Ayam Sambal Kemangi



resep ayam sambal kemangi

Hari ini saya sempatkan posting resep dulu ya, maklumlah mumpung lagi rajin juga ngetik-ngetik, walaupun entah mau mengetik apa ya. Nah resep yang tayang kali ini adalah resep ayam sambal kemangi. Kalau sudah bereksperimen dengan resep aneka sambal rasanya paling mudah. Secara memang saya suka sekali masakan sambal begini, jadi dimodifikasi sedikit jadinya memberikan variasi sambal-sambalan.

Bagi penyuka sambal seperti saya, lihat yang merah-merah bercabai begini suka membuat lapar mata, apalagi tuh kalau sudah makan di rumah makan prasmanan, kalau lihat yang merah-merah sambal rasanya mau dipindahkan ke piring semua, kalau tidak mengingat akan penuhnya piring dan akan mahalnya harga makanan saya, akhirnya saya urungkan.

Paling tidak ambil sambal-sambalnya saja, tanpa lauknya, paling tidak hitungannya gratis sambalnya saja, he he he....

Membuat ayam sambal kemangi ini mirip-mirip dengan sambal kemangi dengan teri sih, pernah saya buat dan saya posting juga beberapa waktu yang lalu. Nah karena menggunakan kemangi, sambal begini tentu lebih harum ya dan jadinya lebih meningkatkan selera makan, ha ha ha... rasanya satu piring nasi kok kurang ya, halah...wat gawat..

Okey deh, saya pusing mau menulis apa lagi, secara memang sedang buntu...berikut langsung ke resep ya...silakan

Ayam Sambal Kemangi

Bahan :
  • 800 gr daging ayam, potong sesuai selera (saya gunakan tanpa kulit)
  • 1 buah jeruk nipis ukuran besar
  • 2 batang daun bawang, potong ukuran 2cm 
  • 5 lembar daun jeruk
  • 3 genggam daun kemangi
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh garam 
  • minyak untuk menggoreng ayam

Bahan sambal :
  • 100 gr cabai merah keriting
  • 10 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 buah tomat ukuran sedang

Cara membuat :
  1. Cuci bersih ayam, kucuri dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 15 menit, bilas, goreng hingga matang, tapi jangan terlalu kering, sisihkan
  2. Tumis bahan sambal, masukkan daun jeruk, tambahkan daun bawang, masak sampai sambal matang dan tidak langu
  3. Masukkan ayam, tambahkan garam, aduk sebentar, tambahkan daun kemangi dan kucuri dengan air jeruk nipis, masak sampai daun kemangi mulai layu, cicipi rasanya
  4. Angkat dan siap dihidangkan

cara membuat ayam sambal kemangi

Nah semoga resep ayam sambal kemangi yang sangat mudah dibuat ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba ya...



NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Monica,
    wah nampak berselera betul ayam masak sambal kemangi ni..
    dulu pernah cuba buat tapi guna daging..memang enak rasanya..
    aduh terliur sudah..dengna aroma daun kemangi tu sudah cukup penuh air liur dimulut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai kak Ayu,
      benar kak, kalau masak pakai kemangi ini rasanya enak, ada aroma wangi kemangi itu yang menggiurkan, he he he...
      wah daging masak kemangi juga mantap tuh kak..jadi ikutan terliur bayangkan daging kemangi

      Delete
  2. Memang enak rasanya,,,,
    beberapa hari lalu aku makan daun kemangi dicampuri dengan teri,,,
    biasanya nggak suka ama daun kemangi, eh sekarang sudah tahu gimana caranya menyukai daun kemangi itu,,,, :-) Wuenak tenan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, enak ya masakan pakai kemangi ini, wah enak kamangi campur teri
      oh mas Anis biasanya ga suka kemangi ya, disambal mentah ala sambal cibiuk enak pakai banget mas, apalagi dibuat super pedas, duh enaknya..he he he..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.