Telur & Nanas Masak Habang



telur nanas masak habang

Setelah sukses suka dengan rasa ayam dan telur habang khas Banjar yang pernah saya coba sebelumnya, hmmm rasanya ingin makan lagi neh menu begini, bumbunya serius enak, cocok dengan selera saya, ada manis dan pedas dan rasa rempahnya...laziz pokoke masakan Banjar ini, bagaimana dengan telur & nanas masak habang?

Ketika ingin makan masakan begini lagi, apa mau dikata, ayam tidak ada stoknya di freezer, hanya ada telur, eits ada nanas juga, hmmm mulai deh berpikir, enak kali ya dicampur nanas, jadi rasanya mungkin mirip-mirip dengan pajri nanas juga kali ya, nah yang ini ngarang secara waktu mau masak begini tidak ada lihat resep pacri nanas dulu, he he he... ternyata memang miriplah untuk penggunaan rempah kayumanis, dkk serta penggunaan cabai merah keringnya.

Lalu lihat stok cabai merah kering, yahhhh tinggal 10 buah...ah tapi seadanya saja deh, semoga enak, dan benar deh rasanya enak, nanas dimasak habang atau masak merah begini enak...nyam-nyam apalagi saya masukkan cabai rawit merah utuh ke dalam masakan ini, duh rasanya klop..sesuai..he he he...nulis begini jadi lapar deh membayangkan masakan ini.

Oh iya, bagi yang baru mulai-mulai belajar masak, nah kalau bingung dengan beberapa bumbu yang digunakan dalam masakan ini, berikut saya beri gambarnya ya....hanya cengkeh, kapulaga, kayumanis, pekak atau nama lainnya kembang lawang atau star anise, hmmm sekalian gambar cabai merah keringnya, yang lainnya standar, pasti sudah pada tahu kan?

rempah kayumanis pekak kapulaga cengkeh

cabai merah kering

Nah sekarang lanjut ke resep telur nanas masak habang atau masak merah ini ya, silakan....

Telur & Nanas Masak Habang

Bahan :
  • 1 buah nanas ukuran sedang, kupas lalu potong sesuai selera
  • 5 butir telur rebus
  • 10 butir cabai rawit merah utuh
  • 35 gr gula merah, sisir
  • 1 batang kayu manis @4cm
  • 5 butir cengkeh
  • 2 butir kapulaga
  • 1 butir pekak/kembang lawang/star anise
  • 1/2 sendok teh garam
  • 200 ml air
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus :
  • 10 buah cabai merah kering, rendam dengan air panas sampai lunak kurang lebih 10 menit, tiriskan (jika mau lebih merah, tambahkan jumlahnya)
  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 cm jahe
  • 1 sachet terasi

Cara membuat :
  1. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan pekak, kapulaga, kayumanis dan cengkeh, aduk rata dan masak sampai tidak langu
  2. Tambahkan air asam jawa dan gula merah, aduk rata kembali, tuangkan air, masukkan telur dan nanas, masukkan garam, tambahkan cabai rawit merah, aduk rata dan masak hingga kuah menyusut dan kental, cicipi rasanya
  3. Angkat dan siap dihidangkan

telur dan nanas masak merah


Nah semoga resep  telur & nanas masak habang atau masak merah ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera....


Selamat mencoba....


NewerStories OlderStories Home

11 comments:

  1. Replies
    1. ayo buat yang begini tante Lina... sedapp he he he

      Delete
  2. Hi Monica,
    Habang tu merah ya..kiranya masakkan ini telur & nenas masak merah?
    oh pasti sedap ni ada nenas, rasa manis, masam semua ada..
    terliur juga akak tengok...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi kak Ayu, iya kak, habang itu merah, jadi ini telur dan nenas masak merah, he eh kak nenasnya membuat tambahan rasa manis dan masam... enak kak

      Delete
  3. Wow rasanya pasti muantappp nih jadi pengen nyoba nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh kang rasanya mantap ini, seger karena ada nanasnya...silakan dicobain kang...semoga cocok dengan selera

      Delete
  4. ayam pake nanas, wuih pasti seger yah. mendadak ngeces hihi......

    ReplyDelete
  5. ealah ini kepala beberapa waktu terakhir eror deh karena badan kurang fit. Judulnya aja telur kok bilang ayam hahahaaa...........

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha....kurang konsen nih mba Rina...tapi ayam dan telur masih deketan kok mba...

      Delete
  6. salah nih sore-sore mampir ke blog Monica.

    Bikin laper bener deh.

    Mana itu aduh, ah susah bilangnya deh.

    Weekend kayaknya harus coba bikin nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh... silakan dicoba mas Erwin, semoga pas dengan selera...
      siapkan nasi hangat yang banyakan ya....he he he
      terima kasih sudah mampir loh

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.