Oven Baked Fish & Chips



oven baked fish n chips

Beberapa hari yang lalu beli fillet ikan dori, nah punya ide sekali sekali buat fish & chips tapi buat yang versi panggang saja, secara masih berusaha mengurangi goreng-gorengan dulu. Nah fish & chips ini pasti sudah banyak yang tahu kan, sudah pada makan dan malah ada yang sudah punya resep andalan sendiri, karena memang makanan yang satu ini memang bukanlah makanan yang baru. Nah saya saja yang baru punya kesempatan membuat sendiri fish n chips ini.

Untuk fish n chips yang saya buat ini, sausnya simple saja ah, hanya pakai mayonnaise dan saus sambal ekstra hot, tapi tetap ya rasanya maknyuss, he he he...simple but yet delicious. 

Membuatnya juga sangat mudah, berhubung masih ada stok tepung roti, maka saya manfaatkan deh tepung roti ini, panko bread crumb dari Primera yang dengan baik hati memberi saya sample produk mereka. Nah resep roti goreng sosis, nugget pisang serta roti goreng pandan srikaya adalah resep yang saya coba menggunakan tepung panko ini.

Oh iya, di resep ini saya menggunakan campuran bawang putih di tepung rotinya, nah bawang putihnya saya parut lalu saya tumis dengan sedikit minyak zaitun, lalu masukkan tepung roti dan masak hingga tepung roti sedikit kecoklatan. Dengan begini tepung rotinya tetap garing dan ketika selesai dipanggang tidak begitu bau bawang putih yang menyengat. Secara dulu saya pernah coba buat chicken nugget versi panggang, hanya saya tidak puas dengan hasilnya, bau sekali bawang putihnya, walaupun dari segi rasa tetap enak, hanya sedikit terganggu dengan aroma bawang putih.

Untuk resep kentang panggangnya (chips), saya gunakan resep yang kurang lebih sama dengan resep potato wedges yang pernah saya posting sebelumnya. Nah saya buat 2 versi juga, satu yang pedas dengan tambahan cabai bubuk dan sedikit merica hitam dan satu yang tidak pedas.

Okey deh tanpa lama-lama berikut resepnya ya, silakan...

Oven Baked Fish & Chips

Bahan Fish :
  • 250 gr fillet ikan dori
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 cup tepung panko/tepung panir/tepung roti
  • 3 siung bawang putih, parut atau haluskan
  • 1/4 sendok teh merica hitam bubuk, atau merica hitam butiran yang dihaluskan 
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan olive oil
  • 2 butir telur ukuran kecil, kocok dengan garpu asal bercampur

Bahan chips :
  • 4 buah kentang ukuran cukup besar, cuci bersih, sikat kotoran yang menempel pada kentang, biarkan kulitnya
  • 4 sendok makan olive oil
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh merica hitam bubuk, atau merica hitam butiran yang dihaluskan
  • 1 sendok teh cabai bubuk
  • 1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
  1. Potong kentang memanjang menjadi 8 atau 6 bagian tergantung ukuran kentang, rendam dengan air es yang diberi es batu hingga semua bagian kentang terendam, diamkan selama kurang lebih 30 menit, sementara itu siapkan ikan
  2. Potong-potong ikan dori memanjang, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, aduk rata dan sisihkan
  3. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan tepung roti dan aduk rata, tambahkan garam dan merica hitam bubuk dan masak hingga berubah kecoklatan, angkat dan tuangkan ke dalam piring, sisihkan
  4. Siapkan loyang, alasi dengan alumunium foil, sisihkan
  5. Siapkan 2 mangkuk kecil, satu mangkuk isi dengan 2 sendok makan olive oil, merica bubuk dan 1/4 sendok teh garam, aduk rata, di mangkuk satu lagi, campur sisa olive oil, merica bubuk hitam dan cabai bubuk serta 1/4 sendok teh garam, aduk rata
  6. Ketika sudah 30 menit, tiriskan kentang, lap kentang dengan tisu dapur hingga kering, bagi 2 kentang
  7. Siapkan 2 buah kantung plastik transparan, masukkan kentang ke dalam masing-masing kantung, satu kantung diberi campuran olive oil tanpa cabai bubuk dan satu lagi diberi campuran olive oil dengan cabai bubuk, kocok hingga semua bagian kentang terkena campuran olive oil, lalu susun kentang di loyang (lihat gambar caranya di resep potato wedges)
  8. Kemudian siapkan ikannya, celupkan potongan ikan ke dalam telur kocok, balurkan ke dalam tepung roti yang sudah dimasak tadi bersamaan dengan bawang putih, letakkan di loyang, lakukan sampai habis
  9. Panaskan oven, set di suhu 200 derajat celcius, masukkan loyang berisi kentang dan ikan ke dalam oven, panggang selama kurang lebih 30-35 menit sampai kentang garing dan ikan matang (tergantung oven masing-masing)
    cara buat fish n chips panggang
  10. Angkat dan siap dihidangkan


resep oven baked fish and chips

Nah semoga resep oven baked fish and chips ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba.....


NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Hi monica
    Malam2 siapkan draft untuk esok..
    Schedule post...ternampak fish & chips didapur Monica..
    Terus singgah mana tau dapat rasa..heheh
    Ya potong kecil2 begini lagi senang dimakankan..
    Lagi2 tentu Sophie pun suka ni...;)

    Happy mothers day to you ya..
    Hari ni Mother's Day diSingapore..
    Indonesia sama juga kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak Ayu,
      iya kak, potong kecil begini lebih enak, bisa dicemal cemil he he he... iya Sophie suka yang ini kak

      Oh iyakah Mother's Day di Singapore ya kak, Happy Mothers Day ya kak...di Indonesia, tanggal 22 December kak..

      Delete
  2. lebih sehat y mba kalo dioven, ga berminyak :) blm kesampaian terus nih beli oven

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Kania, lebih sehat, ga terlalu berminyak tapi bisa kering dan cukup garing, minyak yang digunakan hanya sedikit saja dan gunakan minyak zaitun

      hayo mba semangat....semoga cepat kesampaian punya oven ya...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.