Puding Rintik Pandan



agar-agar rintik pandan

Resep selingan dulu ya, resep puding rintik pandan atau agar-agar rintik pandan. Nah namanya memang sedikit unik, agar-agar rintik. Resep ini saya dapatkan dari blog negara tetangga. Jadi di kalangan blogger negara tetangga, resep puding rintik ini cukup banyak yang sudah mencobanya.

Resep ini sudah lama saya bookmark, nah baru ada keinginan membuatnya kali ini, padahal setelah saya coba, oalah mudah kok ya buatnya, kenapa baru saya coba ya. Dan rasanya... enak pakai banget deh... lembut dan rasanya setelah saya lama pikir-pikir, yaelah rasanya seperti es dawet, he he he.. maklum ya sudah lama sekali saya tidak menyantap es dawet.

Puding ini sih pada dasarnya menggunakan santan, di resep asal muasalnya sekali, nah resep acuan saya kali ini menggunakan susu cair, jadi saya mengacu kepada resep dengan susu cair saja, tentu dengan beberapa modifikasi ala saya juga sedikit. Resep acuan saya adalah resep agar-agar rintik pandan dari blognya Wan Muhammad Syafiq - Syapex Kitchen. Tampilan agar-agar rintik pandannya Wan Muhammad benar-benar menggoda selera deh, kontras warna hijau dan coklat dari gula merahnya benar-benar cantik, jadi ingin juga mencoba resep tersebut. Terima kasih Wan, karena sudi berkongsi resepi agar-agar lezat ini. Dan untuk akak Izah untuk asal muasal resepinya - agar-agar rintik santan.

Untuk resep puding rintik ini saya menggunakan pasta pandan homemade, dari endapan jus pandan yang didiamkan selama beberapa hari, lebih tepatnya 3 hari, ketika saya membuat selai srikaya pandan homemade. Nah sekalian membuat jus pandan agak banyak, sebagian saya simpan di toples dan disimpan di dalam kulkas.

Hanya saja menurut saya, pasta pandan homemade ini tidaklah seharum kalau menggunakan jus pandan, harumnya tipis saja. Nah cocok neh untuk yang tidak begitu doyan aroma pandan tajam tapi ingin dapat warna alami dari pandan. 

Jadi cara membuat jus pandan adalah : blender 10-15 lembar daun pandan dengan 300 ml air, simpan dalam wadah kedap, masukkan ke dalam kulkas, sampai terbentuk endapan hijau tua di dasar toples, nah jika akan digunakan, buang air bening di atasnya, pakai endapannya. Dengan catatan kalau tidak habis, segera masukkan ke dalam kulkas, jika sempat didiamkan di suhu ruang maka pasta pandan ini akan berubah aroma dan tidak bisa dipakai lagi. Periksa aroma pasta pandan jika disimpan di kulkas lebih dari 3 hari.

Jika tidak ada pasta pandan homemade, gunakan pasta pandan botolan ya, silakan cari di toko bahan kue ataupun di swalayan, ada kok yang jual. Jumlahnya sendiri disesuaikan ya, kalau menggunakan pasta pandan alami, saya menggunakan 1 sendok makan, nah untuk pasta pandan botolan, cukup gunakan 1/8 atau 1/4 sendok teh saja, sesuai dengan selera kepekatan warna yang diinginkan.

Di resep asli Wan Muhammad, penggunaan gula merahnya 100 gr, nah berhubung saya simpan gula merah di kulkas dan saya lupa untuk mengeluarkannya, jadi gula merah saya yang potongan kecil hanya 52 gr, daripada lama, saya campur dengan gula pasir sehingga beratnya menjadi 100 gr. Yang suka dengan warna lebih gelap, silakan gunakan gula merah semua ya.

Untuk agar-agarnya, saya gunakan agar-agar bubuk plain kemasan standar ya, yang 7 gr. Nah saya ambil 1/2 sendok makan untuk membuat puding hijaunya dan sisanya saya gunakan untuk membuat puding gula merahnya. 

Di resep ini saya tidak gunakan tepung custard, yang mau boleh gunakan tepung custard seperti resep aslinya.

Nah tidak pakai lama, berikut resep puding rintik pandan yang saya buat ya... silakan...

cara membuat agar-agar rintik pandan


Puding Rintik Pandan

Puding Hijau

Bahan :
  • 1/2 sendok makan agar-agar plain
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 250 ml susu cair (atau bisa gunakan santan kekentalan sedang)
  • 1 sendok makan pasta pandan homemade (atau gunakan 1/8-1/4 sendok teh pasta pandan botolan)

Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk rata hingga agar-agar larut, masak dengan api kecil hingga mendidih, angkat dan tuang ke dalam loyang atau wadah puding atau wadah lainnya yang bisa untuk puding, dinginkan hingga mengeras, potong-potong dadu, sisihkan


Puding Gula Merah

Bahan :
  • sisa agar-agar plain, kurang lebih 1 sendok makan, larutkan dengan 30ml air
  • 500 ml air
  • 100 gr gula merah, iris kecil (saya campur gula merah dan gula pasir, 50gr gula merah dan 50gr gula pasir)
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan
  • 1 sendok makan tepung custard, larutkan dengan 2 sendok makan air (saya skip)

Cara membuat :
Rebus gula merah dan gula pasir jika pakai, berikut dengan daun pandan, rebus sampai mendidih dan gula larut, saring, buang daun pandannya, masukkan larutan agar-agar dan larutan tepung custard jika pakai, aduk rata dan masak kembali hingga mendidih, angkat dan hilangkan uap panasnya sejenak, tuang ke dalam loyang (saya tuang ke dalam cetakan puding silikon), masukkan potongan puding hijau, dinginkan hingga mengeras, masukkan ke dalam kulkas, sajikan dingin

resep puding rintik pandan



Nah semoga resep puding (agar-agar) rintik pandan ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya....

resepi agar agar rintik pandan


Selamat mencoba.....





NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.