kurang afdol kalau hanya 1 butir saja cabai rawitnya, jadi sebelum membeli gudeg saya selalu memastikan kalau di kulkas ada stok cabai rawit, he he he, jadi untuk menikmati seporsi nasi gudeg ini, paling tidak butuh 10 butir cabai rawit, nah baru deh rasanya semakin enak.

Hmmm setelah cukup lama melihat postingan wisata kuliner Sang Petualang- mas Anis Hidayah yang seringnya gudeg (walaupun tidak hanya gudeg) dan kelihatannya semua menggoda, akhirnya saya samperin juga tuh warung gudegnya mba Mar, aihh akhirnya tidak hanya ngiler, bisa menikmati sendiri.

Tadinya coba mau buat sendiri gudeg ini, seperti yang pernah saya coba buat karena terprovokasi dengan kelezatan kuliner-kuliner liputan mas Anis, sebut saja, ayam geprek, oseng-oseng mercon bahkan sate petir pak Nano wanna be. Tapi apa daya setelah saya baca-baca cara membuat gudeg serta pelengkapnya, saya memilih menyerah, lebih baik beli, ha ha ha...tinggal meluncur sebentar ke warung gudegnya mba Mar, pesan, bayar, bawa pulang dan sikat....

Oh iya, selain di Batu Aji ini, ada juga warung gudeg mba Mar, di daerah Batam Center, dekat dengan Carnaval Mall, jadi kalau dari arah Mesjid Raya, di perempatan lampu merah pertama sebelum Carnaval Mall, belok kanan, letaknya tidak jauh dari perempatan tersebut dan terletak di sebelah kiri jalan.

Yang mau menikmati nasi gudeg di Batam, silakan meluncur ke sana ya, nasi gudegnya pokoke enak deh menurut selera saya....tapi saya tidak bisa membandingkan dengan gudeg yang lain, apalagi gudeg asli Jogja, belum pernah makan sih...he he he....

nasi gudeg mba mar batam

Sippp semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat orang-orang Batam yang rindu makan nasi gudeg...


 


NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Hahahaha,,,,
    Dari harganya kalau untuk standar Batam itu lumayan cukup murah ya mbak,,, ya kalau dibandingkan dengan Jogja masih murahan Jogja sieh selisihnya 2 - 3 ribuan lah. Iya mbak, setuju biasanya kalau ada arehnya itu gudegnya biasanya enak banget. gurih - gurih gimana gitu.... Sekarang berarti Mbak Monic sudah tidak nelan ludah lagi, hehehehe pizzzzzz (angkat 2 jari)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau standar Batam kayaknya lumayan murah neh... wuihh bener neh gudeg enak banget..setelah sekian lama hanya liat doank di blognya mas Anis..he he he..
      ga pake acara ngiler nelan ludah lagi liat gudeg ha ha ha...pisss

      Delete
  2. Walah murah bingit itu mb monic. Aku juga kalo pingin gudeg komplit, pilih beli aja. Ogah bikin tetek bengek pelengkapnya hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mba, termasuk murah itu ya....mungkin murah karena letaknya di perumahan kali ya mba...
      he eh mba Rina, mending beli deh...toss ah he he he... ribet amat kayaknya kalau buat..banyak elemen pelengkapnya...

      Delete
  3. wih jadi rindu batam.
    postingannya bikin nelen ludah.
    saya dulu sering ke warung mba mar karena temen se kost hoby makan gudeg. tp ya itu muanis bener gudegnya. anyway tetep enak, apalagi anak kost yg jarang masak, uda dibeli sikat aja.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sering ke warung mba mar juga ya... bener gudegnya manis bener tapi tetap aja enak, he he he...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.