Puding Roti Tawar Pandan Coklat



resep puding roti tawar pandan coklat

Resep puding lagi dulu ya, nah kali ini adalah resep puding roti tawar pandan coklat. Ide resepnya sih dari puding roti tawar coklat yang dulu pernah saya buat dan posting di blog ini. Sekarang buat yang versi pandan dan menggunakan santan bukan susu cair.

Tekstur puding ini lembut, wangi pandan dan menyantap puding ini membuat kenyang, ya iyalah kan ada roti tawarnya. Jadi memang puding ini sebagai hidangan segar dingin tapi mengenyangkan. 

Nah tadinya hampir batal saya membuat puding ini, secara kan roti tawar, santan dan telur diblender bersamaan, ealah ketika saya lepaskan tuh gelas blender dari motornya, ternyata bagian bawah gelas yang bisa dibuka tutup terlepas dengan mulusnya, dan byar...tumpah semua hasil blenderan saya. Hmmm kesal sih ya kalau begini... Sophie bilang jus rotinya tumpah..

Padahal saat itu saya sedang memanaskan larutan agar-agar gula dan jus pandan, terpaksa deh matikan kompor sejenak. Sempat bingung batal atau teruskan ya.. berhubung stok jus roti ini masih ada, ya sudahlah buat lagi jus rotinya. Tentu dengan lebih hati-hati supaya tidak tumpah lagi. Ah untunglah semua proses berjalan mulus.

Nah untuk membuat puding roti ini, pastikan memasukkan jus rotinya ketika larutan agar-agar panas saja ya, jangan sampai mendidih, begitu jus roti sudah dituang, aduk cepat supaya jus roti dan larutan agar-agar menyatu dengan baik. Adonan puding roti ini cukup kental ya...tapi smooth atau halus, tidak bergumpal.

Yang kuatir ada rasa amis telur, menurut saya telurnya tidak berasa aromanya, lebih kuat ke rasa pandannya. Jadi yang tidak suka amis telur, bisa coba juga resep ini. Untuk masalah motif, terserah ya... kalau biasanya puding roti tawar, tuang dulu adonan tanpa coklat secukupnya di loyang, lanjut dengan adonan coklat lalu bergantian dengan adonan tanpa coklat begitu seterusnya sampai semua adonan habis.

Nah berhubung saya mau sedikit beda, jadi saya tuang adonan hijau agak banyak, lalu saya tuang adonan coklat di beberapa tempat di atas adonan hijau, lalu saya bentuk motif marmer dengan tusukan sate. Tapi sayang saya belum mahir membentuk motifnya, jadinya ya begitu deh. Ada sisa adonan, saya tuang juga di cetakan kecil silikon.

puding marmer roti tawar pandan

Untuk gulanya, takaran yang saya buat menurut saya agak kurang manis, secara saya gunakan gula pasir butiran halus. Nah yang suka lebih manis, silakan tambah takaran gulanya sesuai selera ya. Saya hanya gunakan 7 sendok makan gula pasir.

Okey deh tanpa lama-lama berikut resep puding roti tawar pandan coklat ini ya, resep modifikasi dari resep puding roti tawar coklat, yuk ini resepnya, silakan....

Puding Roti Tawar Pandan Coklat

Bahan :
  • 1 sachet agar-agar plain (7gr)
  • 7-10 sendok makan gula pasir (saya gunakan 7 sdm, terasa kurang manis)
  • 500 ml jus pandan (600 ml air dan 15 lembar daun pandan diblender, saring dan takar 500 ml)
  • 7 lembar roti tawar berkulit
  • 500 ml santan sedang ( 2x65ml santan instan plus air hingga 500ml)
  • 2 butir telur
  • 2 sendok makan coklat bubuk, larutkan dengan sedikit air panas

Cara membuat :
Siapkan loyang, basahi dengan sedikit air, sisihkan. Blender hingga halus santan, roti tawar dan telur, sisihkan. Campur jus pandan, gula pasir dan agar-agar, aduk hingga agar-agar larut, nyalakan api kompor, panaskan campuran agar-agar (jangan sampai mendidih), masukkan blenderan roti tawar, aduk rata dengan cepat sampai tercampur dengan baik dan didapatkan adonan yang sedikit kental dan halus smooth. Biarkan mendidih atau meletup, angkat. Ambil 1/3 adonan, campur dengan coklat bubuk, aduk rata. Tuangkan adonan hijau sedikit, lalu adonan coklat, adonan hijau lagi, coklat lagi, bergantian sampai adonan habis. Dinginkan biarkan mengeras. Masukkan ke dalam kulkas supaya dingin, keluarkan dari loyang dan potong-potong.


cara membuat puding roti tawar pandan

Nah semoga resep puding roti tawar pandan coklat ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya... 


Selamat mencoba....



NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. hi monica
    sementara menunggu kek kukus dalam kukusan
    singgah sini dulu ..hehe waduh sibuk benar ni Monica..
    jam sekarang baru dapat on computer
    puding roti tawar versi coklat buat akak ya..post ke singapore ..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kemarin kak Ayu buat cake kukus ya...penasaran... pasti enak neh kek kukus kak Ayu...nyam2
      ha ha ha... iya kak, boleh post ke singapore

      Delete
  2. Padahal belumse berapa mahir bikin kombinasi warna aja udah enak di pandang loh pudingnya mbak. Apalagi kalau sudah mahir...hmmm, kalau habis berkunjung ke blognya mbak monic ujung2nya ngiler lihat makanana super lezat dan menggoda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halah mas Inggit bisa aja neh....
      duh kasian mas Inggit bisa ngiler aja, coba dekat ya mas, bisa ikutan cicip2 gitu he he he...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.