Nasi Goreng Teri



resep nasi goreng teri

Hari ini posting resep mudah dulu ya, hanya resep nasi goreng teri. Nah nasi goreng ini memang jadi pilihan kalau ada sisa nasi kan...atau malah sengaja buat nasi goreng tanpa perlu menunggu nasi sisa. Jadi ceritanya buat nasi goreng ini buat Sophie sarapan, buat nasi goreng yang cepat dan simple saja deh, pakai bahan yang ada saja.

Bicara tentang nasi goreng, nah kalau googling, wuih banyak sekali deh resep-resep nasi goreng yang biasa sampai dengan yang unik. Dan sepertinya nasi goreng memang tidak ada matinya kan, sampai hari ini nasi goreng tetap menjadi menu favorit untuk sebagian orang, termasuk saya kakak... 

Kalau beli ada 2 tempat warung nasi goreng yang saya suka beli, di satu tempat saya suka sekali beli nasi goreng sayur dan bakso, nah di tempat lain favorit saya adalah nasi goreng kampung. Biasanya saya suka pesan nasi gorengnya pedas. Tapi pedasnya ternyata tidak sesuai selera saya, bahkan saya pernah pesan ke penjualnya, saya pesan nasi goreng kampung super pedas ya...tapi super pedasnya bahkan tidak pedas sama sekali buat saya.

Nah kalau mau buat nasi goreng sesuai selera memang seharusnya buat ya, gunakan bahan-bahan yang ada saja kan, jadi deh nasi goreng ala kita. Oh iya, belakangan ini bumbu standar nasi goreng yang saya gunakan adalah bawang putih, merica bubuk, kecap ikan, kecap manis dan saus tiram, selebihnya diganti-ganti sesuai dengan bahan tersedia.

Kunci nasi goreng enak, gunakan nasi putih kemarin atau nasi dingin yang cukup berai, jangan gunakan nasi lembek. Kalau menggunakan nasi di rice cooker, ambil dulu secukupnya, diamkan sekitar setengah jam di suhu ruang, baru deh diolah. Selain itu selalu gunakan api besar untuk memasaknya, jadi bumbu meresap dan nasi goreng jadi cukup kering.

Berikut resep nasi goreng teri yang saya buat kali ini ya....siapa tahu bermanfaat buat yang baru belajar membuat nasi goreng sendiri. 

Nasi Goreng Teri

Bahan :
  • 1 piring nasi dingin
  • 1 genggam teri, goreng garing
  • 5 batang daun seledri, iris
  • 5 siung bawang putih, memarkan, lalu iris tipis
  • 1 butir telur
  • 1 sendok teh saus tiram
  • 1/2 sendok makan kecap ikan (kecap ikan sudah asin, jadi saya tidak tambahkan garam lagi)
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan olive oil
  • bawang goreng untuk taburan

Cara membuat :
  1. Dengan api besar, tumis bawang putih sampai harum dan berwarna kuning keemasan, ketepikan ke tepi teflon, masukkan telur, orak-arik sampai matang, campur dengan tumisan bawang putih, masukkan daun seledri, aduk rata
  2. Masukkan nasi, tambahkan kecap manis, saus tiram, kecap ikan, kecap manis dan merica bubuk, aduk rata dan masak hingga benar-benar tercampur rata
  3. Masukkan teri goreng, aduk rata kembali, cicipi rasanya, tambahkan apa yang dirasa perlu
  4. Angkat dan hidangkan, beri taburan bawang goreng


resep cara buat nasi goreng teri

Nah semoga resep nasi goreng teri yang simple ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Enak euy ada terinya,,,,
    Aku keinget dulu mbak ama masakan orang tua saya,,, nasi goreng di kasih teri,,, rasanya juga gak aneh,,, enak lagi, :-)
    mau, mau,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mas, nasi goreng pakai teri memang enak...

      ini Sophie aja doyan...bukan mas Anis aja yang suka he he he..

      Delete
  2. enak pasti,mbak Monic. ngiler sore-sore hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mba Yuyu... enak ada campuran terinya yang renyah

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.