Resep 3 Cup Chicken



resep 3 cup chicken

Resep 3 cup chicken ini sudah lama sekali ingin saya coba, setelah lihat tayangan Ching's Amazing Asia di Asian Food Channel. Secara makasan ini mudah sekali dibuat (sepertinya, he he he). Oh iya namanya cukup unik, 3 cup chicken. Hmmm nama ini sih katanya mengacu kepada penggunaan 3 bahan utama yang takarannya sama, bukan dalam artian benar-benar 3 cup ya. Jadi bahan utama tersebut adalah soya sauce/kecap, sesame oil/minyak wijen dan Chinese rice wine/ arak beras. 

3 cup chicken ini adalah masakan khas Taiwan ya, nah kalau melihat tayangan kulineran Ching di Taiwan, beuh..ngiler habis, semua terlihat enak. Beda kalau Ching kulineran di Jepang, hmmm saya tidak tergiur dengan masakannya, secara saya bukan penggemar masakan Jepang. 

Untuk masakan 3 cup chicken yang saya buat kali ini tentu ala-ala saya ya, tidak benar-benar otentik. Rice wine saya ganti dengan cuka apel, he he he...  Nah sebenarnya sih menggunakan yang namanya basil/kemangi, berhubung saya kelupaan beli kemangi, ya sudahlah, hijau-hijaunya saya ganti dengan daun bawang saja. Dan karena saya suka masakan berkecap begini menggunakan bawang bombay, jadi masuk juga tuh bawang bombay di resep ini.

Ada jamur shitake, lanjut mak..masuk juga di resep...cabai rawit utuh hijau, masuk juga, lah yang namanya masak kan sesuai selera kita ya...tapi bawang putih utuh, yang ini sesuai resep, jadi ya sudahlah ini namanya 3 cup chicken ala-ala Monic. Eits tapi rasanya jangan kuatir, enak kok.. percaya tidak? hayuk dicoba sendiri ya...

Nah ayamnya sendiri, saya gunakan bagian paha atas yang sudah saya bersihkan kulit dan lemak-lemak yang menempel, secara kan saya menggunakan ayam negeri ya, jadi tahu sendiri kan kalau ayam negeri suka berlemak, beda dengan ayam kampung. Kalau menggunakan bagian paha atas, rasa dagingnya tidak begitu alot, beda dengan bagian dada, tapi kembali lagi kepada selera, jika suka menggunakan bagian dada, silakan saja.

Okey deh, sekarang lanjut ke resep ya...silakan...

3 Cup Chicken

Bahan :
  • 500 gr daging ayam (saya gunakan bagian paha atas)
  • 1 buah jeruk nipis ukuran besar
  • 8 buah jamur shitake, potong 4 bagian
  • 1 buah bawang bombay, belah 2, iris setebal kurang lebih 8mm (bentuk cincin 1/2 lingkaran)
  • 1 batang daun bawang, iris tebal kurang lebih 1cm
  • 15 butir bawang putih, utuh
  • 20 butir cabai rawit, utuh
  • 3 cm jahe, iris lebar tipis
  • 50 ml air
  • 2 sendok makan minyak wijen
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan cuka apel (bisa ganti dengan jus lemon atau air jeruk nipis)
  • 1/2 sendok makan saus tiram 
  • 1 sendok makan kecap asin
  • irisan daun bawang dan daun seledri untuk taburan (optional)

Cara membuat :
  1. Bersihkan ayam, buang kulit dan lemak yang menempel, cuci bersih, kucuri dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 15 menit, bilas, sisihkan
  2. Panaskan minyak wijen, tumis jahe hingga harum, masukkan bawang bombay dan bawang putih, aduk rata, tambahkan daging ayam, aduk rata dan masak hingga berubah warna
  3. Masukkan kecap manis, cuka apel dan saus tiram, serta kecap asin, aduk rata, tambahkan air, aduk rata kembali dan masak hingga ayam matang (jika kuah sudah mulai menyusut dan ayam belum matang, boleh tambahkan air sedikit lagi)
  4. Masukkan cabai rawit dan daun bawang serta jamur shitake, aduk rata kembali dan masak hingga jamur matang (jika menggunakan daun kemangi, masukkan kemangi sesaat sebelum diangkat dan biarkan kemangi layu sejenak), cicipi rasanya
  5. Angkat dan siap dihidangkan, taburi dengan irisan daun bawang dan daun seledri jika suka

three cup chicken

Nah semoga resep 3 cup chicken ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera....


Selamat mencoba....



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.