Ayam Goreng Tepung Krispi Saus Teriyaki



resep ayam goreng krispi saus teriyaki

Ayam tepung begini kalau Sophie bilangnya ayam kupuk (ayam kerupuk, karena kriuk-kriuknya itu). Nah resep ini sudah lama saya simpan di draft, baru deh sekarang mau ditayangkan. Jadi ceritanya waktu itu buat ayam krispi kriuk ini buat Sophie, hmmm sekalian deh buat bapak sama emaknya juga, jadi buat agak banyak.

Berhubung Sophie dan bapaknya ogah makan yang bersaus begini, jadinya saya masak ayam goreng krispi saus teriyaki ini buat saya sendiri, secara waktu itu sedang ingin makan teriyaki, nah karena ada ayam tepungnya, jadi tinggal buat sausnya saja.

Saus ayam goreng tepung bisa aneka jenis, suka-suka kita saja, selain saus teriyaki, bisa coba ayam tepung saus asam manis atau juga ayam tepung saus lada hitam, nah baru ini yang saya buat ya. Selain itu bisa juga kalau mau coba saus lemon, atau saus-saus lainnya, saya belum ada ide pakai saus apa lagi.

Nah untuk resep ayam tepung krispinya sendiri, resepnya kurang lebih mirip dengan resep popcorn chicken krispi, hanya kali ini potongan dada ayamnya tidak saya beri bumbu selengkap popcorn chicken yang ini, secara kan mau diberi saus.

Oh iya, kalau bicara tentang teriyaki, rasa khas manis dan rasa bawang putih jahe yang cukup intens ya menurut saya. Nah karena cukup manis inilah makanya bapaknya Sophie tidak doyan dengan menu teriyaki, jadi kalau saya buat teriyaki-teriyaki-an, kalau tidak makan sama sekali ya paling makannya hanya sedikit. Ya namanya juga selera ya...tiap orang beda-beda, jadi kalau masak yang teriyaki-teriyaki-an, buat makanan lain buat bapaknya Sophie.

Berbagai resep teriyaki ada di blog ini, mulai dari ayam teriyaki saori (yang ternyata banyak juga yang lihat postingan saya yang ini), lalu ada tahu teriyaki, beef teriyaki (termasuk resep favorit juga), chicken teriyaki pizza, bakso ayam saus teriyaki, tahu & jamur teriyaki dan ayam teriyaki tanpa bumbu instan.

Nah kalau melihat resep teriyaki yang sudah saya coba, ternyata memang saya suka dengan masakan teriyaki ini, he he he... jadi yang namanya suka ya jadinya sering buat kan ya...  

Oh iya kalau lihat postingan di blog saya ini, minus resep-resep ikan air tawar, seperti mujair, nila, ikan mas, patin, lele, dll ikan tawar lainnya. Hmmmm harap maklum ya, karena yang punya blog tidak suka makan ikan-ikan ini, jadi tentu tidak suka masak ikan-ikan tersebut juga, he he he...

Okey deh, daripada kelamaan, berikut resep ayam goreng kriuk saus teriyaki dengan brokoli ini ya...

Ayam Tepung Krispi Saus Teriyaki

Bahan ayam goreng tepung :
  • 300 gr dada ayam tanpa kulit dan tulang, potong panjang kecil dan tipis
  • 300 gr tepung terigu protein sedang, misal merek segitiga biru atau bola salju
  • 300 ml air es
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk

Bahan rendaman :
  • 1 sendok teh bawang putih bubuk
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 butir telur, kocok lepas

Bahan saus teriyaki :
  • 1 buah brokoli ukuran kecil, potong-potong
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong 2 lalu iris melintang, setengah lingkarang, tebal kurang lebih 5mm
  • 5 siung bawang putih, cincang
  • 3 sendok makan saus teriyaki
  • 1 sendok makan tepung maizena, larutkan dengan 250 ml air
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat  ayam goreng tepung krispi :
  1. Campur jadi satu bumbu rendaman, masukkan potongan dada ayam, aduk rata hingga ayam terbalut dengn bumbu rendaman
  2. Di mangkuk, campur tepung, garam dan merica bubuk, aduk rata, sisihkan
  3. Panaskan minyak yang cukup banyak dengan api sedang
  4. Letakkan berdampingan, mangkuk rendaman yang berisi potongan dada ayam, air es dan tepung, ambil beberapa buah dada ayam, masukkan ke dalam tepung, cubit-cubit (atau tekan-tekan perlahan dengan ujung jari sehingga tepung menempel), celupkan ke dalam air es secara cepat, masukkan ke dalam tepung kembali, cubit-cubit kembali sampai tepung kelihatan keriting, lalu ketukkan sisa tepung, goreng, lakukan untuk sisa potongan ayam tadi
  5. Goreng hingga matang, garing dan kecoklatan (kunci supaya tepung bisa keriting adalah potongan ayam terendam dengan minyak seluruhnya)
  6. Angkat potongan ayam dan tiriskan, sisihkan

Cara membuat saus teriyaki :
Tumis bawang putih sampai kuning keemasan, masukkan bawang bombay, tumis sampai tranparan, masukkan brokoli, aduk rata, masak hingga berubah warna, tambahkan larutan maizena, saus teriyaki dan kecap manis, aduk rata, masak hingga mendidih dan mengental, cicipi rasanya, tambahkan kecap atau saus teriyaki jika dirasa kurang, angkat

Penyajian :
Tata potongan ayam goreng tepung krispi di piring saji, tuangkan saus teriyaki secukupnya, beri taburan wijen sangrai jika suka


resep ayam tepung saus teriyaki

Nah semoga resep ayam goreng tepung krispi saus teriyaki ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya....


Selamat mencoba....




NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Ternyata banyak jenisnya tow mbak tentang masakan ayam goreng ini,,,,
    Aku tahunya cuman ya ayam di goreng krispi dan rasanya kriuk - kriuk,,, benar kalau Sophie bilang ayam kerupuk,,, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banyak jenisnya tergantung yang masak juga sih mas, banyak jenisnya karena ya beda2 sausnya aja sih, atau malah ayam goreng kriuk versi geprek, ayamnya sih gitu2 aja, nah variasinya ini yang bisa jadi banyak... ayam kerupuk memang enak di kriuk2nya ya mas..

      Delete
  2. Rajin yah bikin ayam tepung gini. Aku sekarang kok muales sih bikin kayak ginian, gak kayak dulu. Mungkin karena di deket rumah banyak yang jual jadi kalo pingin tinggal beli deh.
    Ayam dikasih saus teriyaki sedep juga ya. Cucok gitu lho...

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he iya mba pas lagi rajin aja ini mba... soalnya kadang neh si Sophie suka minta buatkan ayam kupuk, di dekat rumah sih banyak juga yang jual, cuma ada rasa pedesnya dikit, nah Sophie ga doyan yang pedes gini, jadi kalau ditanya mau beli apa buat ayam kupuknya, dia bilang buat aja...kayak dia aja yang buat he he h...
      he eh mba cucok ya ayam dikasih saus teriyaki

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.