Hanya Resep Soto Ayam



resep soto ayam

Sudah lama tidak makan soto, nah tadinya mau beli saja neh di dekat rumah, kalau tidak soto padang, soto medan atau malah soto kwali. Setelah saya bayang-bayangkan lagi, enak beli atau buat, akhirnya saya putuskan buat soto ayam sendiri saja, secara memang tidaklah terlalu sulit membuat soto sendiri, asal bahan-bahannya ada, he he he...

Setelah bolak-balik blog walking, colek mas Anis Hidayah, yang beberapa hari terakhir ini kebanyakan mengulas soto-soto yang ada di Jogja, maka tentu saja ngiler dengan soto ini donk, jadi biasa ya, kalau sudah ngiler ya akhirnya jadi ingin makan soto juga, halah...

Sekarang harga soto sudah pada naik semua, jadi rata-rata harga soto tanpa nasi tersebut sudah dibandrol dengan harga 12 ribu rupiah. Hmmm padahal ya sama saja, tidak ada peningkatan rasa ataupun porsi yang sebanding dengan kenaikan harga.

Kalau bicara soto, di Batam ini sejak beberapa tahun terakhir ini sedang menjamur yang namanya waralaba soto kwali sukoharjo. Jadi di beberapa tempat ada, dan memang ternyata tidak pernah sepi lho pembeli soto kwali ini. Nah soto kwali ini kuahnya bening dan ada 2 pilihan, soto daging sapi atau daging ayam. Kalau masalah rasa, soto ini ringan kalau boleh saya katakan, tidak seperti soto padang dan soto medan.

Nah karena namanya soto kwali, jadi memang kuah sotonya itu dimasak dengan kwali, atau periuk dari tanah liat. Pelengkap sotonya adalah irisan kol, soun, bawang goreng, daun seledri dan sambal cabai rawit serta irisan jeruk nipis. Dan yang selalu tersedia sebagai tambahan adalah sate telur puyuh dan sate paru yang bisa dibeli kalau tidak habis, he he he...

Oh iya, kalau di soto kwali ini, garam dan penyedap tidak ditambahkan di kuahnya, jadi ketika ada pesanan baru deh garam dan penyedap ditambahkan ketika meracik bahan pelengkapnya. Pernah dan sering malah kalau saya beli dan biasanya kalau saya tidak lupa bilang, saya akan katakan kalau sotonya tanpa penyedap. Dan memang kalau tanpa penyedap, sotonya menjadi kurang gurih, kurang greget rasanya, jadi kuah sotonya kurang nendang rasanya.

Upps kenapa ngomongin soto kwali ya, kembali ke resep soto yang saya buat kali ini, nah soto ini bumbunya dan penampakannya mirip-mirip soto padang, hanya beda-beda tipislah ya. Kali ini saya iseng menambahkan yang namanya kas kas di soto ini. Penasaran juga dengan rasanya kalau digunakan sebagai bumbu soto. Tetapi menurut saya biasa saja, tidak ada rasa yang menonjol karena penambahan kas kas ini.

Saya pernah ulas tentang kas kas di postingan saya opor ayam & telur puyuh, silakan klik linknya ya jika ingin tahu lebih jauh tentang kas kas ini. Di bawah ini saya berikan saja gambarnya ya... biar ada bayangan sedikit.

kas kas dan ketumbar

Pelengkap soto ayam ini saya buat juga perkedel kentang, resepnya pakai resep perkedel kentang padang. Supaya lebih afdol menyantap soto versi agak lengkapan sedikit dan mumpung agak rajin hari ini, kalau sudah malas ya bye bye deh, malah kalau malas boro-boro buat, ada juga beli, he he he...

Ayamnya saya rebus dulu bersama bumbu tumis, baru kemudian digoreng lalu disuwir-suwir. Jadi ingat masakannya Sophie, animal goreng buat makanan Shere Khan, tokoh harimau di Jungle Book. Beberapa hari yang lalu Sophie sedang suka nonton Jungle Book ini, nah berhubung dia punya mainan harimau, maka setelah dia nonton dia cari tuh harimaunya. Begitu ketemu dia langsung katakan kalau harimaunya itu Shere Khan.

Shere Khan mau makan katanya, jadi dia letakkan mainan dinosaurus di wajan mainan yang diletakkan di kompor mainan juga. Ibu lihat, animalnya sudah matang, Shere Khan mau makan animal goeng (animal goreng), ha ha ha....saya tertawa dengan masakan animal gorengnya Sophie, jadi saya lihat beberapa dinosaurus di wajan mainannya, halah bisa saja nih anak.

Okey deh kepanjangan lagi ya...berikut resepnya saja... (resep soto ayam ini ya, bukan resep animal goreng, he he he...)

Resep Soto Ayam

Bahan :
  • 1 kg daging ayam (saya gunakan bagian dada dan sayap tanpa kulit)
  • 1 buah jeruk nipis ukuran besar 
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • 8 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang daun bawang, potong 2cm
  • 1 batang kayumanis @4cm
  • 3 butir kapulaga
  • 1 butir kembang lawang/pekak
  • 3 butir cengkeh
  • 2 sendok teh garam (atau sesuaikan dengan selera)
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • 2 liter air

Bumbu halus :
  • 10 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 2 cm lengkuas
  • 2 cm kunyit
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • 1 sendok teh ketumbar sangrai
  • 1 sendok teh kas kas, sangrai

 Bahan sambal cabai rawit : haluskan dengan blender
  • 10 butir cabai rawit merah
  • 3 sendok sayur kuah soto

Bahan pelengkap :
  • perkedel kentang
  • telur rebus
  • daun bawang dan seledri, iris
  • tauge pendek
  • soun, seduh dengan air panas
  • jeruk nipis
  • bawang goreng

Cara membuat :
  1. Cuci bersih ayam, kucuri dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 15 menit, bilas
  2. Didihkan air, masukkan ayam, biarkan mendidih
  3. Tumis bumbu halus, masukkan daun salam, daun jeruk, serai, kapulaga, pekak, cengkeh, kayumanis, aduk rata dan masak hingga harum dan tidak langu
  4. Masukkan ke dalam air rebusan ayam, lalu masukkan daun bawang, tambahkan garam, masak hingga mendidih dan biarkan agak lama hingga kuah soto makin gurih karena kaldu ayamnya
  5. Cicipi rasanya, begitu sudah pas, angkat potongan ayam, tiriskan dan goreng sampai kecoklatan, angkat, tiriskan dan suwir-suwir
  6. Kuah soto siap digunakan, sajikan soto dengan pelengkapnya

resep soto ayam bening

Nah semoga resep soto ayam yang saya buat kali ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya....


Selamat mencoba....


NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. weih, enak nieh mbak sotonya,,,,
    tapi belum sama nasi aja udah segitu ya,,,, ya lumayan agak mahal itu mbak kalau di Jogja... Hehehehe,,,
    akhirnya buat juga resep sotonya,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mas, enak sotonya, buat sendiri jadi bisa suka-suka isinya apa saja dan tentunya banyak jadinya, puas-puasin deh

      bener mas, banyak ternyata ya, jadi tanpa nasi saja sudah banyak gitu, eh pas tuangkan sotonya ke piring isi nasi kok jadi membludak begitu piringnya, padahal nasinya ya sedikit, he he he
      sebenarnya kalau makan tanpa nasi saja sudah kenyang eh, nah pakai nasi, ya kenyang pol

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.