Manisan Nanas Apel & Salak



resep manisan nanas apel salak

Manisan campuran buah nanas, apel dan salak ini saya buat sih sebenarnya sudah beberapa waktu yang lalu, biasalah ya resep draft ceritanya. Resep draft adalah penyelamat di kala sedang malas memasak ataupun jeprat jepret. 

Beberapa hari ini saya masih memasak sih, tapi sedang tidak mood melakukan proses foto, nanti kapan-kapan kalau masak yang sama baru deh foto lagi. Begitulah memang kadang kalau tidak mood jadilah tidak terlaksana.

Kembali ke resep manisan ini, buah-buahan yang saya gunakan ini berdasarkan stok yang tersedia saja di kulkas, dan ternyata gabungan ketiga buah ini memberikan rasa yang cukup enak jika dibuat manisan begini, disantap dingin, hmmmm maknyus.

Kalau semisal kuahnya sedikit diencerkan dan buah-buahnya dipotong ukuran agak kecil, sudah bisa jadi minuman es buah neh. Jadi manisan ini bisa juga dibuat versi es buah ya, tetap enak. Silakan modifikasi resep di bawah ini menjadi es buah dengan menambahkan jumlah air dan atur lagi pemakaian gulanya, sesuaikan dengan selera. Nikmati dengan potongan es batu... bisa juga ditambahkan variasi buahnya, seperti bengkuang ataupun pepaya, seperti halnya es buah murah meriah yang pernah saya buat dan malah sering sekali saya buat dulu. Ditambahkan selasih? enak juga...

Resep manisan mangga pernah saya posting sebelumnya, nah resep manisan nanas apel dan salak ini beda tipislah dengan resep tersebut. Yang ada stok mangga muda, ingin buat manisan mangga, hayuk dibuat, mudah kok... hasilnya tentu lebih enak kan kalau buat sendiri, lebih yakin dengan bahan-bahan yang digunakan, tanpa pengawet, tanpa pewarna dan tanpa pemanis buatan. Lebih tenang untuk menyantapnya.

Okey deh, tanpa lama-lama lagi, berikut resep manisannya ya...

Manisan Nanas, Apel & Salak

Bahan :
  • 1 buah nanas ukuran kecil, kurang lebih berat 500 gr, kupas potong-potong
  • 5 buah salak, kupas buang biji dan potong-potong
  • 1 buah apel ukuran sedang, bagi menjadi 8 bagian, masing-masing potong 2
  • 200 ml air
  • 100 gr gula pasir
  • 1 buah lemon
  • 1/4 sendok teh garam

Cara membuat :
  1. Di panci campur air dan gula, masak hingga gula larut dan larutan mendidih, beri garam, aduk rata, angkat dan biarkan hingga hangat
  2. Tuangkan ke dalam mangkuk berisi campuran buah, aduk rata, tambahkan jus lemon, aduk rata kembali, biarkan hingga dingin di suhu ruang (catatan : apel dan salak dipotong-potong sebaiknya ketika sedang menunggu larutan gula menghangat supaya begitu selesai memotong buah, bisa langsung dituangkan sehingga buah tidak menghitam)
  3. Masukkan ke dalam kulkas, biarkan hingga dingin, santap kala dingin

cara buat manisan apel nanas salak

Nah sukup mudah kan membuat manisan nanas, apel dan salak ini, jadi silakan mencoba resep ini ya, siapa tahu cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...

NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.