Bihun Goreng Jawa Polos Tanpa Kecap



resep bihun goreng jawa putih

Masih dengan resep dari draft, jiahh....maafkan belum sempat masak lagi neh...kali ini resep yang tayang adalah bihun goreng jawa polosan putih tanpa kecap. Ceritanya buat bihun ini memang sedang ingin makan yang polosan saja, bukan karena kehabisan kecap, he he he...

Jadi di Batam ada tuh penjual nasi kuning, mie rebus kuah kacang dan lontong sayur. Jadi si bude ini jualannya memang pagi hari, khusus sarapan pagi, oh iya tak lupa selain menu yang saya sebutkan di atas, bude ini juga menjual aneka gorengan sebut saja, bakwan, tahu serta tempe yang dibuat sendiri oleh si bude ini. Selain itu juga ada kue-kue titipan seperti misalnya lemper, putri ayu, dll.

Dengan harga yang cukup murah untuk harga di Batam, tetapi rasanya cukup enak, maka kalau sedang ingin makan nasi kuning, maka kami akan meluncur ke tempat bude ini. Nah karena sudah sering ke sana, jadinya si bude ini hafal dengan kami. Kalau sudah lama tidak ke sana pasti ditanya, kemana saja, kok lama tidak kelihatan, begitu selalu pertanyaannya kalau kami lama tidak ke sana.

Nah jika pesan nasi kuning, salah satu pelengkapnya selain kering tempe, telur rebus dan sambal, ada juga bihun gorengnya yang dibuat polos saja tanpa kecap. Hmmm karena suka dengan bihunnya, jadinya ingin deh sekali-sekali coba buat bihun goreng polos begini, mumpung ada stok bihun juga di dapur, jadilah dengan bahan seadanya buat bihun goreng jawa ini.

Untuk resep ini sih karena memang resep bihun goreng jawa, bumbunya menggunakan bumbu mie goreng jawa ataupun bihun goreng jawa dengan rebung seperti yang sudah saya posting sebelumnya, beda-beda tipis saja.

Berikut resep bihun goreng jawa polosan putih tanpa kecap ini ya...silakan...

Bihun Goreng Jawa

Bahan :
  • 150 gr bihun kering, seduh dengan air panas, angkat dan tiriskan
  • 100 gr dada ayam, potong kecil sesuai selera
  • 2 butir telur 
  • 3 batang pak choy atau sawi minyak, potong-potong
  • 5 lembar kol, potong-potong
  • 1 genggam tauge
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus :
  • 8 siung bawang putih, goreng
  • 5 butir kemiri, goreng
  • 1/2 sendok teh merica butiran, goreng
  • 2 sendok makan ebi, rendam air hangat, tiriskan

Cara membuat :
  1. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan potongan dada ayam, aduk rata dan masak hingga berubah warna, ketepikan tumisan, masukkan telur, orak-arik hingga matang
  2. Tambahkan sawi minyak, kol dan tauge, aduk rata dan masak sebentar sampai mulai sedikit layu, masukkan daun bawang
  3. Masukkan bihun, aduk sebentar, tambahkan saus tiram dan garam, masak sambil diaduk rata
  4. Cicipi rasanya, tambahkan garam atau saus tiram jika dirasa perlu
  5. Angkat dan siap dihidangkan
  6. Nikmati dengan tambahan irisan cabai rawit atau saus sambal, atau juga sambal cabai rawit dan bawang putih yang direbus dengan diberi sedikit air dan diberi sedikit gula dan garam

resep bihun goreng jawa polos tanpa kecap

Ternyata mudah sekali kan membuat bihun goreng jawa polosan tanpa kecap ini, silakan mencoba ya dan semoga cocok dengan selera....


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

10 comments:

  1. duhh ngiler liat telurnya hhmmm.....
    kalo di ciledug, bihun polos gini buat isian risol di tukang gorengan. Campuran bihunnya paling pol pake wortel sama daun bawang.
    Meski gitu tetep enak ya bihun polosan gini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mba polosan gini enak juga, he he he...oh iya di Batam ada tahu isi pake bihun polosan, hanya kalau untuk tahu isi aku lebih suka yang isi sayur, kalau isi bihun...cepat kenyang...kalau makan tahu isi cuma 1 biji sudah kenyang duluan ga seru, hi hi hi...

      Delete
  2. Hmmmm enak ya mbak,,,,? enak ada telurnya
    cuman kalau aku yang makan, tak pilihin tuh telurnya mbak, hehehehe,,, kurang suka juga dengan bihun :-) tapi kalau di buat pedes, ya jadi suka, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak mas ini...bagi yang suka bihun tentunya...yang ini ga pedes, ya jadinya karena suka dengan pedes, buat sambel rawit n bawang putih yang puedess baru mantep makannya...

      Delete
  3. Hi monica,
    Wah ini favourite famili akak... Kalau di sini
    Dipanggil mee hoon goreng putih...cuma tidak diletak telur...
    Akak suka mee hoon dari mee kuning....;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi kak Ayu... wah mantap famili kak Ayu suka dengan mee hoon putih begini...
      saya lihat2 memang di blog kak Ayu cukup banyak resep mee hoon ya...hmmm next time mau trylah resep kak Ayu, he he he...

      Delete
  4. Nah aku suka kalo tanpa kecap, yuk tambahin cabe rawit potong biar makin yummy hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas bener, tambahin cabe rawit potong...endes deh jadinya...

      Delete
  5. Endes mbak, resepnya langsung aku praktekin bener2 enak, ga pake cabai rawit atau sambal udah enak, pacar saya jadi nambah lagi makannya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mantap tuh, eits tapi pacarnya nambah karena enak atau lapar, he he he.. wah senang deh kalau suka ya walaupun tanpa sambal atau cabai rawit...
      terima kasih ya sudah mampir dan info hasil ujicoba resep ini..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.