Soun Goreng Simple



resep soun goreng simple praktis

Saya belum masak menu baru lagi neh, masih masak yang biasa saja dan sedang tidak mood foto-foto, malah kemarin malas sekali masak, pergi ke luar beli keperluan dapur, hmmmm pulangnya bapaknya Sophie ajak makan makanan India. Sempat ragu juga, tapi lapar sekali perut, akhirnya kami beli makan di rumah makan Martabak Har. Saya beli nasi briyani sayur dan bapaknya beli nasi briyani ayam, Sophie kami belikan garlic naan bread. Secara Sophie sudah makan sebelum berangkat.

Rumah makan Martabak Har ini memang spesialis makanan India, selain ada juga rumah makan Maharaja. Kalau Martabak Har letaknya di daerah Nagoya, simpang CIMB Niaga, letaknya persis di pojokan lampu merah, tidak jauh dari Nagoya Hill. Nah kalau di Palembang, rumah makan martabak Har adalah khusus rumah makan yang menjual martabak Har, di mana Har itu adalah kepanjangan dari Haji Abdul Razak, si pendiri rumah makan martabak ini.

Kalau martabak har di Batam, memang ada juga salah satu menunya adalah martabak har, lalu ada martabak ayam, daging sapi, telur. Dan setelah saya tanya apa bedanya martabak har ini ternyata kalau martabak har adalah martabak yang lebih banyak telurnya. Untuk kuah karinya sama saja. Dan kalau mengenai rasa, tentu enak martabak har di Palembang kalau menurut saya. Tetapi untuk martabak lainnya enak martabak har di Batam ini. Lalu makanan lain yang pernah kami coba, semua enak sesuai dengan selera kami, jadi kami ini adalah konsumen tetapnya he he he... setiap ingin makan makanan India, kami akan meluncur ke sana.

Dan memang pemilik rumah makan martabak har ini adalah orang India, hanya sudah mahir bahasa Indonesia. Jadi kalau mau makan sebut saja chicken tikka masala, chicken tandori, naan bread dengan berbagai variasi, prata bread dengan berbagai variasi, lalu makanan india lainnya, silakan meluncur ke rumah makan martabak har ini ya.

Nah kalau rumah makan Maharaja, kami hanya 2 kali mungkin makan di sana, dan saya lupa rasanya, he he he, sudah lama sekali tidak makan di sana. Kalau Maharaja ini letaknya di ruko Palm Spring, sungai panas, satu deretan dengan supermaket Gelael dan KFC, yang mau ke sana tinggal cari saja di sekitar situ ya... bisa rasakan perbedaannya.

Jadi kalau mau menikmati makanan India di Batam, silakan menuju ke rumah makan Martabak Har di Nagoya ataupun rumah makan Maharaja di Palm Spring, Sungai Panas ya....

Hmmmm menikmati nasi briyani memang cukup unik, selain nasinya panjang-panjang karena menggunakan beras basmathi, juga rasanya sungguh berempah. Nah siap-siap tergigit yang namanya kapulaga atau juga cengkeh dan pekak. Saya kalau tidak hati-hati ya sering menggigit rempah ini. Tapi rasanya maknyus, makanya favorit kami ya selalu nasi briyani ini. Nah kalau beli nasi briyani pasti dilengkapi dengan kuah kari dan acar. Yang saya suka mereka tidak pelit dengan acar, acarnya diberi cukup banyak, dan rasanya segar. Acarnya selain timun dan wortel, ada juga bawang bombay dan tomat. Nah saya belum pernah buat acar versi begini, lain kali saya coba buat sendiri, rasanya enak menurut saya.

Uppps pembicaraan yang cukup ngelantur ya, padahal saya mah mau posting resep soun goreng yang simple saja, buatnya sudah berapa minggu lalu. Hanya belum sempat saya posting, jadi biasalah ya ngendon di draft dulu. Lumayan kalau sedang malas masak dan malas foto-foto, bisa jadi bahan postingan...he he he...

Jadi ini ceritanya waktu itu saya ingin makan soun goreng, dan memang saya sudah ada stok soun keringnya di dapur sudah cukup lama. Nah saya maunya buat yang berkecap dan buat yang simple saja, hanya dengan tambahan sawi hijau, tauge, dada ayam dan telur. Secara sedang ingin makan yang beginian saja. Pas lagi semua bahan ada stoknya, kalau begini enak deh, tinggal eksekusi saja resepnya.

Memang membuat mie goreng, bihun goreng, kwetiau goreng dan soun goreng ya pada dasarnya sama saja ya, bahannya juga itu-itu saja, tinggal divariasikan saja. Hanya memang supaya enak, membuat yang goreng-goreng begini kuncinya adalah gunakan api besar, akan terasa bedanya loh kalau menggunakan api besar, lebih enak rasanya.

Okey deh, langsung ke resep saja ya...silakan.... (resep kurang lebih sama dengan resep mie goreng kecap yang pernah saya posting sebelumnya ya...)

Soun Goreng Simple

Bahan :
  • 200 gr soun kering (saya gunakan soun jagung)
  • 150 gr dada ayam, iris tipis
  • 2 butir telur
  • 5 batang sawi hijau/cai sim, potong-potong
  • 2 genggam tauge
  • 1 batang daun bawang, iris sesuai selera
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong sesuai selera
  • 5 sendok makan kecap manis 
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus :
  • 5 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah

Cara membuat :
  1. Seduh soun dengan air panas hingga mengembang, tiriskan, campur dengan 3 sendok makan kecap manis dan 1 sendok makan kecap asin, aduk hingga rata, sisihkan
  2. Dengan api besar tumis bumbu halus hingga harum, masukkan bawang bombay, aduk hingga bawang bombay transparan, masukkan dada ayam, aduk rata dan masak hingga berubah warna, sisihkan tumisan ke tepi wajan atau teflon, masukkan telur, orak-arik sampai matang, satukan dengan semua bahan tumisan, aduk
  3. Masukkan sawi hijau, masak masak hingga berubah warna, tambahkan tauge dan daun bawang, aduk sebentar, tambahkan soun, aduk rata, masukkan garam, merica bubuk, saus tiram, sisa kecap asin dan kecap manis, aduk hingga rata dan masak hingga benar-benar meresap semua bumbu
  4. Cicipi rasanya, angkat dan siap dihidangkan, nikmati dengan saus sambal atau irisan cabai rawit

resep soun goreng mudah

Nah semoga resep soun goreng simple ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya....



Selamat mencoba.....


NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Weih Martabak Har mbak? Dari namanya saja dah tahu kalau warung makan ini ada di Palembang... di Batam juga ada tow mbak? Yummy banget katanya, :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di Batam ada mas martabak har, hanya tidak ada kaitannya dengan martabak har palembang...
      iya mas martabak har memang terkenal, banyak yang suka...kalau ke palembang ya mesti makan martabak har

      Delete
  2. Hi Monica,
    baru ni lah sempat singgah dapur Monica ni..
    akak pernah pergi ke Batam beberapa tahun yang lalu..
    menginap di Turi Beach resort..
    jauh juga hendak ke Nagoya..tapi seronok lah pergi kesana..
    sempat juga pergi makan seafood di 'Rezki Kelong'
    sedap..kalau ada peluang pergi ke Batam ingin juga jalan2 lama sikit..
    dulu akak sempat order langsir lagi untuk hari lebaran..hehe

    suon is my favourite..goreng kering macam ni pun dah ok
    for side dish..akak suka letak kacang buncis to go along with it...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak apa-apa kak, terima kasih sudah selalu mampir ya kak...
      oh ke Turi Beach Resort ya kak, wah bagus itu kak, dulu pernah juga ke sana acara family day perusahaan, tapi itu sudah lama

      oh iya kak, kalau ke Batam lagi, lebih lama bagusnya, keliling ke nagoya dan batam center kak, lalu ke resto seafood di Barelang, enak juga kak
      oh letak kacang buncis juga enak ya kak, belum pernah letak kacang buncis di soun goreng, next time boleh trylah..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.