Tekwan Khas Palembang



resep tekwan palembang

Makanan khas Palembang yang tidak kalah tenar selain pempek adalah tekwan. Biasanya tekwan, model dan pempek menjadi satu bagian yang dijual di warung pempek. Tekwan sendiri rasanya beda tipis dengan model, hanya beda tekwan bentuknya bola-bola tidak beraturan, sedangkan model bentuknya besar dan berisi tahu, lalu dipotong-potong jika akan disajikan.

Nah tekwan yang saya buat ini masih sama dengan resep model tahu yang saya buat waktu itu, secara adonannya sama ya. Hanya kali ini saya tambahkan bahan yang sedikit beda dari tekwan kebanyakan, apa itu? melenceng memang, tapi setelah saya coba enak, he he he... yaitu tauge dan irisan sawi hijau. Apakah aneh? memang bagi yang biasa menikmati tekwan standar cukup aneh, pertama kali makan yang begini saya rasa juga aneh...

Jadi ceritanya waktu saya pulang ke Palembang beberapa waktu yang lalu, di dekat rumah ada warung bakso. Nah selain bakso, ternyata ada juga tekwan dan model. Jadi warung bakso ini ramai sekali loh. Sempat tutup beberapa waktu yang lalu karena pemiliknya bermasalah, nah setelah tutup cukup lama, eh begitu saya pulang lagi, sudah buka kembali warungnya dan pemiliknya beda.

Jadi karena ini yang jual orang Jawa Tengah ya, baksonya itu khas bakso Solo, bukan jenis bakso Malang, secara kalau di Palembang memang banyak bakso Solo, mungkin lebih cocok lidah orang Palembang dengan bakso Solo. Nah bakso ini kan pelengkapnya tauge dan irisan sawi hijau, ealah mentang-mentang bersanding dengan bakso, tekwan dan model pun diberi tauge dan sawi hijau. Jadi pertama beli, celetuk saya, aneh ah masak sih tekwan sama seperti bakso? Tapi tetap ya saya makan juga, dasar....he he he...eh setelah makan, loh kok enak ya...ada sensasi kres kres tauge selain jamur kupingnya itu..lalu ada sayur sawinya...wah boleh nih kata saya.

Tekwan yang dijual di warung tersebut minus sedap malam dan bengkuang, jadi tambahannya hanya timun cacah, jamur kuping, tauge dan sawi hijau. Tapi soun, daun seledri dan bawang goreng tetap ya standar kalau yang ini. 

Oh iya yang belum tahu apa itu sedap malam, di bawah ini saya sertakan gambarnya. Jadi sedap malam ini bukanlah bunga sedap malam ya. Jadi sedap malam yang biasa digunakan pada masakan adalah bunga pisang yang dikeringkan. 
sedap malam masakan
sedap malam

Jadi karena suka, tidak sekali donk saya beli tekwan ini, selain enak, memang beda dengan yang lain, dan harganya pun standar. Dan yang pasti tidak pakai lama belinya, walaupun banyak pembelinya baik itu yang makan di tempat ataupun bawa pulang. 

Hmmmm terinspirasi dari tekwan bertauge dan bersawi hijau itu maka saya buat juga. Nah bagi yang belum terbiasa, bisa jadi paduan ini aneh dan melenceng, tapi kalau suka ya jadi suka, tapi bisa juga tidak suka, kembali ke selera masing-masing. Makanya bahan tauge dan sawi hijau saya buat optional ya...ini adalah tekwan ala orang Jawa...he he he...

Yang mau tahu resepnya, ini dia silakan...

Tekwan Khas Palembang
kurang lebih sama dengan resep model tahu Palembang

Bahan :
  • 100 gr daging ikan parang-parang (bisa gunakan ikan tenggiri, gabus, kakap atau ikan putih lainnya)
  • 100 gr udang, kupas, kulit dan kepala sisihkan untuk kuah
  • 1 butir telur
  • 50 ml air es
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 100 gr sagu tani
  • air untuk merebus bola-bola tekwan kurang lebih 1000ml ditambah 1 sendok makan minyak goreng

Bahan kuah :
  • 2000 ml air
  • 150 gr udang, kupas, cincang
  • kulit dan kepala udang yang sudah dicuci
  • 6 siung bawang putih, haluskan
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 200 gr bengkuang, potong memanjang
  • 30 gr jamur kuping kering, rendam dengan air dingin hingga mengembang, iris
  • 50 gr sedap malam kering, rendam hingga lunak, simpulkan lalu cuci
  • 5 sendok makan kecap ikan
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 3 batang seledri, iris halus
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan pelengkap :
  • soun, seduh, tiriskan
  • timun, cacah
  • sambal cabai rawit (rebus cabai rawit dengan sedikit kuah model, haluskan, atau jika malas, iris saja cabai rawit, beri kecap asin)
  • bawang goreng
  • seledri iris
  • jeruk limau atau jeruk nipis
  • ebi sangrai halus (optional)
  • tauge (optional)
  • sawi hijau (optional)

Cara membuat :
  1. Masukkan daging ikan, udang, telur dan air es ke dalam chopper atau food processor atau blender, haluskan, tuang ke dalam mangkuk, beri garam dan merica bubuk, aduk rata, tambahkan sagu tani, aduk dengan sendok saja sampai tercampur rata
  2. Didihkan air, beri minyak goreng
  3. Ambil sedikit adonan, rebus atau goreng, cicipi rasanya, tambahkan garam jika dirasa perlu
  4. Bentuk adonan menggunakan 2 buah sendok, langsung cemplungkan ke dalam panci berisi air lalu rebus hingga mengapung, lakukan sampai adonan habis, angkat dan sisihkan
    bola bola tekwan
  5. Siapkan kuah, rebus kepala dan kulit udang hingga kuah mendidih, dengan saringan ambil kulit dan kepala udangnya, buang
  6. Tumis bawang putih halus hingga harum, masukkan udang cincang, masak hingga berubah warna, tuang ke dalam kuah
  7. Tambahkan irisan daun bawang, seledri, garam dan merica bubuk serta kecap ikan
  8. Masukkan bengkuang, jamur kuping dan sedap malam, masak hingga bengkuang matang, cicipi rasanya
  9. Masukkan tekwan ke dalam kuah, masukkan juga tauge dan sawi hijau jika pakai, masak sebentar

Penyajian :
Di piring saji, beri soun, ambil beberapa buah bola-bola tekwan berikut tauge dan sawi hijaunya, beri kuah tekwan, tambahkan timun cacah, irisan seledri dan bawang goreng, tambahkan sambal cabai rawit, kucuri dengan jeruk limau atau jeruk nipis, siap dinikmati.


resep tekwan khas palembang

Nah semoga resep tekwan khas Palembang yang saya buat kali ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera...


Selamat mencoba....



NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Hahaha,,, suka - suka penjualnya mbak Monic, tekwannya di kasih tauge dan sawi hijau,,,, akhirnya enak kan nggak ada yang aneh? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh ternyata ga aneh eh mas, enak malah he he he... penjualnya memang suka2

      Delete
  2. POSITIP !!!! lapar !!! tapi ngga bisa buat sendiri hehehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakak....maaf ya mas jadi lapar lihat tekwan ini, sayang mas ga tinggal di Palembang, kalau ga tinggal cusss ke warung pempek n tekwan ini he he he

      Delete
  3. hi Monica,
    akak tak pernah tahu menu ini..rasanya bagaimana ya..
    tak dapat nak bayangkan...:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi kak Ayu
      rasanya seperti makan sup bola ikan tapi pakai kaldu udang, he he he gimana tuh kak?
      kalau di Palembang - South Sumatera, tekwan ini favorit kak, jadi signature dish di sana, coba sekali-sekali kak Ayu buat, siapa tahu suka...

      Delete
  4. jadi laper nih mbak, boleh lah ini nanti dicoba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he....silakan dicoba mas Erwin...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.