Lumpia Talas (Taro Spring Roll)



resep lumpia talas

Masih dengan resep yang ada di draft, satu persatu ditayangkan, supaya satu persatu keluar dari persembunyian, he he he....nah kali ini ada resep lumpia talas atau taro spring roll. Sebenarnya saya buat ini bersamaan dengan buat epok-epok talas beberapa waktu lalu, secara isian talasnya masih cukup banyak dan saya cukup malas untuk membuat kulit epok-epok lagi, jadinya mau yang praktis, pakai kulit popiah atau spring roll atau kulit lumpia saja.

Nah yang namanya kulit spring roll pastry ini memang sangat praktis, jadi biasanya saya selalu sedia kulit spring roll ini di freezer, siapa tahu butuh tinggal pakai saja. Kulit lumpia ini bisa ditemukan dengan mudah di swalayan di bagian makan beku ya, cari saja yang namanya spring roll pastry. Secara banyak sekali penganan yang bisa dibuat dengan kulit spring roll ini. Mau isian manis ataupun gurih, mau tanpa isian, semua enak. Sudah banyak resep yang saya coba dengan menggunakan kulit lumpia ini, silakan cari di kolom search ya, kata kunci lumpia.

Pada dasarnya, lumpia talas ini mirip dengan lumpia ubi jalar yang pernah saya buat. Nah jenis lumpia begini memang membuat kenyang ya, jadi cocok juga buat sarapan, disantap bareng dengan secangkir kopi ataupun teh lalu sambil baca koran pagi...halah...

Baca berita terkini, politik, hiburan bahkan berita seputar kota, itu kalau koran lokal, he he he, kalau di Batam ada yang namanya Batam Pos. Nah dulu waktu masih kerja, biasanya Batam Pos hari Sabtu dan Minggu yang jadi incaran saya, secara banyak lowongan pekerjaan. Suka sekali baca-baca peluang kerja, siapa tahu bisa pindah kerjaan he he he... secara saya ternyata orangnya bosanan, jadi karir saya bekerja di satu tempat hanyalah 4 tahun paling lama, selebihnya kurang dari itu, hadeuh...

Oh iya jadi ingat dulu ketika awal pindah ke Batam, saya kerja di salah satu perusahaan asing Amerika yang membuat beberapa komponen pesawat terbang, salah satunya komponen pesawat Boeing. Jadi saya ke Batam karena memang sudah lebih dulu diterima bekerja, jadi proses perekrutan di Surabaya, wawancara awal sampai wawancara dengan user yang dilakukan via telepon sampai dengan tanda tangan kontrak kerja semua dilakukan di Surabaya, jadi saya ke Batam sudah tinggal bekerja saja. 

Uniknya perusahaan yang ini, mereka tidak melakukan tes tertulis sampai berulang kali, hanya tes interview, umum dan teknikal. Jadinya memang masalah teknikal mesin dan proses permesinan yang jadi bahan pertanyaan interview. Terima telepon interview dari kos-kosan, sambil dilihatin sama ibu kosnya, sebagai support dari si ibu kos yang baik hati. 

Sampai Batam, hanya kenal dengan HR Managernya, secara beberapa kali beliau ke Surabaya dalam rangka perekrutan, jadi minta tolong si bapak jemput di bandara, ah untungnya si bapak baik hati, beliau dan salah seorang staffnya menjemput saya. Kemudian staffnya mengajak saya ke perusahaan sampai kemudian saya diantar ke hotel yang disediakan selama seminggu sampai saya mendapat kos-kosan sendiri.

Selama bekerja, untungnya ini perusahaan Amerika ya, yang penting hasil kerja yang diutamakan, tidak begitu ketat seperti perusahaan Jepang. Jadi di kala bosan di depan komputer ataupun di line produksi, saya memilih menyegarkan muka di toilet atau rest room.

Hmmmm dapatlah telepon aneh, nomor yang tidak saya kenal di HP saya (upps waktu itu sudah mampu beli HP sendiri secara sudah kerja bok...he he he). Suara laki-laki begini katanya, ini dari kepolisian, nomor anda digandakan dan dipakai untuk melakukan kejahatan, jadi mulai sekarang sampai 2 jam ke depan anda harus mematikan ponsel anda. Hmm tidak terima begitu saja, saya langsung berkata, bagaimana penjelasannya kenapa saya yang harus mematikan ponsel saya, apa hubungannya dengan nomor tersebut. Begini jawaban orang tersebut dengan setengah membentak, pokoknya anda harus mematikan ponsel anda, dan langsung memutuskan pembicaraan.

Yahhh saya tidak terima donk, enak saja...kenapa saya yang harus repot mematikan HP saya dan si bapak yang katanya dari kepolisian tersebut menolak menjelaskan lebih jauh sampai saya mengerti. Jadinya saya tidak matikan donk HP saya. Eh tidak lama ada telepon masuk lagi, dari adik saya, Ayuk (dia memanggil saya ayuk dalam bahasa Palembang yang artinya kakak perempuan), kamu tidak apa-apa? Iya, saya tidak apa-apa, kenapa memangnya? 

Lalu dia berkata, kamu di mana sekarang? di kantor saya jawab, saya sedang bekerja. Loh kok ada yang telepon ke rumah katanya kamu di rumah sakit, kamu kecelakaan lalu lintas. Jadi orang itu yang mengantar kamu ke rumah sakit, dan nanti dia akan hubungi rumah lagi.

Loh saya bilang kok begitu, akhirnya baru deh bicara-bicara lagi, ahai ternyata baru nyambung kalau ternyata saya dan keluarga saya di Palembang adalah calon korban penipuan. Nah memang ada modus yang begini, jadi nanti kalau saya menurut mematikan HP saya, nah keluarga saya di Palembang bisa kena tipu donk ya, bisa saja diminta mengirim sejumlah uang untuk biaya pengobatan di rumah sakit. Nomor saya tidak aktif, jadi dengan mudah penipu itu merajalela menggunakan kesempatan tersebut. Tega sekali kan...

Begitu saya tutup pembicaraan dengan adik saya, saya menelepon nomor penipu tersebut dan setelah berkali-kali saya coba hubungi tidak diangkat juga, akhirnya saya sms dengan kata-kata makian. Belum puas rasanya kalau tidak memaki secara langsung penipu itu.

Akhirnya saya telusuri lagi, dari mana orang ini mendapat nomor telepon saya dan nomor telepon keluarga saya yang ada di Palembang, eng ing eng....ternyata beberapa waktu sebelumnya saya ada mengisi formulir aplikasi kartu kredit. Hmmmm ternyata orang ini adalah oknum yang mempunyai akses ke data personal saya.

Ternyata memang modus penipuan banyak sekali ya, ada juga yang menelepon saya yang mengatakan saya memenangkan undian lalu pakai bertanya saya bawa atm tidak? dia akan memandu saya menggunakan atm. Kemudian ada yang menelepon lagi mengatakan kalau dia teman yang waktu itu urus SIM, mengatakan kalau dia dari kepolisian juga dan ada barang sitaan dan hendak menjual murah barang sitaan seperti laptop dan hp. Lalu di sms list barang dan harga yang ternyata memang sangat murah. Duh... belum lagi ada yang menelepon pura-pura kenal, lalu saya bilang siapa ya...ah masak lupa... dan saya ini malah sok tahu, pakai menyebut nama orang yang sudah lama tidak ketemu lagi, secara mirip suaranya  di awal, ealah ternyata modus lagi, berkata kalau dia ketemu perhiasan jutaan rupiah di toilet SPBU. Dan saya langsung katakan tidak dan saya katakan kalau ternyata dia bukan orang yang saya kenal.

Nah kalau sms mama atau papa minta pulsa, jangan ditanya, sering sekali. Lalu ada yang telepon juga langsung ngomong sok kenal. Kamu isikan pulsa ke nomor ini ya...lalu ditutup deh. Lah...enaknya dalam hati saya. Bejibun sms mengatakan saya menang undian BRI, BNI, Mkios, halah...lalu ada beberapa kali sms mengatakan, kami sudah setuju dengan harganya, untuk proses lebih lanjut silakan hubungi nomor suami saya di .......      nah loh... apalagi ya??????

Ahai....kepanjangan cerita kali ini....jadi itulah cerita penipuan yang pernah saya alami, dan untungnya tidak pernah sampai terjadi. Dan ternyata ada beberapa orang yang menjadi korban ya, makanya jadinya merajalela mereka para penipu ini ya. Jadi kita lebih baik hati-hati ya dan jangan mudah percaya dengan orang lain.

Okey deh, berikut resep lumpia talas yang sangat mudah sekali dibuat ini ya.... semoga bisa jadi inspirasi walaupun resep ini amat teramat sangat mudah sekali... catatan : lumpia ini tidak tahan lama ya, hanya sehari karena isinya dikukus saja.

Lumpia Talas (Taro Spring Roll)

Bahan :
  • 10 lembar kulit lumpia/spring roll/popiah, saya gunakan ukuran 20cmx20cm
  • 300 gr talas, kukus dan haluskan
  • 3 sendok makan gula halus
  • 1 cup air untuk merekatkan kulit
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
  1. Campur talas halus dengan gula halus, aduk rata dan cicipi rasanya, jika dirasa kurang manis silakan tambahkan gula halus lagi
  2. Ambil satu lembar kulit lumpia, isi dengan bahan isian secukupnya, lipat dan gulung kulit lumpia, rekatkan dengan air supaya tidak membuka ketika digoreng
  3. Goreng dengan minyak yang sudah dipanaskan sebelumnya, goreng dengan api sedang-kecil sampai kuning kecoklatan
  4. Angkat dan tiriskan minyaknya
resep taro spring roll

Nah semoga resep lumpia talas atau taro spring roll pastry ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...








NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. wah ada - ada saja ya mbak Monic, modus penipuan itu. Aku semuanya udah pernah ngalami mbak, cuman kalau yang disuruh mematikan HP ku, belum pernah. Tapi kalau suatu saat dapat yang modus seperti itu, udah dapat pengetahuannya dari mbak Monic, wokelah mbak, terima kasih sudah berbagi pengalamannya, :-)
    Lumpianya nggak pakai rebung berarti ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Anis, begitu deh, banyak ya ternyata modusnya...ya semoga jadi pengetahuan buat yang lain supaya lebih hati-hati, sipp mas Anis, sama-sama
      Iya mas, kali ini lumpia versi manis, jadi tanpa rebung..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.